2 August 2022

by Glenn Kaonang

Tiffany & Co. Luncurkan NFT Eksklusif, Masing-Masing Datang Bersama Perhiasan Mewah

Untuk bisa membeli NFT bikinan Tiffany & Co., Anda harus punya NFT CryptoPunk terlebih dulu, sebab perhiasannya akan didesain menyerupai model NFT-nya

Meski sejauh ini kita sudah beberapa kali melihat NFT yang terjual dengan harga fantastis, saya kira masih sangat jarang yang menganggap NFT sebagai barang mewah. Namun pandangan tersebut bisa saja berubah, terutama setelah melihat inisiatif NFT dari Tiffany & Co.

Perusahaan ritel perhiasan asal Amerika Serikat itu baru-baru ini mengumumkan proyek NFT perdananya. Dijuluki "NFTiff," ini merupakan koleksi 250 aset NFT eksklusif yang akan dipasarkan mulai 5 Agustus seharga 30 ETH (± 709 juta rupiah). Kenapa bisa mahal sekali? Karena masing-masing NFT datang bersama sebuah perhiasan mewah.

Faktor lain yang membuat NFTiff terkesan semakin eksklusif adalah fakta bahwa Anda harus punya NFT CryptoPunk terlebih dulu sebelum bisa membelinya. Buat yang tidak tahu, CryptoPunk merupakan salah satu koleksi NFT terpopuler sekaligus termahal saat ini. Data terbaru dari DappRadar menunjukkan bahwa harga terendah NFT CryptoPunk saat ini berada di angka $118 ribu (± 1,75 miliar rupiah).

Belum berhenti sampai di situ saja, para sultan pemilik NFT CryptoPunks ini rupanya juga harus saling berebut untuk bisa mendapatkan NFTiff. Pasalnya, Tiffany & Co. hanya akan membuat 250 token NFTiff saja, sementara total jumlah NFT CryptoPunk ada 10.000 token.

Buat yang penasaran bakal semewah apa perhiasannya, laman FAQ di situs resmi NFTiff menjelaskan bahwa setiap liontin akan dibuat dari emas 18 karat dan mengemas setidaknya 30 batu permata dan/atau berlian. Desainnya sendiri akan disesuaikan dengan model NFT CryptoPunk milik masing-masing pembeli, dan di sisi belakangnya akan ada ukiran nomor seri NFT CryptoPunk-nya.

Kalau Anda butuh gambaran seperti apa jadinya liontin CryptoPunk ini nanti, Anda bisa melihat foto yang dibagikan ke Twitter oleh salah satu petinggi Tiffany & Co., Alexandre Arnault, beberapa bulan lalu. Foto tersebut menampilkan sebuah liontin dengan tampilan pixelated yang menyerupai token NFT CryptoPunk milik Alexandre sendiri (yang ia pajang sebagai foto profilnya).

NFTiff besutan Tiffany & Co. ini semakin melengkapi tren baru yang menyandingkan produk-produk mewah dengan aset NFT. Bulan lalu, pabrikan mobil Chevrolet mencoba melelang aset NFT langka yang datang bersama sebuah supercar Corvette Z06 edisi khusus (yang sayangnya gagal menarik peminat). Mundur lebih jauh lagi, ada Alfa Romeo yang memasarkan mobilnya dengan NFT yang berperan sebagai sertifikat keaslian sekaligus alat untuk merekam data perawatan.

Via: Decrypt.