Beberapa bulan belakangan, kompetisi esports Mobile Legends selalu berhasil menarik perhatian banyak penonton. Tidak terkecuali pada Juni 2022. Selain itu, pada bulan lalu, juga ada beberapa kompetisi internasional dari berbagai game esports lain, seperti Arena of Valor dan Counter-Strike: Global Offensive. Liga League of Legends untuk kawasan Korea Selatan juga telah kembali dimulai. Berikut daftar lima turnamen esports terpopuler di Juni 2022, menurut data dari Esports Charts.
5. IEM Dallas 2022
Peringkat kelima dalam daftar turnamen esports paling populer di Juni 2022 diisi oleh Intel Extreme Masters (IEM) Dallas 2022. Turnamen CS:GO itu dimulai pada 30 Mei 2022 dan berakhir di 5 Juni 2022. Dengan total durasi siaran 53 jam 45 menit, IEM Dallas 2022 mendapatkan 33,3 juta views dan 12,5 juta hours watched. Pada puncaknya, jumlalh penonton dari kompetisi itu mencapai 430,5 ribu orang. Sementara jumlah penonton rata-rata mencapai 232,3 ribu orang.
IEM Dallas 2022 disiarkan di empat platform: Twitch, Nimo TV, YouTube, dan Facebook. Twitch masih menjadi platform favorit para penonton, dengan jumlah peak viewers sebanyak 402,1 ribu orang. Di Twitch, IEM Dallas 2022 disiarkan di 35 channels dan mendapatkan 31,6 juta views serta 78,3 ribu follows. Nimo TV menjadi platform favorit ke-2, dengan jumlah peak viewers sebanyak 28,9 ribu orang, diikuti oleh YouTube, yang memiliki peak viewers sebanyak 15,2 ribu orang.
Siaran dalam Bahasa Portugis menjadi siaran terpopuler dari IEM Dallas 2022. Jumlah peak viewers dari siaran dalam Bahasa Portugis mencapai 254,3 ribu orang. Sementara itu, siaran dalam Bahasa Inggris menjadi siaran terpopuler ke-2, dengan jumlah peak viewers sebanyak 193,5 ribu orang). Dan siaran dalam Bahasa Rusia jadi siaran terpopuler ke-3, dengan jumlah peak viewers sebanyak 53,6 ribu orang.
Pertandingan antara ENCE dari Finandia dengan Cloud9 dari Amerika Serikat di babak final menjadi babak yang paling populer sepanjang IEM Dallas 2022. Setelah itu, babak terpopuler ke-2 merupakan pertandingan antara G2 Esports dan Furia.
4. AOV International championship 2022
Walau popularitas Arena of Valor telah mulai pudar di Indonesia, mobile MOBA itu tetap punya fans di level internasional. Buktinya, Arena of Valor International Championship (AIC) 2022 berhasil menempati peringkat empat dalam daftar kompetisi esports terpopuler di Juni 2022. Walau baru digelar pada pada 16 Juni 2022, AIC 2022 telah mendapatkan lebih dari 81 jam airtime. Dari sana, turnamen tersebut mendapatkan 62,3 juta views dan 15,3 juta hours watched. Rata-rata, jumlah penonton dari AIC 2022 mencapai 188,8 ribu orang. Sementara pada puncaknya, ada 473,1 ribu orang yang menonton kompetisi tersebut.
Saat ini, babak yang menarik perhatian paling banyak penonton adalah pertandingan antara Bikertopia Esports asal Taiwan melawan V Gaming asal Vietnam. Sementara pertandingan terpopuler ke-2 adalah antara V Gaming dengan ONE Team dari Taiwan. Sejauh ini, V Gaming memang menjadi tim paling populer di AIC 2022. Tim tersebut berhasil mendapatkan 5,4 juta hours watched dengan jumlah penonton rata-rata sebanyak 258 ribu orang.
AIC 2022 disiarkan di enam platform streaming game. YouTube menjadi platform favorit para penonton, dengan jumlah peak viewers sebanyak 336,6 ribu orang. Secara total siaran AIC 2022 di YouTube mengumpulkan 40 juta views dan 300,4 ribu likes. Sementara dari segi bahasa, siaran dalam Bahasa Vietnam menjadi siaran favorit, dengan jumlah peak viewers sebanyak 345,2 ribu orang, diikuti oleh siaran dalam Bahasa Thailand (145,7 ribu peak viewers) dan siaran dalam Bahasa Mandarin (54,7 ribu peak viewers).
4. LCK Summer 2022
Dengan jumlah peak viewers sebanyak 642,9 ribu orang, League of Legends Champions Korea (LCK) 2022, yang dimulai pada pada 15 Juni 2022, duduk di peringkat 3 dalam daftar turnamen esports terpopuler di Juni 2022. Dengan total airtime selama 90 jam, LCK Summer 2022 telah mendapatkan 42 juta views dan 18,7 juta hours watched. Sementara itu, jumlah penonton rata-rata dari liga esports tersebut menccapai 206,8 ribu orang.
T1 menjadi tim paling populer sepanjang LCK Summer 2022, diikuti oleh Damwon KIA. Karena itu, jangan heran jika lima pertandingan terpopuler sepanjang LCK Summber 2022 selalu melibatkan T1. Babak paling populer di liga itu mempertemukan T1 dengan KT Rolster di minggu pertama, hari ke-5. Sementara babak terpopuler ke-2 adalah pertandingan antara T1 dengan Kwangdong Freecs pada minggu ke-3, hari pertama.
Twitch masih menjadi platform favorit untuk menonton LCK Summer 2022. Kompetisi itu disiarkan di 13 channels dan mendapatkan 36,7 juta views serta 43,8 ribu follows. Sementara jumlah peak viewers di Twitch mencapai 374,9 ribu orang. YouTube merupakan platform favorit ke-2, dengan jumlah peak viewers sebanyak 165,4 ribu orang. Secara total, LCK Summer 2022 mendapatkan 4,9 juta views dan 38 ribu likes di YouTube.
2. BLAST Premier Spring 2022 Finals
BLAST Premier Spring 2022 Finals digelar pada 15-19 Juni 2022. Walau hanya memiliki total durasi selama 45 jam 20 menit, kompetisi itu dapat mengumpulkan 35,3 juta views dan 12,8 juta hours watched. Jumlah penonton rata-rata dari kompetisi itu mencapai 282,4 ribu orang, dengan peak viewers sebanyak 762,9 ribu orang.
Pertandingan antara Natus Vincere (NAVI) dan Vitality di grand final menjadi babak terpopuler sepanjang BLAST Premier. Setelah itu, pertandingan terpopuler ke-2 adalah antara NAVI dan OG, yang memiliki peak viewers sebanyak 641,9 ribu orang. Di turnamen CS:GO ini, NAVI tidak hanya berhasil keluar sebagai juara, tapi juga menyabet gelar sebagai tim terpopuler. Tim itu mendapatkan total hours watched sebanyak 6,33 juta dan jumlah penonton rata-rata sebanyak 410 ribu orang.
BLAST Premier Spring 2022 disiarkan di 36 channels Twitch. Di platform ini, kompetisi itu mendapatkan 26,5 juta views dan 145,6 ribu follows. Sementara jumlah peak viewers di Twitch mencapai 500 ribu orang, menjadikannya sebagai platform favorit di kalangan penonton BLAST Premier. Sementara di YouTube, BLAST Premier mendapatkan 8,7 juta views dan 179 ribu likes, dengan jumlah peak viewers sebanyak 174,1 ribu orang.
Siaran dalam Bahasa Inggris menjadi siaran paling populer dari BLAST Premier. Pada puncaknya, jumlah penonton dalam Bahasa Inggris mencapai 330,1 ribu orang. Siaran terpopuler ke-2 merupakan siaran dalam Bahasa Rusia, dengan 192,1 ribu peak viewers, diikuti oleh siaran dalam Bahasa Vietnam di peringkat 3, dengan jumlah peak viewers sebanyak 100,7 ribu orang.
1. MLBB Southeast Asia Cup 2022
Sejak Februari 2022, kompetisi esports Mobile Legends selalu menjadi turnamen esports terpopuler. Tren ini berlanjut sampai Juni 2022. Dengan jumlah peak viewers sebanyak 2,8 juta orang, MLBB Southeast Asia Cup 2022 berhasil menjadi turnamen esports terpopuler di bulan lalu. Sementara jumlah penonton rata-rata dari kompetisi itu mencapai 477 ribu orang. Diadakan pada 11-19 Juni 2022, MLBB SEA Cup disiarkan selama 73 jam 45 menit. Total hours watched dari kompetisi tersebut mencapai 35,2 juta jam, dengan jumlah views sebanyak 177,5 juta views.
MLBB SEA Cup 2022 disiarkan di empat platform: YouTube, Facebook, Tik Tok dan Twitch. YouTube menjadi platform favorit para penonton, dengan jumlah peak viewers sebanyak 2 juta orang, total views sebanyak 126,9 juta views, dan 1,4 juta likes. Sementara dari segi bahasa, siaran dalam Bahasa Indonesia menjadi siaran terpopuler, dengan jumlah peak viewers sebanyak 2 juta orang. Siaran dalam Bahasa Tagalog menjadi siaran terpopuler ke-2, dengan jumlah peak viewers sebanyk 438,7 ribu orang, diikuti oleh siaran dalam Bahasa Malaysia, yang mendapatkan 164,8 ribu peak viewers.
Pertandingan antara RRQ Hoshi dan RSG Filipina di babak final menjadi pertandingan yang menarik perhatian paling banyak penonton sepanjang MLBB SEA Cup 2022. Selain itu, pertandingan antara kedua tim itu di babak playoff pada hari ke-5 juga berhasil menarik 2 juta peak viewers. Memang, kedua tim itu merupakan dua tim terpopuler di MLBB SEA Cup 2022.
Menariknyak, walau RSG berhasil keluar sebagai juara, RRQ Hoshi masih unggul dari segi popularitas. Sepanjang MLBB SEA Cup 2022, RRQ Hoshi mendapatkan 16,9 juta jam hours watched, dengan jumlah penonton rata-rata sebanyak 1,1 juta orang. Sementara itu, RSG hanya mendapatkan 15,6 juta hours watched dan 758 ribu average viewers.
Sumber header: AFK Gaming