16 July 2022

by Yubian Asfar

Unity Resmi Bergabung dengan IronSource, Perusahaan Pembuat Malware

Kerja sama ini akan fokus dalam platform game dengan kemungkinan untuk melakukan opsi monetesasi.

Unity baru saja mengumumkan proses merger dengan ironSource, perusahaan di bidang penyediaan platform, tools, teknologi, dan software asal Israel.

IronSource dinilai memiliki ruang untuk berkembang bersama Unity dalam industri video game. Beberapa hal yang akan dimaksimalkan adalah proses monetisasi untuk pengembangan game hingga konten Real-Time 3D Technology (RT3D).

Dengan peran Unity yang terkenal sebagai penyedia engine video game, tentu IronSource jadi perusahaan yang tepat untuk melengkapi berbagai fiturnya.

Meski baru saja melakukan PHK untuk karyawannya, Unity tetap agresif mengakuisisi perusahaan dalam 3 tahun terakhir. Sebelumnya Unity juga menarik beberapa perusahaan lain seperti Parsec, SyncSketch, Weta Digital, hingga Ziva Dynamics untuk mengoptimalkan peran engine miliknya untuk para kreator game.

Visi dari proses bergabungnya Unity dengan IronSource adalah untuk menyediakan engine yang lebih fleksibel, menarik, mudah dijangkau, dan lebih user friendly.

Sumber: Unity
IronSource sendiri memiliki track record yang bagus dalam membantu para kreator game untuk memberikan pengalaman terbaiknya dalam membuat video game. Beberapa yang disediakan oleh IronSource adalah software untuk pengembangan aplikasi, game, serta jaringan penyedia data untuk kebutuhan aplikasi non-gaming seperti monetisasi, pemasaran, analisa, dan lain sebagainya. Nantinya Unity akan memaksimalkan peran IronSource untuk proses linear dalam pembuatan game dan konten RT3D. Pengalaman pengguna yang lebih menarik, terkoneksi, dan interaktif serta terus menghadirkan inovasi di setiap tahunnya.
Sumber: Unity
Unity dan IronSource akan berkombinasi menawarkan solusi unik dan satu-satunya sebagai engine pembuat game dan platform pemasaran game bagi para kreator. Proyeksi masa depannya adalah para kreator video game tidak perlu pusing mengganti platform lain untuk kebutuhan mengecek data/performa user di game, mengecek potensi malware di game miliknya, hingga menghadirkan software keamanan cukup dalam satu platform saja.

Meski begitu, kerja sama ini sempat dianggap buruk oleh beberapa orang karena performa IronSource yang kurang baik dibandingkan Unity.

InstallCore, salah satu program IronSource merupakan paket malware trojan horse yang menginstal perangkat lunak secara otomatis yang tidak diminta oleh para user. Microsoft memiliki acuannya sendiri terkait masalah InstallCore sejak tahun 2016 karena perangkat lunak tersebut masuk 'daftar hitam' pada PC Windows akibat reputasinya yang rendah. Sejak kesepakatan ini diumumkan, bahkan harga saham Unity turun 17% dan terus mengalami penurunan yang signifikan. Kesepkatan ini menghasilkan total penurunan valuasi saham sebesar 76% dari nilai saham Unity tahun ini $138 pada awal tahun 2022 dan kini menjadi $32,82 dilansir oleh MMOFallout.