Dark
Light

Google Docs Demo dan Fitur Baru Posterous

2 mins read
June 7, 2010

Akhir minggu kemarin ada beberapa informasi yang muncul dari Google dan Posterous. Google meluncurkan halaman web khusus untuk membantu mempromosikan layanan mereka, Google Docs dan Posterous mengumumkan fitur baru, ‘Pages’.

Google Docs Demo

Aplikasi Google Docs memang tidak sepopuler aplikasi kerja lain, misalnya OpenOffice atau bahkan aplikasi kerja keluaran Microsoft, tapi untuk aplikasi kerja gratisan dan penempatan file di cloud, aplikasi milik Google ini bisa menjadi salah satu pilihan. Dengan beberapa upgrade pada layanannya, kini Google Docs semakin menarik sebagai alternatif aplikasi kerja.

Permasalahannya, tingkat persaingan di aplikasi ini tidak sedikit salah satunya Doc, yang merupakan aplikasi Facebook – Microsoft, yang meski baru tapi sempat mencuri perhatian publik. Tingkat popularitas Google Docs juga harus terus mengejar popularitas aplikasi lain. Salah satu kendalanya adalah, anda harus mempunyai Google Account.

Kini bagi mereka yang tertarik untuk melihat-lihat bisa mencoba Google Docs tanpa harus mempunyai akun Google. Cukup menuju link ini docs.google.com/demo dan anda telah bisa mencoba layanan Google Docs termasuk layanan document, spreadsheet, dan drawing. Anda bisa mulai mencoba membuat berbagai dokumen, gambar atau tabel kerja dan juga melakukan share pada relasi anda dengan memberikan link yang tersedia di bagian kanan atas halaman muka Docs Demo.

Sepertinya memang cara ini digunakan Google sebagai salah satu strategi untuk semakin mempopulerkan Google Docs, minimal mereka yang tidak punya akun di Google, bisa mulai mencoba sebelum mereka mendaftarkan diri dengan membuat akun Google.

Pages From Posterous

Posterous terus menambahkan berbagai fitur pada layanan mereka. Meskipun terkenal sebagai penyedia jasa blog yang sederhana namun tidak menjadikan Posterous minim fitur, setelah menambahkan fitur Post Editor, button Like Facebook dan berbagai fitur lain, kini Posterous menambahkan fitur ‘Pages’ di layanan mereka.

Seperti yang dituliskan di blog mereka, anda kini bisa menambahkan halaman khusus berupa ‘about me’, ‘contact’ atau halaman lain selain halaman Posterous utama anda yang berguna untuk memberikan informasi tambahan pada para pembaca blog anda.

Untuk mengaktifkannya, masuk ke halaman web editor atau klik link manage, lalu temukan link pages, ikuti pilihan create pages, isi konten yang anda inginkan termasuk jika anda ingin menambahkan foto atau gambar. Posterous juga menyediakan fasilitas yang sama untuk membuat ‘Pages’ ini seperti layaknya jika pengguna Posterous akan membuat post untuk blog. Setelah selesai, nantinya akan ada link tambahan yang tampilannya sejajar dengan link home di halaman awal Posterous anda.

Bersamaan dengan fitur ‘Pages’ ini Posterous juga menambahkan beberapa pengaturan untuk fitur ‘Pages’, seperti pengorganisasian ‘Pages’, dimana pengguna bisa mengatur ‘Pages’ yang telah dibuat dengan mudah, termasuk pilihan untuk melakukan edit atau delete pages.

Selain itu ada fitur Redirects, yang berguna bagi anda yang menginginkan ‘Pages’ yang telah anda buat, nantinya diarahkan pada link tertentu. Serta fitur terakhir yaitu pengaturan home page. Jadi user yang telah memiliki beberapa halaman bisa mengatur ‘Pages’ mana yang akan menjadi halaman home dari blog mereka, asalkan ‘Pages’ ini bukan termasuk halaman ‘redirect’.

Kesan sederhana dan minimalis memang telah bergeser sedikit demi sedikit dari Posterous, meskipun konsep dasar minimalis itu tetap dipegang, minimal dari fitur pendaftaran serta post lewat email, namun dengan berbagai fitur tambahan seperti ‘Pages’ ini menjadikan fitur Posterous semakin lengkap, dan menjadi semakin mirip dengan layanan blog lain.

Untuk anda yang tertarik mencoba fitur baru Posterous ini bisa membaca tutorial lengkap serta pengumumannya di link ini, dan bagi anda yang tertarik mencoba Google Docs Demo bisa langsung menuju link ini.

Berita Google Docs Demo via TechCrunch.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Yahoo! Semakin ‘Dekat’ dengan Facebook

Next Story

Yang Baru dari Facebook Analytics

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan