Dark
Light

Yahoo! Semakin ‘Dekat’ dengan Facebook

1 min read
June 7, 2010

Integrasi layanan sosial di Yahoo! memang bukan barang baru, salah satunya adalah kerjasama dengan Facebook yang dimulai beberapa waktu lalu, yang juga merupakan salah satu rencana Yahoo! untuk menjadi lebih sosial sebagai jalan menghadapi tingkat persaingan dan menangkap kebutuhan pengguna internet yang, memang kini menjadi semakin sosial lewat berbagai aplikasi social network yang ada, salah satunya Facebook.

Dan integrasi Yahoo! – Facebook ini akan memasuki tahap baru, seperti yang dituliskan oleh TechCrunch, nantinya pengguna bisa terkoneksi ke Facebook lewat halaman home Yahoo! dan bisa melakukan update status atau memberikan komentar ke Facebook langsung dari layanan Yahoo!, dan tidak hanya di home page, tetapi integrasi Yahoo! – Facebook ini juga bisa digunakan di berbagai layanan Yahoo! lain, misalnya Yahoo! Mail. Pengguna yang sedang berada di berbagai layanan Yahoo! bisa dengan mudah untuk membagikan konten mereka ke Facebook secara langsung dari layanan-layanan Yahoo! ini.

Selain itu Yahoo! juga dikabarkan akan mengubah nama layanan Yahoo! Profiles mereka menjadi Yahoo! Pulse. Seperti pengumuman resmi yang dimuat oleh TechCrunch, Yahoo! Pulse ini juga akan menjadi jalan untuk integrasi Yahoo! dengan berbagai layanan sosial lain. Sampai sekarang Yahoo! Profiles merupakan layanan Yahoo! yang bisa digunakan oleh pengguna sebagai lokasi sentral di Yahoo! untuk terhubung ke berbagai layanan lain diluar Yahoo! dari akun Yahoo! mereka.

Perubahan nama ini juga termasuk pilihan yang berkaitan dengan masalah privasi, yang kini selalu menjadi bahan obrolan sentral, terutama karena Facebook, nantinya user bisa mengatur privasi mereka dengan lebih mudah dan juga memberikan kontrol pada user untuk memilih social network eksternal apa saja yang akan diintegrasikan ke layanan Yahoo! milik mereka.

Sebenarnya, untuk melihat perkembangan relasi anda di Facebook, update status, atau memberi komentar atas konten dari relasi anda di Facebook lewat Yahoo! Mail, sudah bisa dilakukan. Jika anda mengintegrasikan kontak Facebook anda ke Yahoo! Mail, maka anda sudah bisa melakukan berbagai aktivitas Facebook di akun Mail anda, namun tentunya pengumuman perubahan nama serta integrasi ini menjelaskan satu hal, bahwa Yahoo! akan semakin ‘intim’ dengan Facebook, apalagi Yahoo! berencana untuk menambahkan berbagai layanan social network eksternal lain tidak hanya Facebook, untuk diintegrasikan pada layanan mereka. Salah satunya bisa jadi Twitter.

Saya jadi ingat akuisisi Yahoo! atas Koprol beberapa waktu lalu, yang juga menjelaskan langkah Yahoo! yang semakin masuk dalam ranah social network, apakah mungkin nantinya Koprol juga merupakan salah satu layanan yang diintegrasikan ke dalam berbagai layanan Yahoo!, yang memungkinkan pengguna Koprol bisa update berbagai hal ke akun Koprol mereka langsung dari akun Yahoo! mereka?

Bisa dipastikan perkembangan Yahoo! ke segala sesuatu yang bersifat social tidak akan berhenti sampai disini, kita lihat integrasi apalagi yang akan dilakukan oleh Yahoo!. Apakah anda salah satu pengguna Yahoo! yang mengintegrasikan Facebook ke akun Yahoo! anda? Bagaimana pendapat anda dengan integrasi yang semakin ‘intim’ antara Yahoo! dan Facebook ini? Share pendapat anda pada kolom komentar.

Screenshot TechCrunch.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

8 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Echelon 2010 : Ekosistem Startup Singapura vs Indonesia

Next Story

Google Docs Demo dan Fitur Baru Posterous

Latest from Blog

Don't Miss

Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi
Meta generative AI

Meta Siap Integrasikan Generative AI ke WhatsApp, Messenger, dan Instagram

Meta bakal mengintegrasikan generative AI ke berbagai produknya. Kabar tersebut