Dark
Light

Tips Fotografi Awesome dengan Samsung Galaxy A54

3 mins read
June 1, 2023
Tips Fotografi Galaxy A54

Samsung merupakan salah satu produsen smartphone yang cukup memperhatikan kualitas dari produk-produknya, khususnya ketika mengambil gambar, seperti yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A54 5G. Kemampuannya  dalam mengambil gambar dan merekam video dalam beragam kondisi pencahayaan tidak perlu diragukan lagi.

Dengan berbagai pengaturan lengkap, mulai dari setting-an normal hingga pro dan night mode, yang mampu memotret dalam keadaan low light sekalipun. Meski memotret dengan pengaturan normal tergolong mudah, namun untuk menghasilkan foto yang awesome membutuhkan trik-trik tersendiri.

“Dengan formasi kamera yang awesome, Samsung Galaxy A54 5G mendukung kamu untuk menghasilkan foto-foto yang luar biasa, bahkan dalam settingan normal. Hasil foto kamu juga tergantung pada kreativitas, dengan fitur-fiturnya yang awesome, Samsung Galaxy A54 5G akan membebaskan kamu untuk mengeksplorasi sisi kreativitasmu,” kata Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.

Salah seorang fotografer dan Digital Creator, Diki Fidia S, membagikan beberapa tips simple untuk mengambil gambar dan merekam video dalam settingan normal di Galaxy A54 5G,  yakni;

1. Aktifkan Grid Lines

Langkah paling awal adalah mengaktifkan grid lines atau Camera Grid. Fitur ini akan memberikan bantuan visual berupa empat garis horizontal dan vertikal, yang muncul di layar saat menggunakan kamera. Dengan begitu, pengguna akan lebih mudah untuk memosisikan objek foto. 

Mengaktifkan Grid lines di Galaxy A54 5G

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi kamera 
  2. Klik pengaturan kamera pada kiri atas layar
  3. Geser tombol “Grid lines” untuk mengaktifkan

2. Maksimalkan Fitur pada Samsung Galaxy A54 5G

Banyak fitur dalam Samsung Galaxy A54 5G yang memungkinkan pengguna untuk menghasilkan foto-foto yang awesome

Misalnya seperti pada Portrait Mode yang akan memanfaatkan sumber cahaya untuk memberikan efek dramatis, atau Wide Mode yang memberikan Field of View yang memberikan perspektif lebih luas, guna memberi kesan grandeur untuk foto Anda.  

Ada juga Macro Mode yang bisa digunakan untuk memotret objek yang kecil, seperti bunga, serangga, atau ingin menampilkan detail dari objek foto yang diambil.

Semuanya ada secara default dalam kamera Samsung Galaxy A54, yang juga sudah memiliki selfie camera 32MP.

3. Pertahankan Fokus dan Cahaya

Mengatur Fokus dan Pencahayaan Kamera Galaxy A54 5G

Jika foto yang Anda ambil memiliki hasil yang tidak fokus, kurang tajam, blur, atau kurang cahaya, itu berarti Anda perlu mempertahankan fokus dan cahaya ketika memotret.

Bagaimana caranya? Anda cukup menekan layar kamera setiap kali hendak memotret, hingga lingkaran fokus muncul, lalu kunci lingkaran tersebut. Hal ini berguna untuk menjaga fokus dan pencahayaannya tidak berubah.

4. Capture the Moment

Jika grid lines sudah aktif, Anda bisa mengamati berbagai momen di sekitar. Ada sebuah teknik fotografi yang disebut dengan panning, yang bisa menangkap sebuah momen dan menghasilkan fitur yang artistik. Metode ini cukup menarik untuk Anda coba sendiri.

Teknik panning adalah teknik fotografi untuk membekukan gerakan objek foto yang bergerak. Ciri foto dengan teknik ini adalah objek fotonya fokus atau tajam, sedangkan background-nya blur.  

Caranya juga cukup mudah, yaitu mulai dengan melacak objek foto, lalu tempatkan objek foto di tengah layar kamera menurut panduan grid lines. Kunci lingkaran fokus, lalu ikuti objek foto yang bergerak dan pertahankan tetap di tengah grid lines. Saat objek foto sudah berada di posisi yang diinginkan, tekan shutter dengan tenang.

5. Olah Foto untuk Menghidupkan Momen yang Awesome

Untuk menghasilkan hasil foto yang maksimal, tahap editing juga memiliki peran yang besar. Salah satu fitur canggih yang dimiliki Samsung Galaxy A54 adalah Object Eraser. Fitur ini bisa menghapus objek foto lain yang tidak sengaja terambil atau terekam.

Fitur Object Eraser pada Galaxy A54 5G

Untuk menghapus sebuah objek, caranya juga cukup mudah, yaitu:

  1. Buka foto yang hendak diolah dari Gallery.
  2. Klik ikon gambar pensil.
  3. Klik ikon titik tiga vertikal di pojok kanan atas.
  4. Lingkari objek yang hendak dihapus.
  5. Klik tombol erase.

Setelah mengikuti cara di atas, software kamera Galaxy A54 akan langsung menghapus objek dengan rapi.

Tak hanya foto, hasil dari merekam video juga bisa ditingkatkan dengan color grading. Berikut ini caranya:

  1. Pergi ke Gallery, lalu pilih file video yang mau di-edit.
  2. Pilih menu Edit lalu pilih logo filter.
  3. Pilih tanda + dan kemudian Create Filter.
  4. Pilih foto dari Gallery yang punya referensi warna yang kamu inginkan.
  5. Filter siap digunakan, lalu mulailah menyorot.
  6. Selanjutnya, atur Exposure untuk menyesuaikan tingkat kecerahan video dan Contrast agar ketebalan warna berkurang.
  7. Lalu, kurangi Shadows untuk meningkatkan kecerahan pada sisi bayangan yang terlalu gelap.
  8. Langkah selanjutnya, atur Tint menjadi minus untuk mendapatkan efek warna agak hijau.
  9. Terakhir, atur temperatur ke arah Warm agar mendapatkan kesan warna kuning.

Itulah tadi tips fotografi Galaxy A54 untuk menghasilkan foto dan video yang awesome dari Samsung Galaxy A54 5G hanya dengan pengaturan normal atau default. 

Samsung Galaxy A54 5G yang memiliki layar Super AMOLED 6,4 inci dengan resolusi FHD+ ini hadir dengan formasi triple camera yang awesome, yaitu 50MP dengan OIS dan sensor All-Pixel AF, lensa ultra-wide 12MP, lensa makro 5MP, dan selfie camera 32MP. Performanya ditopang prosesor Octa Core, memori RAM 8GB dengan RAM Plus 8GB, dan baterai 5.000 mAh yang tahan lebih dari sehari pemakaian.

Bagi Anda yang sedang mencari promo smartphone, Samsung Electronics Indonesia memiliki penawaran spesial. Selama periode 16 – 31 Mei 2023, ada sejumlah promo menarik yang ditawarkan, yaitu diskon Rp 200.000 untuk pembelian Samsung Galaxy A54 5G 128GB dengan PWP, gratis YouTube Premium, serta keuntungan lainnya.

Dan untuk pembelian varian Samsung Galaxy A54 5G 256GB, Anda bisa mendapatkan diskon Rp 300.000 dengan PWP, gratis Youtube Premium selama dua bulan dan juga masih ada keuntungan lainnya. 

Produk Samsung bisa Anda dapatkan di toko dan gerai resmi Samsung atau melalui e-commerce.

Tools AI untuk memperbaiki rekaman audio
Previous Story

8 Tools AI untuk Memperbaiki dan Meningkatkan Kualitas Rekaman Audio

Jajaran laptop MSI di Computex 2023
Next Story

Jajaran Laptop Inovatif MSI yang Tampil di Computex 2023

Latest from Blog

Don't Miss

Pre-order Z Fold6 dan Z Filp6

Apa yang Bikin Samsung Galaxy Z Fold6 dan Z Filp6 Spesial? Ini Alasannya

Seperti yang sudah diulas sekilas oleh tim Hybrid sebelumnya, Samsung

Samsung Galaxy Watch7 Siap Hadirkan Pengalaman Kesehatan Baru yang Cerdas

Selain merilis seri smartphone lipat baru dan TWS barunya, Samsung