Gaming News
for SEO
Gaming News

Total Pendapatan PUBG Mobile di Tahun 2021 Capai $1,18 Miliar

14 February 2022Glenn Kaonang

Berdasarkan laporan keuangan Krafton, PUBG Mobile mendatangkan pemasukan sebesar $1,18 miliar, sedangkan PUBG: Battlegrounds sebesar $334 juta

Pemegang IP PUBG, Krafton, belum lama ini mengumumkan laporan keuangannya untuk tahun 2021. Seperti dilansir Games Industry, di sepanjang tahun 2021, perusahaan yang bermarkas di Korea Selatan itu mencatatkan peningkatan pendapatan sebesar 13% dibanding pada tahun sebelumnya, dengan total mencapai $1,57 miliar.

Tanpa perlu terkejut, mesin penghasil uang terbesar Krafton adalah PUBG: Battlegrounds dan PUBG Mobile, masing-masing dengan total pendapatan sebesar $334 juta dan $1,18 miliar. Khusus PUBG Mobile, data yang Krafton ungkap ini cukup menarik karena selisihnya sangat jauh dari estimasi Sensor Tower, yang memperkirakan total pemasukan PUBG Mobile sebesar $2,8 miliar di tahun 2021.

Untuk PUBG: Battlegrounds, Krafton juga punya data yang menarik terkait game yang baru-baru ini bertransisi menjadi game free-to-play tersebut. Dikatakan bahwa dalam seminggu pertamanya menjadi game gratisan, PUBG: Battlegrounds berhasil menggaet sekitar 6,5 juta pemain PC/konsol baru.

Kalau dirata-rata, jumlah pemain aktif PUBG: Battlegrounds di bulan Januari diperkirakan ada lebih dari 20 juta. Dibanding sepekan sebelum transisi, rata-rata waktu bermain pengguna naik hingga dua kali lipat. Di kalangan pengguna PlayStation, rata-rata waktu bermainnya malah naik sampai lima kali lipat.

Meski total pendapatannya naik, keuntungan yang didapat Krafton selama 2021 justru turun 6,5% menjadi $434,8 juta jika dibandingkan dengan tahun 2020.

Selain melaporkan data finansial, Krafton juga membagikan roadmap deretan game yang akan mereka rilis ke depannya. Yang paling dekat adalah game mobileDefense Derby dan Road to Valor: Empires di babak pertama 2022. Selanjutnya, ada Project M yang dijadwalkan meluncur tahun ini dalam status early access. Lalu di babak kedua 2022, Krafton akan meluncurkan The Callisto Protocol, game survival horror yang mengambil setting dunia PUBG.

Lebih jauh lagi, Krafton sedang menyiapkan Project Biringam, open-world PvP shooter yang akan meluncur sebagai game early access di tahun 2023, serta hero collector RPG Project FF. Dua proyek terakhir Krafton adalah sebuah PvPvE looter shooter bernama Project Black Budget yang tengah digarap oleh tim PUBG Studios dan Project Windless.

Dalam laporannya, Krafton juga sempat menyinggung soal rencananya terkait tren Web 3.0 dan NFT. Belum lama ini, Krafton sempat mengumumkan kerja samanya dengan NAVER Z untuk mengembangkan platform NFT metaverse yang berfokus pada user-generated content.

Gambar header: Onur Binay via Unsplash.

Play video

27 June 2022

Ledger NFT Marketplace #shorts

Ledger umumkan markteplace NFT. Berita lengkap ...

Others from #HybridTV