Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Turnamen Apex Legends Hadir di X Games Minneapolis, Team SoloMid Raih Juara

7 August 2019Ayyub Mustofa

20 tim hadir meramaikan kompetisi ini, termasuk nama-nama besar seperti Cloud9, Fnatic, dan Team Liquid.

Ajang olahraga ekstrem tahunan milik ESPN, X Games, baru saja digelar pada tanggal 1 – 4 Agustus kemarin. Event yang digelar di Minneapolis tersebut juga menampilkan turnamen olahraga elektronik alias esports. Karena mempertandingkan game Apex Legends, maka turnamen itu disebut sebagai EXP Invitational – Apex Legends at X Games Minneapolis. ESPN bekerja sama langsung dengan EA selaku penerbit Apex Legends dalam penyelenggaraannya.

Sebanyak 20 tim Apex Legends hadir untuk bertanding dalam acara EXP Invitational ini. 15 di antaranya adalah tim profesional undangan, sementara 5 sisanya datang dari jalur kualifikasi online yang sudah digelar pada akhir Juni 2019. Beberapa tim itu antara lain Team SoloMid (TSM), Fnatic, Team Liquid, Cloud9, dan lain-lain. Pastinya nama-nama mereka sudah cukup masyhur di kalangan komunitas pecinta esports, terutama genre shooter.

EXP Invitational - Dizzy
Dizzy dari NRG Esports ikut berpartisipasi dalam EXP Invitational | Sumber: Apex Legends

Setelah melalui berbagai pertandingan selama dua hari, akhirnya juara EXP Invitational perdana telah ditentukan. Mereka adalah Team SoloMid yang beranggotakan Jordan “Reps” Wolfe, Mac “Albralelie” Kenzie Beckwith, dan Phillip “ImperialHal” Dosen. Mereka telah tampil mendominasi dan menduduki puncak klasemen sejak hari pertama, dengan total 30 kill dan peraihan rata-rata di peringkat 5. Tak heran bila kemudian TSM berhasil menjadi juara. Polling para penggemar Apex Legends pun memprediksi hal yang sama.

Atas kemenangan ini, TSM berhak membawa pulang hadiah uang senilai US$30.000 (sekitar Rp426,9 juta). Prestasi mereka diikuti oleh Team Reciprocity sebagai runner-up, dan tim Sentinels sebagai juara 3. Tim terakhir ini cukup spesial karena merupakan tim yang menaungi Bugha, sang peraih juara dunia di Fortnite World Cup. Sayangnya Bugha tidak bertanding di cabang Apex Legends walau genrenya sama-sama battle royale. Team Reciprocity juga memiliki pemain andalan yaitu Eric “Snip3down” Wrona, yang pernah manjadi juara turnamen Halo 5 di X Games Aspen 2016.

EXP Invitational - TSM
Team SoloMid di EXP Invitational | Sumber: Apex Legends

EXP Invitational – Apex Legends at X Games Minneapolis hanya salah satu dari rangkaian turnamen esports yang digelar EA tahun ini. Sebelumnya juga ada turnamen EXP Pro-Am Apex Legends Exhibition pada bulan Juli, kemudian nanti di bulan September akan disusul oleh Apex Legends Preseason Invitational yang menawarkan prize pool hingga US$500.000 (sekitar Rp7 miliar).

Pelan tapi pasti, ekosistem esports Apex Legends mulai terbentuk. Respawn Entertainment dan EA memang tidak mau terburu-buru dalam menangani game yang satu ini. Mereka melakukan segalanya secara hati-hati untuk memastikan para penggemar mendapatkan pengalaman terbaik. Namun sekarang divisi Competitive Gaming di EA sudah berkomitmen untuk memberi fokus lebih pada Apex Legends. Jadi jangan kaget bila setelah Preseason Invitational selesai EA meluncurkan sirkuit kompetisi Apex Legends dengan skala yang lebih besar dan lebih serius. Kita tunggu saja perkembangannya.

Sumber: ESPN EsportsDexertoApex Legends

Play video

7 July 2021

HY ESPORTS - APAKAH KOMUNITAS OFFICIAL ITU PENTING?

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV