Dark
Light

YouTube: Berteman Dengan Musisi dan Tumbuh Semakin Pesat

1 min read
March 19, 2010

Beberapa waktu lalu YouTube meluncurkan sebuah program yang diperuntukan bagi para pemusik yang ingin mengembangkan karir musik mereka lewat partnership dengan YouTube. Musicians Wanted adalah nama program itu yang memberikan peluang bagi para musisi untuk mengirimkan video mereka ke YouTube dan jika terpilih akan dimasukkan pada YPP atau YouTube Partner Program.

Aplikasi berbasis video seperti YouTube yang memiliki basis user yang besar dan bagi sebagian musisi memang cocok untuk memamerkan kebolehan musik mereka. Ada kalanya ini bisa dipandang sebagai shortcut, tapi sebenarnya kekuatan user generated content tidak bisa diarahkan sebagai jalan pintas untuk menjadi tenar, karena karakter user yang berbeda dan kebebasan dalam mengemukakan pendapat bisa jadi lebih berat dari penilaian atas musik versi offline.

Intinya video yang di upload harus tetap berkualitas, meski bukan berkualitas dari segi teknis tapi berkualitas dari segi musik. Beberapa artis sudah merasakan program partner dengan YouTube ini, dan jika terpilih di program Musicans Wanted, para musisi nantinya juga bisa mendapatkan pemasukan dari Video mereka.

Sayangnya program ini hanya bisa diikuti oleh artis dari US saja, tapi YouTube berencana mengembangkan program ini lebih luas lagi.

Jika anda musisi atau pendiri startup berbasis video sharing dan tertarik mempelajari program dari YouTube ini anda bisa mampir ke link ini atau ini.

Satu lagi info yang meluncur dari YouTube adalah tentang statistik. Dari blog mereka, YouTube mengatakan bahwa kini total jumlah durasi video yang di upload ke situs mereka telah mencapai 24 jam setiap menit. Pencapaian ini hanya membutuhkan tidak lebih dari setahun bagi YouTube, karena bulan Mei tahun 2009, pencapaian YouTube untuk durasi video yang ditotal mencapai 20 jam di upload setiap menit.

Untuk komunitas video memang YouTube adalah raja, dan tentu saja membantu Google dalam meningkatkan profitabilitas besarnya user mereka, namun sampai saat ini sistem monetisasi YouTube memang belum jelas, beberapa waktu lalu memang mereka meluncurkan sistem sewa untuk film indie, yang hanya mendatangkan pemasukan sedikit jika melihat jumlah user mereka.

Perkembangan tentang monetisasi YouTube memang sangat menarik, karena selain bisa menjadi contoh bagi para pelaku startup berbasis video di tingkat lokal yang  jumlahnya tidak sedikit tapi juga sebagai bahan ide tentang bagaimana caranya memanfaatkan jumlah user yang banyak untuk mendatangkan pemasukan.

Berikut grafik tentang total waktu upload video yang di post di YouTube, dibawahnya video penjelasan tentang Musicians Wanted.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

3 Comments

  1. youtube sepertinya udah menggunakan ads di website nya baik yg yg mobile atau yg dekstop.tapi kan yg penting itu utk bisa dapatkan traffik yg banyak dulu setelah dapatkan traffik baru bisa dapat banyak uang. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Post Terjadwal Kini Bisa Dilakukan di Posterous

Next Story

Digg Siapkan Tampilan Baru

Latest from Blog

Don't Miss

Google pakai AI untuk hasilkan deskripsi YouTube Shorts

Google Pakai AI untuk Hasilkan Deskripsi YouTube Shorts Secara Otomatis

April lalu, Google melebur dua divisi artificial intelligence-nya, DeepMind dan
YouTube mulai cegah ad blocker

YouTube Mulai Cegah Penggunaan Ad Blocker di Platformnya

YouTube baru-baru ini diketahui sedang melakukan eksperimen terkait penggunaan ad