WhatsApp Luncurkan 3D Avatar untuk Lebih Ekspresikan Pesan Pengguna

Fitur yang sudah lama ada di Facebook dan Instagram ini kini bisa dinikmati juga pada platform WhatsApp

Melalui posting blog singkat, WhatsApp baru saja mengumumkan fitur terbaru mereka, yakni fitur 3D Avatar. Tidak seperti stiker, fitur yang sudah lebih dulu diterapkan di Instagram dan Facebook ini dapat Anda buat semau Anda.

Selain bisa digunakan di dalam percakapan di WhatsApp, 3D Avatar yang dibuat pengguna bisa juga digunakan sebagai foto profil. Avatar ini bisa diciptakan dari miliaran kombinasi bentuk dan gaya, mulai dari gaya rambut, karakteristik wajah, hingga pakaian yang beragam. Sehingga dapat dikatakan, Avatar tersebut bisa menjadi versi digital dari penggunanya.

Tidak seperti foto profil biasanya, Avatar yang telah dipersonalisasi sebagai foto profil bisa juga memilih salah satu dari 36 stiker khusus yang menampilkan banyak emosi dan tindakan yang beragam.

Terkadang, ada sejumlah maksud yang membutuhkan kalimat atau kata-kata yang cukup panjang. Lewat pengiriman Avatar, WhatsApp berharap hal ini akan menjadi cara yang lebih cepat dan lebih menyenangkan untuk berbagi perasaan dan emosi, kepada teman, kerabat, dan keluarga terdekat. Pihak WhatsApp juga menilai, cara ini juga membebaskan pengguna untuk mengekspresikan diri, tanpa perlu menggunakan foto asli.

Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, WhatsApp berjanji akan terus menyempurnakan fitur ini, seperti mulai dari kualitas pencahayaan, bayangan, tekstur gaya rambut, dan lain sebagainya, yang diharapkan akan membuat fitur ini menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu melakukan update aplikasi WhatsApp terlebih dahulu ke versi paling baru. Setelah itu, buka menu baru "Avatar" yang ada di menu pengaturan untuk membuat dan mendesain Avatar Anda.

Untuk menggunakan Avatar yang telah didesain tadi, Anda cukup pergi ke menu pengaturan foto profil. Dan untuk menggunakan Avatar sebagai stiker, Anda bisa menemukan berbagai pilihannya dalam menu Emoji, lalu pilih stiker Avatar yang diinginkan di toolbar bawah.

Karena merupakan fitur personalisasi pengguna, pengguna tidak perlu mengeluarkan uang untuk menciptakan dan menggunakan fitur Avatar ini, sehingga kebebasan berekspresi cukup dijamin oleh WhatsApp.