Samsung Pamerkan Jajaran Smart TV Baru pada Acara Unbox and Discover 2023

Selain menyuguhkan berbagai jajaran produk Neo QLED 8K dan Samsung OLED, Samsung juga berkomitmen untuk menerapkan praktik ramah lingkungan untuk setiap tahap siklus hidup produk

Melalui acara Unbox & Discover 2023 yang ditayangkan secara virtual, Samsung Electronics memamerkan berbagai produk hiburan rumahnya untuk tahun 2023, yang melingkupi lini smart TV Neo QLED 8K, Samsung OLED, dan perangkat audio.

Acara dibawakan oleh Jong-Hee Han, sebagai Vice Chairman, CEO & Head of DX (Device eXperience) Samsung Electronics. Ia menyampaikan bahwa teknologi harus bisa memberdayakan dan mendukung kehidupan manusia. Tujuan inilah yang mendorong Samsung untuk menciptakan sebuah ekosistem smart home yang bernama SmartThings, untuk menjamin kenyamanan penggunanya ketika sedang berada di dalam rumah.

Terdapat 5 konsep yang menjadi fondasi teknologi SmartThings milik Samsung, yakni:

  • Instant Connection: SmartThings memungkinkan pengguna menghubungkan berbagai perangkat mereka dengan satu langkah,
  • Automated Connection: SmartThings secara otomatis menghubungkan perangkat seperti TV atau smartphone, dengan perangkat Samsung lain seperti AC, dryer, kulkas, dan mesin cuci, sehingga meminimalkan penghubungan secara manual.
  • Hub Everywhere: Internet of Things (IoT) hub telah ditanamkan ke dalam berbagai produk Samsung, sehingga sudah tercipta sebuah ekosistem IoT yang baik antar perangkat.
  • Kompatibilitas yang luas: SmartThings mencakup lebih dari sekadar ekosistem Samsung, memungkinkan perangkat dari brand apapun untuk bekerja bersama  berkat Home Connectivity Alliance dan standar komunikasi IoT internasional, MATTER.
  • Keamanan: Dengan sertifikasi CC EAL 6+, Samsung Knox Vault mengenkripsi semua informasi yang ada di perangkat terhubung, guna menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna.

Dengan menerapkan kelima fondasi tersebut, Samsung menjamin pengguna untuk bisa membangun jaringan antar perangkat, demi membuat rumah mereka semakin pintar serta memudahkan aktivitas mereka.

Fitur-fitur Inovatif dan Ramah Lingkungan

Samsung berkomitmen untuk melakukan praktik-praktik ramah lingkungan tanpa mengurangi rasa kenyamanan penggunanya.

Setiap tahap siklus hidup sebuah produk, mulai dari pengumpulan bahan hingga produksi, distribusi, penggunaan, dan daur ulang, Samsung memprioritaskan keberlanjutan dengan memanfaatkan berbagai teknologi yang berkontribusi dalam menjaga bumi yang lebih sehat untuk generasi selanjutnya.

Untuk mewujudkan hal ini, Samsung memiliki tiga pendekatan inovatif, yakni:

  • Pemanfaatan bahan daur ulang, menggunakan material yang lebih sedikit, dan melakukan upcycling pada produk dan kemasan.
  • AI Energy Mode: efisiensi pemakaian konsumsi daya tanpa mengurangi kenyamanan pemutaran konten serta fitur pemantauan konsumsi daya dan pola penggunaan oleh pengguna.
  • Solar Cell Remote: Remot generasi ketiga yang dipakai menggunakan lebih sedikit material dan dengan desain yang lebih ringkas. Remot ini juga bebas lisensi, yang artinya produsen mana pun bisa bergabung dengan Samsung, sebagai upaya untuk menekan penggunaan material.

Relumino Mode

Relumino Mode dirancang untuk membantu orang yang memiliki gangguan penglihatan untuk menonton konten dengan lebih mudah. Inovasi dari Samsung ini telah mendapatkan penghargaan 2023 CES Innovation Award.

Mode ini tersedia untuk model TV QN80C, QN90C, QN800C, QN900C dan hanya berfungsi pada tayangan yang bersumber dari DTV dan HDMI.

Variasi Layar Premium: Neo QLED 8K dan Samsung OLED

Samsung memperkenalkan Samsung Neo QLED 8K, sebuah model yang paling menonjol di dalam kategori TV premium, yang sudah dilengkapi berbagai fitur canggih dan inovatif seperti Auto HDR Remastering dan 8K AI Upscaling.

Dengan kualitas gambar yang seolah nyata hingga audio dengan Dolby Atmos dan Q-Symphony 3.0 yang immersive, Samsung telah mematok sebuah standar yang tinggi dengan Neo QLED 8K. Mereka juga terus berusaha untuk memperluas ekosistem 8K melalui jalinan kerja sama ke berbagai pihak, termasuk 8K Association.

Tak hanya itu, Samsung juga secara khusus menyoroti lini produk Samsung OLED, yang menawarkan akurasi warna tanpa cela melalui pemetaan warna persepsional menggunakan Neural Quantum Processor 4K, menjadikannya sebagai HDR OLED yang divalidasi Pantone pertama di dunia.

Produk Samsung OLED mampu menampilkan warna hitam yang sebenarnya dan gambar yang sangat alami dengan kontras dan ekspresi warna yang sempurna. Model S95C menyajikan desain Infinity One khas Samsung dan desain LaserSlim pada model S90C menambahkan sentuhan metal finish yang elegan.

Fokus pada Gaming

Selain untuk menonton, Samsung juga menjanjikan dukungan penuh untuk aktivitas bermain game. Apalagi dengan layar premium dari Neo QLED 8K, OLED, dan sebagainya, pengguna akan mendapatkan pengalaman bermain game ke tingkat yang benar-benar baru. Smart TV ini sudah mendukung resolusi 8K berkecepatan tinggi, dengan ukuran layar hingga 98 inci.

Selain itu, ada juga fitur-fitur penunjang gaming, seperti Game Bar sebagai wadah untuk menempatkan controller game (khusus konsol dan PC), bersama dengan Mini Map Zoom dan Virtual Aim Point, yang membantu pemain untuk mencapai kemenangan di game yang lebih kompetitif.

Bagi pelanggan di Indonesia yang berminat dengan jajaran Neo QLED dan Samsung OLED, bisa mengunjungi situs web resmi Samsung hingga 11 April 2023. Setiap pelanggan yang mendaftarkan diri sebelum periode tersebut, akan berkesempatan untuk mendapatkan voucer potongan harga senilai Rp1.500.000, yang dapat digunakan saat periode pemesanan Samsung TV 2023 dibuka.