Dark
Light

Venue Lokal Mulai Berpromosi Di Foursquare

1 min read
June 24, 2010

Pertumbuhan jejaring sosial berbasis lokasi Foursquare di Indonesia memang cukup mencengangkan.  Baru akhir Maret kemarin DailySocial membahas tentang pesatnya adopsi pengguna di sini, sekarang bahkan beberapa merchant sudah memakainya sebagai ajang promosi.

Kesempatan yang diberikan Foursquare kepada para pemilik loka untuk berpromosi ini sepertinya dilirik sebagai kesempatan yang bagus. Terhitung ada dua loka (venue) di Jakarta yang saat ini menggunakan aktivitas check-in untuk memberikan nilai tambah kepada para pelanggannya, yaitu Sophie Paris di Plaza Semanggi dan Poke Sushi di Dharmawangsa. Aturan mainnya masih simpel, cukup tiga kali check in di loka tersebut, maka akan ada penawaran khusus untuk elo.

Hasilnya bisa dibilang efektif, di Sophie Paris Plaza Semanggi sudah ada 220 check in dari 96 pengguna unik, dan di Poke Sushi Dharmawangsa ada 234 check in dari 181 pengguna unik.

Berapa banyak yang beneran check in? Yah ini agak ngga bisa dikontrol, walaupun Foursquare udah berusaha mencegahnya tapi tetep ngga bisa 100% menjamin kalau semuanya beneran check in dari tempat tersebut. Pengguna dari Indonesia memang terkenal agresif dalam check in meraih badge (dan emang beda-beda tipis sama banci eksis). Dan bahkan (sayangnya) udah terkenal oleh pengguna dari negara lain sebagai orang-orang yang suka remote check-in.

Anyway, buat pemilik usaha yang ingin melancarkan promosi serupa, caranya gampang. Tinggal klaim aja lokasi tempat usahanya di Foursquare, dan memberikan informasi terkait tentang tempat tersebut.

Setelah itu Foursquare akan memberikan hak untuk menciptakan “Specials” atau program-program untuk para pengguna yang check in, dan juga perangkat untuk menganalisa perilaku para pengunjung.

Lengkapnya silakan baca aja di sini. Jadi untuk para pemilik loka atau tempat usaha, selamat melancarkan promosi lewat media sosial terhangat ini.

and BTW, other location-based services, don’t say we didn’t warn you six month ago xD

[Terima kasih kepada ybs untuk beberapa informasi tambahan yang gue masukkan di artikel ini]

3 Comments

  1. wow, udah beberapa minggu ini saya nganggurin foursquare, kayaknya asik nie. Model penggunaan foursquare udah kayak di luar negeri, bisa untuk bisnis. Nice article, and watch out Koprol hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Pengguna Snaptu Terus Bertambah, Capai 10 Juta Orang

Next Story

Twitter Permudah Cara untuk Follow Teman Facebook Anda

Latest from Blog

Don't Miss

Twitter Akuisisi Developer Aplikasi Chroma Stories

Berawal dari Instagram, lalu berlanjut ke Facebook dan WhatsApp, hampir
Dailyact menjadi media sosial baru buatan lokal yang mencoba menantang hegemoni Instagram dan Facebook.

Segera Diluncurkan, Dailyact Mencoba Saingi Instagram dan Facebook

Dailyact menjadi calon penantang baru sebagai aplikasi media sosial di