Tren Industri Gaming Pada 2020 Menurut Newzoo

Game kini mulai menjadi tempat bagi para pemainnya untuk berkumpul bersama teman-teman

Gamer sering dianggap sebagai penyendiri. Padahal, banyak game yang mengajak para pemainnya untuk bermain bersama. Bahkan game solo player sekalipun mendorong para pemainnya untuk berkumpul, membahas tentang cerita dalam game atau strategi yang mereka gunakan. Dan sekarang, game mulai berevolusi menjadi media komunikasi bagi para pemainnya, sama seperti media sosial. Hal ini menjadi salah satu tren di industri gaming pada 2020, menurut Newzoo dalam laporan Global Games Market.

Berkat keberadaan mobile game, semakin banyak orang yang bisa memainkan game. Saat ini, tidak banyak orang-orang di rentang umur 12-30 tahun yang tidak pernah memainkan game sama sekali. Selain sebagai media hiburan, game kini juga mulai dijadikan sebagai tempat berkumpul dan bersosialisasi. Terutama karena platform seperti Steam dan Twitch sudah semakin berkembang. Selain itu, di media sosial, juga muncul grup yang khusus membahas tentang game. Layanan voice chat seperti Discord juga kini semakin sering digunakan.

Jumlah gamer terus bertambah dari tahun ke tahun. | Sumber: Newzoo

Bagi para advertisers, tren dalam dunia game ini menjadi kesempatan bagi mereka untuk memenangkan hati generasi muda, yang terkenal sulit untuk dijangkau oleh media tradisional karena mereka jarang menonton televisi atau mendengarkan radio. Hanya saja, mereka harus memastikan bahwa iklan yang mereka tawarkan sesuai dengan target audiens mereka.

Saat ini, banyak orang yang menjadikan game sebagai tempat berkumpul, baik untuk merayakan pernikahan dan kelulusan ataupun untuk berkabung. Ribuan pemain World of Warcraft berkumpul dalam game untuk mengenang Byron Daniel Bernstein alias Reckful yang meninggal pada 2 Juli 2020. Memang, kebanyakan orang melakukan hal ini karena mereka tidak bisa bertemu di dunia nyata akibat pandemi virus corona. Meskipun begitu, tren itu menunjukkan bahwa game berpotensi untuk menjadi tempat berkumpul para pemainnya.

Dengan keberadaan teknologi VR atau AR, maka batas antara dunia nyata dan dunia virtual juga akan semakin mengabur. Menurut Newzoo, salah satu tren di industri gaming pada tahun ini adalah kembali populernya teknologi VR. Salah satu alasannya adalah pengumuman dan peluncuran dari game Half-Life: Alyx, yang hanya bisa dimainkan menggunakan VR. Faktanya, Oculus Quest sempat terjual habis pada Mei 2020.

Tren lain di industri gaming pada 2020 adalah munculnya bisnis model baru. Tahun ini, Sony dan Microsoft akan meluncurkan konsol barunya, PlayStation 5 dan Xbox Series X. Keberadaan konsol next-gen tersebut akan mengubah lanskap bisnis game. Sekarang, pemasukan Microsoft dan Sony dari service -- seperti Xbox Game Pass atau PlayStation Now -- mulai naik. Dan hal ini tampaknya masih akan terus berlanjut. Selain peluncuran konsol next-gen, cloud gaming juga menjadi perhatian perusahaan teknologi besar. Di masa depan, keberadaan cloud gaming dapat mendorong kemunculan berbagai model bisnis baru dalam dunia game.

Sumber header: YouTube