Memasuki bulan Desember 2022, seperti biasa, Hybrid.co.id membuat daftar turnamen esports terpopuler untuk bulan November 2022.
Pada bulan lalu, daftar kompetisi esports populer didominasi oleh turnamen yang mengadu game PC, seperti Counter-Strike: Global Offensive, Overwatch, dan League of Legends. Meskipun begitu, kompetisi dari game mobile, khususnya Mobile Legends, juga tetap dapat masuk dalam daftar turnamen esports terpopuler di bulan lalu.
Berikut daftar turnamen esports terpopuler di November 2022, berdasarkan data dari Esports Charts.
5. Overwatch League 2022 Playoffs
Peringkat lima dalam daftar turnamen esports terpopuler di November 2022 diduduki oleh Overwatch League 2022 – Playoffs. Menariknya, kompetisi ini sebenarnya hanya disiarkan di YouTube. Meskipun begitu, pertandingan antara San Francisco Shock dan Dallas Fuel berhasil mendapatkan 397,9 ribu peak viewers, yang merupakan rekor di skena esports Overwatch dalam beberapa tahun terakhir.
Disiarkan selama 45 jam 40 menit, OWL 2022 Playoffs mendapatkan 10,8 ribu views dan 9,9 juta jam hours watched. Rata-rata, jumlah penonton dari kompetisi itu mencapai 216,8 ribu orang. Dari segi hours watched, San Francisco Shock merupakan tim terpopuler, dengan total hours watched sebanyak 3,8 juta jam. Namun, dari segi average viewers, Dallas Fuel lebih unggul. Dallas Fuel memiliki jumlah penonton rata-rata sebanyak 265,8 ribu, sementara San Francisco Shock hanya 261,5 ribu orang.
OWL 2022 Playoffs disiarkan dalam tiga bahasa. Siaran dalam Bahasa Inggris menjadi siaran terpopuler, dengan jumlah peak viewers sebanyak 353,7 ribu. Dengan jumlah peak viewers sebanyak 34,5 ribu orang, siaran dalam Bahasa Prancis menjadi siaran terpopuler ke-2, diikuti oleh siaran dalam Bahasa Korea, yang mendapatkan peak viewers sebanyak 23,1 ribu orang.
4. BLAST Premier Fall 2022 Finals
Digelar pada 22-27 November 2022, BLAST Premier Fall 2022 berhasil duduk di peringkat 4 dalam daftar turnamen esports terpopuler di bulan lalu. Total durasi siaran dari turnamen CS:GO ini mencapai 52 jam 35 menit. Dari sana, BLAST Premier mendapatkan 25,2 juta views dan 8,1 juta jam hours watched. Pada puncaknya, ada 421,7 ribu orang yang menonton turnamen esports ini, dengan jumlah penonton rata-rata mencapai 153,7 ribu orang.
Sudah bisa diduga, pertandingan paling populer sepanjang BLAST Premier adalah babak Grand Final, yang mempertemukan FaZe Clan dengan Heroic. Sayangnya, jumlah peak viewers dari babak Grand Final kali ini dua kali lebih rendah dari babak finals untuk Spring Finals. Sementara itu, pertandingan terpopuler ke-2 di BLAST Premier Fall adalah babak Quarterfinals, yang mengadu Ninja in Pyjamas (NiP) dengan Natus Vincere (NAVI). Kedua tim itu berhasil mendapatkan 323,8 ribu peak viewers.
Dari segi hours watched, FaZe menjadi tim esports paling populer. Mereka dapat mengumpulkan 3,3 juta jam hours watched. Tapi, dari segi average viewers, NAVI masih unggul. Jumlah penonton rata-rata dari NAVI mencapai 198 ribu orang, sementara FaZe hanya 187,4 ribu orang.
BLAST Premier Fall 2022 Finals disiarkan dalam belasan bahasa. Siaran dalam Bahasa Inggris menjadi siaran paling populer, dengan peak viewers sebanyak 278,1 ribu orang. Memiliki peak viewers sebanyak 75,2 ribu orang, siaran dalam Bahasa Rusia menjadi siaran paling populer ke-2.
Sementara itu, Twitch masih menjadi platform streaming favorit fans untuk menonton BLAST Premier. Jumlah peak viewers di platform itu mencapai 330 ribu orang. Di Twitch, turnamen CS:GO ini disiarkan di 28 channels dan mendapatkan 19,5 juta views serta 63,8 ribu follows. Sementara di YouTube, BLAST Premier mendapatkan 5,7 ribu views, 1,9 ribu likes, dan 91 ribu peak viewers.
3. ONE Esports MPL Invitational 2022
Dengan peak viewers sebanyak 704,3 ribu orang, ONE Esports MPL Invitational 2022 berhasil duduk di peringkat 3 dalam daftar turnamen esports terpopuler di November 2022. Pertandingan yang dapat menarik perhatian paling banyak penonton adalah pertandingan antara ONIC Esports dan Geek Fam ID. Hanya saja, menurut Esports Charts, jika dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah peak viewers dari MPL Invitational kali ini mengalami penurunan hingga lebih dari dua kali lipat.
Digelar pada 2-6 November 2022, MPL Invitational 2022 memiliki total airtime selama 45 jam 50 menit dan berhasil mendapatkan 59,5 ribu views serta 9,2 juta jam hours watched. Sementara jumlah penonton rata-rata dari kompetisi tersebut mencapai 200,2 ribu orang.
MPL Invitational 2022 disiarkan di empat platform streaming game. YouTube merupakan platform favorit para fans. Buktinya, jumlah peak viewers dari YouTube mencapai 493,8 ribu orang. Facebook Gaming menjadi platform favorit lain, dengan peak viewers sebanyak 156,2 ribu orang. Dari segi bahasa, siaran dalam Bahasa Inggris menjadi siaran terpopuler, dengan peak viewers sebanyak 271,1 ribu orang. Namun, siaran dalam Bahasa Indonesia tidak kalah populer, dengan jumlah peak viewers sebanyak 253,8 ribu orang.
Sepanjang MPL Invitational 2022, Geek Fam ID menjadi tim terpopuler dari segi hours watched. Tim itu mendapatkan 3 juta jam hours watched, diikuti oleh ONIC yang mendapatkan 2,6 juta jam hours watched. Namun, ONIC lebih unggul dari segi average viewers. Tim dengan logo landak kuning itu mendapatkan 351,9 ribu average viewers, sementara Geek Fam ID hanya mendapatkan 268,3 ribu average viewers.
2. IEM Rio Major 2022
Pada Oktober 2022, Intel Extreme Masters (IEM) Rio Major 2022 duduk di peringkat lima dalam daftar turnamen esports terpopuler. Di November 2022, turnamen tersebut naik peringkat, menjadi peringkat dua. Mulai digelar pada 31 Oktober 2022, IEM Rio Major berakhir di 13 November 2022. Secara total, durasi siaran dari turnamen CS:GO ini mencapai 126 jam 50 menit. Dari sana, IEM Rio Major mendapatkan 184,1 juta views dan 69,5 juta jam hours watched.
Pertandingan paling populer dari IEM Rio Major 2022 adalah pertandingan antara NAVI dan FURIA di Champion Stage, hari ke-2. Pada puncaknya, pertandingan tersebut ditonton oleh 1,4 juta orang. Pertandingan antara Heroic dan Outsiders di babak Finals, Champion Stage menjadi pertandingan terpopuler ke-2, dengan peak viewers sebanyak 1,2 juta orang.
Dari segi hours watched, FURIA berhasil menjadi tim esports terpopuler sepanjang IEM Rio Major. Total hours watched yang tim Brasil itu dapatkan mencapai 16,5 juta jam. Sementara dari segi average viewers, NAVI-lah yang menjadi tim terpopuler, dengan jumlah penonton rata-rata sebanyak 731,5 ribu orang.
IEM Rio Major disiarkan di empat platform streaming game. Twitch menjadi platform streaming favorit para fans, dengan peak viewers sebanyak 1,3 juta. Turnamen CS:GO ini ditayangkan di 122 channels Twitch dan mendapatkan 175,1 juta views serta 559,1 ribu follows. Sementara di YouTube, ia hanya mendapatkan 8,4 juta views dan 4,2 ribu likes.
Dengan peak viewers sebanyak 573 ribu orang, siaran dalam Bahasa Inggris menjadi siaran paling populer. Namun, siaran dalam Bahasa Portugis juga tidak kalah populer, dengan peak viewers sebanyak 538,6 ribu orang. Setelah Bahasa Inggris dan Portugis, siaran dalam Bahasa Rusia menjadi siaran paling populer ke-3, dengan peak viewers sebanyak 344,3 ribu orang.
1. 2022 World Championship (Worlds 2022)
Pertandingan antara T1 dan DRX di League of Legends World Championship 2022 berhasil menarik 5,1 juta peak viewers. Dengan ini, Worlds 2022 berhasil menjadi turnamen esports terpopuler di November 2022. Tak hanya itu, Worlds 2022 juga mencetak rekor peak viewers tertinggi, tidak hanya di skena esports League of Legends, tapi juga skena esports untuk game PC.
Digelar pada 29 September sampai 6 November 2022, Worlds 2022 memiliki total airtime selama 143 jam 45 menit. Total views yang didapatkan oleh kompetisi itu mencapai 270 juta views. Sementara jumlah hours watched dari Worlds 2022 mencapai 141,9 juta jam. Rata-rata, jumlah penonton dari kompetisi League of Legends ini mencapai 987,4 ribu orang.
DRX berhasil mengalahkan T1 di babak final dan membawa pulang Summoner’s Cup. Tim asal Korea Selatan tersebut juga merupakan tim terpopuler dari segi hours watched, dengan total hours watched sebanyak 43,7 juta jam. Namun, T1 masih lebih unggul dari segi average viewers. T1 memiliki 2 juta average viewers, sementara DRX hanya mendapatkan 1,6 juta average viewers.
Twitch merupakan platform streaming terpopuler di kalangan fans League of Legends, dengan peak viewers sebanyak 2,9 juta orang. Ditayangkan di 28 channels Twitch, Worlds 2022 berhasil mendapatkan 189,9 juta views dan 700,2 ribu follows. Setelah Twitch, YouTube menjadi platform streaming game terpopuler ke-2, dengan peak viewers sebanyak 1,75 juta orang. YouTube juga menyumbangkan 79,5 juta views dan 838,4 ribu likes untuk Worlds 2022.
Worlds 2022 ditayangkan dalam 19 bahasa. Siaran dalam Bahasa Inggris menjadi siaran paling populer, diikuti oleh siaran dalam Bahasa Korea dan Spanyol. Siaran dalam Bahasa Inggris mendapatkan 1,6 juta peak viewers, Bahasa Korea 1,2 juta peak viewers, dan Bahasa Spanyol 855,9 ribu peak viewers.
Sumber header: ONE Esports