Dark
Light

Kalahkan Worlds 2022, MPL ID Season 10 Jadi Turnamen Esports Terpopuler di Oktober 2022

4 mins read
November 11, 2022
MPL ID S10 viewers

Lebih dari satu turnamen esports kelas dunia digelar pada Oktober 2022, termasuk The International 2022 dan League of Legends World Championship 2022. Selain itu, bulan lalu juga menjadi akhir dari dua liga Mobile Legends nasional, yaitu liga di Indonesia dan di Filipina. Berikut daftar turnamen esports terpopuler pada Oktober 2022, berdasarkan data dari Esports Charts.

5. IEM Rio Major 2022

Intel Extreme Masters (IEM) Rio Major 2022 mulai digelar pada 31 Oktober 2022. Meskipun kompetisi Counter-Strike: Global Offensive itu dimulai pada hari terakhir Oktober, ia berhasil duduk di peringkat lima dalam daftar turnamen esports terpopuler di bulan lalu. Pada hari pertama IEM Rio Major 2022, pertandingan yang paling menarik perhatian penonton adalah pertandingan antara IMP dan Vitality di Challengers Stage. Pertandingan itu berhasil mendapatkan 698,2 ribu peak viewers.

Viewership dari IEM Rio Major 2022. | Sumber: Esports Charts

Sampai saat ini, total airtime dari IEM Rio Major 2022 telah mencapai 95 jam 25 menit. Dari sana, kompetisi itu dapat mengumpulkan 122,6 juta views dan 46,4 juta jam hours watched. Rata-rata, jumlah penonton dari turnamen tersebut mencapai 486,1 ribu orang. Dari segi hours watched, Vitality menjadi tim terpopuler, dengan total hours watched mencapai 8 juta jam. Namun, dari segi jumlah rata-rata penonton, Natus Vincere (NAVI) merupakan tim terpopuler, dengan average viewers sebanyak 548 ribu orang.

4. Mobile Legends Professional League Philippines Season 10

Peringkat empat dalam daftar turnamen esports terpopuler di Oktober 2022 diduduki oleh Mobile Legends Professional League Philippines (MPL PH) Season 10. Liga nasional Filipina ini dimulai pada 12 Agustus 2022 dan berakhir pada 23 Oktober 2022. Babak Grand Final yang mempertemukan Blacklist International (BI) dengan Echo menjadi pertandingan yang paling diminati. Pada puncaknya, pertandingan antara kedua tim itu ditonton oleh 829 ribu orang.

Dengan total durasi siaran mencapai 177 jam 40 menit, MPL PH Season 10 berhasil mendapatkan 114,3 juta views dan 26,1 juta jam hours watched. Jumlah penonton rata-rata dari liga Mobile Legends ini mencapai 146,1 ribu orang. YouTube menjadi platform siaran terpopuler, dengan peak viewers menembus 444,5 ribu orang, diikuti oleh Facebook, yang mendapatkan peak viewers sebanyak 297,1 ribu orang.

Viewership dari MPL PH Season 10. | Sumber: Esports Charts

Mengingat MPL PH Season 10 adalah liga nasional Filipina, tidak heran jika siaran dalam Bahasa Tagalog menjadi siaran terpopuler. Pada puncaknya, siaran dalam Bahasa Tagalog ditonton oleh 729,4 ribu orang. Sementara peak viewers dari siaran dalam Bahasa Inggris hanya mencapai 146,4 ribu orang.

BI berhasil keluar sebagai juara dari MPL PH Season 10 setelah mengalahkan Echo dengan skor 4-2. Tak hanya itu, BI juga merupakan tim terpopuler sepanjang MPL PH Season 10, baik dari segi hours watched maupun average viewers. BI mendapatkan 10,26 juta jam hours watched dan 248 ribu average viewers.

3. The International 2022

Dengan jumlah peak viewers sebanyak 1,75 juta orang, The International 2022 berhasil meraih peringkat 3 dalam daftar turnamen esports terpopuler di Oktober 2022. Namun, jika dibandingkan dengan The International sebelumnya, viewership dari TI tahun ini menunjukkan penurunan yang cukup signifikan.

The International 2022 digelar pada 15-30 Oktober 2022. Total airtime dari kompetisi Dota 2 itu mencapai 120 jam 10 menit. Sementara itu, jumlah views yang ia dapatkan menembus 221,4 juta views. Secara keseluruhan TI11 dapat mengumpulkan 67,7 juta jam hours watched, dengan jumlah penonton rata-rata mencapai 563,7 ribu orang.

Viewership dari The International 2022. | Sumber: Esports Charts

Pertandingan terpopuler sepanjang TI11, tentu saja, adalah pertandingan antara Team Secret dan Tundra Esports di babak Grand Final. Setelah itu, pertandingan terpopuler ke-2 adalah antara Team Liquid dan Secret. Walaupun Tundra membawa pulang Aegis of Champions, Team Secret berhasil meraih gelar sebagai tim terpopuler di TI11.

Sepanjang TI11, total hours watched yang Secret dapatkan adalah 17,7 juta jam, dengan jumlah penonton rata-rata mencapai 472 ribu orang. Setelah Secret, Team Liquid menjadi tim favorit fans ke-2. TIm asal Eropa itu mendapatkan total hours watched 16,7 juta jam dan jumlah penonton rata-rata sebanyak 380 ribu orang. Sang juara, Tundra, harus puas sebagai tim terpopuler ke-3. Secara total, mereka mendapatkan 13,1 juta jam hours watched  dan 378 ribu orang average viewers.

Bahasa dan platform favorit bagi penonton TI11. | Sumber: Esports Charts

The International 2022 disiarkan di delapan platform streaming game. Twitch menjadi platform favorit para penonton, dengan jumlah peak viewers sebanyak 1,16 juta orang. Di Twitch, TI11 disiarkan di 99 channels dan mendapatkan 167,2 juta views, serta 532,4 ribu follows. Setelah Twitch, YouTube menjadi platform siaran favorit fans kedua. Di platform ini, TI11 mendapatkan 39,7 juta views, 405 ribu likes, dan 450,5 ribu peak viewers.

2. League of Legends World Championship 2022

Dimulai pada 29 September 2022, League of Legends World Championship 2022 memasuki tahap akhir di Oktober 2022. Bulan lalu, pertandingan terpopuler di Worlds 2022 adalah antara T1 dan JD Gaming, yang ditonton oleh 2,2 juta orang, pada puncaknya. Satu hal yang harus diingat, Worlds 2022 masih berlangsung hingga 6 November 2022. Dan babak final dari kompetisi League of Legends ini berhasil mendapatkan peak viewers yang lebih tinggi.

Pada akhirnya, total airtime dari Worlds 2022 mencapai 143 jam 45 menit. Kompetisi itu mendapatkan 267 juta views dan 141,9 juta jam hours watched. Rata-rata, pertandingan Worlds 2022 ditonton oleh 987,4 ribu orang. Siaran dalam Bahasa Inggris menjadi siaran paling populer, dengan peak viewers sebanyak 1,6 juta orang. Dan sudah bisa diduga, siaran dalam Bahasa Korea menjadi siaran terpopuler ke-2, diikuti dengan siaran dalam Bahasa Spanyol.

Viewership dari Worlds 2022. | Sumber: Esports Charts

Sebagian besar penonton Worlds 2022 menonton kompetisi itu di Twitch. Platform milik Amazon itu mendapatkan 2,9 juta peak viewers. YouTube menjadi platform streaming game terpopuler ke-2 di kalangan fans League of Legends. Platform itu mendapatkan peak viewers sebanyak 1,8 juta orang. Di Twitch, Worlds 2022 disiarkan di 28 channels dan berhasil mengumpulkan 190 juta views serta 700,2 ribu follows. Sementara di YouTube, turnamen dunia League ini mendapatkan 79,5 juta views dan 838,4 ribu likes.

1. Mobile Legends Professional League Indonesia Season 10

Mobile Legends Professional League Indonesia (MPL ID) Season 10 menjadi turnamen esports paling populer pada Oktober 2022. Kompetisi itu berhasil menarik audiens sebanyak 2,4 juta orang pada babak Grand Finals, yang mempertemukan ONIC dengan RRQ Hoshi. Menurut Esports Charts, angka ini merupakan total peak viewers tertinggi ke-6 sepanjang sejarah turnamen Mobile Legends.

Total airtime dari MPL ID Season 10 mencapai 183 jam 40 menit. Kompetisi itu mendapatkan 388,3 juta views dan 80,9 juta jam hours watched. Jumlah penonton rata-rata dari liga nasional tersebut menapai 440,6 ribu orang. Tentu saja, siaran dalam Bahasa Indonesia menjadi siaran terpopuler, dengan jumlah peak viewers mencapai 1,96 juta orang. Sementara itu, siaran dalam Bahasa Inggris menjadi siaran terpopuler ke-2, dengan jumlah peak viewers sebanyak 420,7 ribu orang.

Viewership dari MPL ID Season 10. | Sumber: Esports Charts

ONIC berhasil keluar sebagai juara dari MPL ID Season 10, setelah mengalahkan RRQ Hoshi dengan skor 4-1. Meskipun begitu, RRQ masih menjadi tim terpopuler sepanjang MPL ID Season 10. Buktinya, tim tersebut berhasil mendapatkan 1,37 juta jam hours watched dan 840 ribu orang average viewers. Sementara itu, ONIC harus puas dengan gelar tim terpopuler ke-2. Tim dengan logo landak itu mendapatkan 27,2 juta jam hours watched dan 629 ribu orang average viewers.

MPL ID Season 10 disiarkan di tiga platform streaming game: YouTube, Tik Tok, dan Facebook. Tidak heran, YouTube jadi platform favorit para penonton. Dari YouTube, MPL ID Season 10 mendapatkan 364,4 juta views dan 4,2 juta likes. Sementara jumlah peak viewers di YouTube mencapai 1,97 juta orang. Tik Tok menjadi platform streaming terpopuler ke-2, dengan jumlah peak viewers sebanyak 241,6 ribu orang.

Sumber header: Liputan6

Marketplace NFT DOSI
Previous Story

LINE NEXT Resmikan Marketplace NFT DOSI

Next Story

ASUS Bakal Hadirkan Zenfone 9 di Indonesia, Masih Bertahan dengan Desain Compact

Latest from Blog

Don't Miss

Erajaya Digital Adakan Turnamen Esports Berhadiah Ratusan Juta Rupiah

Dukungan Erajaya Digital terhadap industri esports Indonesia kini memasuki tahun
Review Poco X6 5G Hybrid

Review Poco X6 5G, Performa Ekstrem dan Sudah Dapat Pembaruan HyperOS

Poco X6 membawa layar AMOLED 120Hz dengan Dolby Vision lalu