Nerd Street Gamers akan Langsungkan Turnamen VALORANT Khusus Perempuan

Turnamen VALORANT pertama khusus perempuna akan membuka jalan terciptanya ekosistem esports yang inklusif.

Tidak bisa dipungkiri semenjak peluncurannya game VALORANT mendapatkan respon yang baik dari komunitas gamers secara Global. Sederetan tim esports juga sudah membentuk roster divisi VALORANT dalam waktu yang relatif singkat dan berlaga di IGNITION SERIES. Adapun esports platformNerd Street Gamers yang dalam waktu dekat akan meluncurkan turnamen VALORANT pertama yang dikhususkan bagi peserta perempuan.

Turnamen bertajuk FTW: Summer Showdown akan menjadi ajang pertemuan 8 tim esports VALORANT yang dibentuk dari streamer, pemain amatir dan talenta perempuan lainnya di ranah esports. Turnamen yang diselenggarakan terbatas bagi peserta dari region Amerika Utara.

via: Riot Games

Lebih jauh mengenai turnamen yang akan digelar, akan ada 1 slot yang dibuka bagi tim yang melalui tahapan kualifikasi. Sedangkan 7 slot lainnya akan diisi oleh tim yang memperoleh direct invite. Pendaftaran untuk tahapan kualifikasi sudah dibuka dan akan bertanding di tanggal 5 September 2020.

Dalam menjalankan tahapan kualifikasi, Nerd Street Gamers melakukan kolaborasi bersama GALorants sebagai komunitas gamers VALORANT perempuan yang terbentuk dan terbilang aktif di platform Discord. Kehadiran turnamen ini akan membuka jalan bagi tim esports VALORANT perempuan untuk tampil dan bersinar di tingkatan turnamen yang lebih tinggi.

FTW: Summer Showdown akan mulai bertanding di tanggal 12 September 2020 mendatang. Nantinya 8 tim yang terkumpul akan dibagi ke dalam 2 grup. Dua tim yang duduk di peringkat teratas dari masing-masing grup akan melaju ke babak playoff dengan sistem single elimination. Hadiah sebesar 10.000 Dolar Amerika sudah disiapkan untuk tim yang berlaga di babak utama.

Senior Marketing Director dari Nerd Street Gamers, Paige Funk, memberikan pernyataannya terkait turnamen FTW: Summer Showdown, "kami ingin memberikan lebih banyak ruang bagi perempuan dalam industri esports, baik sebagai atlet maupun pilihan karier lainnya."

FTW: Summer Showdown | via: Nerd Street Gamers

For The Women atau yang lebih mudah disingkat FTW adalah sebuah inisiatif yang berfokus pada dukungan dan jejaring perempuan di ranah esports yang dimulai oleh Spectator Gaming di tahun 2019. Rencananya di waktu mendatang FTW akan mengadakan lebih banyak turnamen yang bisa memberi ruang kompetisi bagi atlet esports perempuan di level amatir ke level profesional. Ekosistem esports yang inklusif dan aman adalah hal yang penting bagi keberlangsungan industri di masa depan.

"Seluruh misi dari FTW adalah menjangkau kaum perempuan dari segala sektor esports untuk membuka jalan bagi generasi gamers perempuan berikutnya," ungkap Kelsey Rowley selaku Communications Manager dari Spectator Gaming.