Dark
Light

Tips Transfer File Kilat di Perangkat Samsung dengan Quick Share

by
3 mins read
May 4, 2023
Tips Samsung Quick Share

Berbagi atau memindahkan file dari smartphone tentu menjadi skenario yang pernah dihadapi oleh hampir semua pengguna. Dan terkadang hal tersebut terasa rumit sekaligus menghabiskan banyak waktu bagi sebagian pengguna.

Untuk itulah, Samsung memberikan perhatian lebih agar proses berkirim dan berbagi file ini dapat terasa lebih mudah dan praktis. Samsung kini menghadirkan fitur Quick Share untuk para pengguna smartphone Samsung Galaxy yang ingin berbagi foto, video, dan berbagai file ke perangkat Galaxy, smartphone, atau PC lainnya.

Bukan sekadar fitur transfer file, Samsung juga membagikan beberapa tips untuk dapat memaksimalkan fitur Quick Share-nya tersebut.

Bagikan file asli tanpa penurunan kualitas

Image Credit: Samsung

Salah satu masalah yang hadir pada saat pemindahan file, terutama gambar atau video, adalah adanya proses kompresi yang otomatis dilakukan oleh aplikasi transfer file — apalagi ketika gambar yang dikirim berjumlah banyak.

Tapi tidak perlu khawatir, karena fitur Quick Share milik Samsung akan mempertahankan kualitas file yang dikirim, berapa pun jumlah dan ukuran file yang akan dikirimkan.

Bahkan berbagi dengan pengguna lain juga semakin mudah karena Quick Share dapat memanfaatkan koneksi Wi-Fi atau Bluetooth, serta dapat mengirim file hingga ke delapan orang sekaligus.

Membagikan file dengan cara mudah dan praktis

Image Credit: Samsung

Menjawab masalah yang banyak dikeluhkan oleh pengguna smartphone yang telah dibahas di awal artikel, Samsung juga membuat fitur Quick Share-nya mudah digunakan oleh siapa pun yang memakai perangkat Samsung.

Berikut cara menggunakan Quick Share dalam beberapa langkah mudah:

1. Pilih file yang akan dibagikan → klik Quick Share

  • Pilih gambar atau video di aplikasi Gallery atau file dalam folder, lalu klik ikon Share.
  • Setelah menekan ikon Quick Share pada jendela pop-up, perangkat Galaxy yang tersedia yang dapat menerima file akan muncul.

2. Pilih pengguna Galaxy untuk mentransfer file → Penerima akan mendapatkan file

  • Ketika perangkat Galaxy lainnya menyetujui transfer file, file akan segera dikirim.
  • File yang dibagikan ini dapat langsung ditemukan di folder Quick Share yang dibuat di aplikasi Gallery tanpa proses pengunduhan terpisah.

Berbagi dengan perangkat non-Galaxy tanpa masalah

Image Credit: Samsung

Bagi para pengguna smartphone non-Samsung Galaxy juga tidak perlu khawatir karena fitur Quick Share ini juga dapat terhubung dengan smartphone lain.

Ketika menggunakan Quick Share dengan pengguna non-Galaxy, cukup pilih file yang ingin dibagikan melalui Quick Share dan ambil salah satu opsi: Copy link, Share in an app, atau Share using QR code.

Jika pengguna memilih untuk berbagi file menggunakan kode QR, penerima file cukup menyalin atau memindai kode tersebut dan menerima file secara instan di ponsel atau perangkat mereka.

Jika Share in an app dipilih, tautan dapat langsung dikirim melalui chat, sehingga menjadi cara yang efektif untuk berbagi file ke beberapa orang sekaligus dalam group chat.

Pindahkan file ke tablet dan laptop dengan cepat

Image Credit: Samsung

Terkadang, ada beberapa momen yang membuat pengguna smartphone butuh untuk memindahkan file mereka ke laptop atau tablet Samsung. Untungnya, fitur Quick Share ini juga dapat melakukan hal tersebut dengan mudah.

Untuk mengirim file dari smartphone Galaxy Anda ke Galaxy Tab, pengguna hanya perlu mengaktifkan fitur Quick Share pada kedua perangkat sebelum memilih file dan penerima.

Selanjutnya, proses pengiriman dan penerimaan file tidak akan berbeda jauh dari proses yang dilakukan dari smartphone ke smartphone.

Berbagi file lebih aman dengan Private Share

Image Credit: Samsung

Peran smartphone yang kini juga bertindak untuk menangani hal-hal penting membuat banyak pengguna ekstra protektif terhadap file-file-nya. Untuk itulah Samsung juga menghadirkan fitur Samsung Private Share.

Berbeda dari Quick Share yang menggunakan koneksi Wi-Fi dan Bluetooth, Private Share mendukung enkripsi file dengan memanfaatkan blockchain sehingga file akan aman dari kebocoran data. Pengguna juga tetap dapat mengirim berbagai macam file melalui Private Share, termasuk gambar, video, audio, dan dokumen, dengan besar maksimal file 200MB.

Untuk memastikan keamanannya, Private Share akan menggunakan proteksi tambahan dengan meminta nomor telepon dan nomor identifikasi untuk smartphone yang akan menerima file.

Lalu untuk memastikan kerahasiaan, file ini tidak dapat diunduh, dan tangkapan layar tidak dapat diambil, sehingga mencegah file dibagikan dengan pihak yang tidak memiliki akses.

Penutup

https://www.youtube.com/watch?v=NYEAN0wmToY

Selain Quick Share dan Private Share, pengguna Galaxy juga dapat menggunakan metode berbagi file lainnya, seperti Dropship serta Nearby Share, yang memungkinkan pengguna untuk mengirim konten sesuai dengan keinginan mereka.

Mulai dari berbagi file penting di lingkungan bisnis hingga berbagi foto dan video dengan teman dan keluarga, fitur Quick Share dan Private Share Samsung Galaxy memungkinkan komunikasi yang semakin nyaman dan aman.

Tools AI untuk membuat CV
Previous Story

8 Tools AI Canggih untuk Membantu Membuat CV

Tips pemula Honkai Star Rail
Next Story

5 Tips Pemula dalam Bermain Honkai: Star Rail

Latest from Blog

Don't Miss

5 Keunggulan Samsung Galaxy Tab S10 Series Buktikan Performa Paling Optimal

Setelah sukses merilis smartphone flagship hingga smartphone lipatnya, Samsung baru

4 Alasan Samsung Galaxy S24 FE jadi yang Paling ‘Worth It’ di Kelasnya

Setelah antisipasi yang tinggi dari para fans, Samsung Electronics Indonesia