14 February 2022

by Yabes Elia

Garena Ganti Format dan Jalur Esports Free Fire 2022 Spring

Menurut Garena, hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas atlet esports Indonesia.

14 Februari 2022, Garena resmi mengumumkan format dan jalur baru untuk turnamen esports Free Fire 2022 Spring. Perubahan ini juga akan berpengaruh pada penentuan tim yang akan mewakili Indonesia di turnamen internasional mereka, Free Fire World Series (FFWS) 2022 Sentosa.

Free Fire Master League Season V

FFML Season V akan kembali dibagi jadi 2 divisi, yaitu Divisi 1 (tim profesional) dan Divisi 2 (semi-profesional). Meski begitu, FFML Season V Divisi 1 akan diposisikan sebagai liga profesional tertinggi di Indonesia. Karenanya, juara FFML Season V Divisi 1 akan langsung mendapatkan Golden Ticket ke FFWS 2022 Sentosa (jalur Finals).

Selain jalur ke tingkat internasional, FFML Season V juga akan menggunakan sistem akumulasi poin pertandingan. Ditambah lagi, musim ini juga akan jadi kali pertama Revival System digunakan di panggung kompetitif. Revival System memungkinkan pemain yang sudah tereliminasi dapat dihidupkan kembali oleh rekan satu tim dengan Revival Point di area Revival yang terletak secara acak.

image credit: Garena

18 tim akan bertanding selama 4 minggu (18 Februari - 13 Maret 2022) untuk memperebutkan predikat tim Free Fire terbaik di Indonesia. Untuk daftar peserta dan jadwal lengkapnya, Anda bisa membacanya di sini.

Free Fire Indonesia Master 2022 Spring

Meski jalur Golden Ticket sekarang diberikan untuk juara FFML Season V, jalur menuju ke FFWS 2022 Sentosa juga masih ada dari FFIM 2022 Spring.

Namun demikian, turnamen inklusif FFIM 2022 Spring yang mengizinkan para pemain dari semua latar belakang (pendatang ataupun profesional) ini hanya akan memberikan Silver Ticket (jalur Play-Ins) ke FFWS 2022 Sentosa.

Dalam konferensi pers yang digelar langsung oleh Garena, Fresa Ansari, Free Fire Esports Manager, mengatakan, "Garena Free Fire terus berkomitmen untuk memberikan wadah kompetisi secara konsisten bagi gamers di seluruh Indonesia dari seluruh latar belakang. Dengan format baru ini, diharapkan dapat menciptakan ekosistem esports yang lebih kompetitif serta melahirkan atlet esports yang lebih berprestasi bagi Indonesia".

--

Untuk FFWS 2022 Sentosa, turnamen Free Fire paling bergengsi di dunia ini rencananya akan digelar di bulan Mei 2022 mendatang. Nantinya, akan ada 22 tim dari 13 wilayah yang akan turut bertarung di sini -- dengan pembagian 12 tim dari jalur Play-In dan 10 tim yang langsung menunggu di Finals. Untuk lebih lengkap tentang detail FFWS 2022 Sentosa, Anda bisa membacanya di artikel ini.