4 May 2023

by Daniel Hamiaz

5 Tips Pemula dalam Bermain Honkai: Star Rail

Dengan tips-tips ini, Anda dapat melewati setiap tantangan dalam Honkai: Star Rail dengan lebih mudah

Honkai: Star Rail yang dirilis pada April 2023 lalu berhasil menarik jutaan pemain dari seluruh dunia. Meski mengangkat genre turn-based RPG yang sudah mulai jarang ditemukan di game-game saat ini, rupanya HoYoverse berhasil meracik sebuah game yang menarik pada genre niche tersebut.

Jika Anda pemain Genshin Impact, bermain Honkai Star Rail mungkin masih memiliki feel yang sama berkat berbagai kemiripan, mulai dari artstyle, animasi, sistem gacha, item, hingga user interface dengan beberapa perubahan istilah saja. Namun, bagi Anda yang baru pertama kali bermain game HoYoverse, mungkin ada banyak hal baru yang akan ditemui sembari bermain game bertemakan perjalanan luar angkasa ini.

Untuk membantu memahaminya, berikut 5 tips bagi pemula dalam bermain Honkai: Star Rail:

1. Ketahui role setiap karakter

Seperti game RPG lainnya, setiap karakter di Honkai: Star Rail memiliki kemampuan unik mereka masing-masing. Di dalam game ini, peran atau role dari sebuah karakter sudah ditentukan dan ditegaskan dari awal dengan nama Path. Terdapat 7 jenis Path yang memiliki fungsi berbeda, yaitu:

  1. The Destruction (tank)
  2. The Hunt (DPS single-target)
  3. The Erudition (DPS AoE)
  4. The Harmony (buffer)
  5. The Nihility (debuffer)
  6. The Preservation (shielder)
  7. The Abundance (healer)

Masing-masing role memiliki tugas yang penting dan memiliki nilai yang sama-sama berharga dalam kondisi mereka masing-masing.

2. Bentuk tim yang seimbang

Dengan mengetahui ketujuh role di atas, Anda bisa membentuk tim yang ideal dengan kombinasi karakter yang seimbang. Meski ada banyak jenis komposisi tim, pada dasarnya lebih disarankan untuk memiliki satu karakter dari masing-masing Path, setidaknya hingga Anda lebih memahami cara bertarung di Honkai: Star Rail.

Selain role, komposisi tim juga harus melihat elemen dari setiap karakter. Elemen di game ini berfungsi untuk memecahkan pertahanan musuh dengan menggunakan elemen yang sama. Contohnya, memecahkan pertahanan api dengan elemen api, atau listrik dengan elemen listrik.

Pastikan setidaknya ada 3 jenis elemen berbeda agar Anda tidak kesulitan memecahkan pertahanan musuh.

3. Gunakan Trailblazer Power semaksimal mungkin

Trailblazer Power merupakan resource terbatas yang diberikan kepada pemain. Setiap pemain dapat menyimpan hingga 180 Trailblazer Power dan setiap 1 Trailblazer Power akan bertambah setiap 6 detik sekali.

Trailblazer Power sangat berguna untuk mendapatkan item-item yang akan memperkuat karakter, misalnya seperti material ascension, Trace, Light Cone EXP, Relic, EXP karakter, hingga Credit. Pastikan untuk terus menggunakannya dan jangan biarkan Trailblazer Power Anda menyentuh angka 180/180!

4. Jangan tergesa-gesa habiskan Fuel

Fuel merupakan item yang bisa menambah 60 Trailblazer Power ketika dipakai. Item ini akan pemain dapatkan dari berbagai sumber saat bermain. Untuk item yang satu ini, disarankan untuk tidak menghabiskannya di awal permainan.

Pasalnya, Fuel akan lebih berguna saat pemain sudah menyentuh Equilibrium yang tinggi, karena hadiah yang diberikan juga akan meningkat pula. Karena membutuhkan biaya yang sama untuk mengeklaimnya, maka akan lebih baik Fuel disimpan hingga Anda bisa mendapatkan resource dengan kualitas yang lebih baik.

5. Dapatkan karakter B5 secepat mungkin

Dalam Honkai: Star Rail, pemain akan diberikan banyak sekali resource untuk melakukan gacha di awal game. Apalagi dengan sistem banner pemula yang menjamin pemain untuk mendapatkan satu dari tujuh karakter B5 dalam 50x gacha, pemain bisa mendapatkannya dalam beberapa hari saja dengan waktu bermain yang normal. Semakin cepat mendapatkan karakter B5 di banner ini, maka akan semakin baik.

Mengapa demikian? Alasannya adalah Anda akan lebih leluasa membangun tim Anda. Semisal Anda mendapatkan Bailu yang merupakan healer, maka Anda bisa melepaskan Natasha sebagai karakter healer gratis dan meningkatkan karakter DPS Anda dengan lebih leluasa. Sebaliknya, jika Anda mendapatkan DPS seperti Yangqing, Anda bisa melepas Dan Heng dengan role yang sama, dan seterusnya.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan tim yang lebih jelas, dan dengan kekuatan yang lebih baik.

Itulah tadi 5 tips penting bagi Anda yang baru bermain atau mungkin tertarik mencoba bermain Honkai: Star Rail. Cek juga tier list karakter Honkai: Star Rail ala Hybrid di sini.