28 May 2022

by Daniel Hamiaz

25 Tips dan Panduan Pemula untuk Bermain Genshin Impact

Jika Anda tertarik bermain Genshin Impact secara maksimal, Anda bisa ikuti tips-tips berikut untuk menambah pengalaman bermain Anda..

Buat yang masih belajar atau sudah lama main, inilah segudang tips pemula Genshin Impact yang mungkin Anda belum tahu.

Genshin Impact merupakan game Open World yang sangat populer, dengan gameplay menarik dan visualnya yang memukau. Game ini bahkan sempat menjadi game mobile terbaik pada tahun 2021 yang lalu. Game bergaya Anime ini bisa dimainkan di berbagai platform, yaitu di mobile, PlayStation, dan PC.

Ada beberapa tips bagi Anda yang akan memulai petualangan di Genshin Impact atau mungkin belum lama bermain:

Tips Pemula Genshin Impact

1. Fokus Adventure Rank

Tips pertama yang ada di daftar ini adalah tingkatkan Adventure Rank atau AR secepat mungkin. AR bisa didapatkan dari banyak hal, namun yang memberikan AR paling banyak adalah dengan menyelesaikan cerita utama atau Archon Quest.

Semakin tinggi Adventure Rank, maka semakin banyak fitur yang terbuka. Berikut ini daftar fitur penting yang terbuka beserta AR yang dibutuhkan:

AR 07: Sistem Wish (gacha). AR 12: Daily Commision (Quest Harian). AR 16: Mode Co-op. AR 20: Battle Pass dan Spiral Abyss. AR 25: Sistem Reputation. AR 35: Serenitea Pot (Misi akan tersedia untuk membuka fitur ini).

Selain Archon Quest, usahakan untuk mengerjakan Daily Commision juga, karena memberikan Adventure Rank yang lumayan per harinya. Selain itu, Quest harian tersebut juga akan memberikan Primogem yang berguna untuk keperluan gacha.

2. Buka Waypoints Sebanyak-banyaknya

Di awal permainan, Anda akan menemukan Statue of the Seven, yang berfungsi untuk membuka peta, memberikan heal, dan tempat teleportasi. Teleportasi tentu akan membantu menghemat waktu saat berkeliling.

Teleportasi atau fast travel ini bisa dilakukan di 3 jenis titik, yaitu Teleport Waypoints, Statue of the Seven, dan Domain, yang tersebar di seluruh peta. Untuk bisa berteleportasi ke depan Domain, Anda tidak perlu menyelesaikan Domain tersebut. Cukup membukanya saja, Domain sudah bisa dibuat sebagai tempat teleportasi.

3. Lengkapi Anemoculus dan Geoculus

&list=PL0ujlM1KolvE1Ma6MWyFpD7tsJyjVM7OB

Stamina merupakan hal yang penting di Genshin Impact. Berlari, memanjat, berenang, dan terbang, semua aktivitas tersebut membutuhkan stamina. Di awal permainan, pemain akan dibekali dengan bar stamina yang pendek. Cara menambah stamina tersebut adalah dengan meningkatkan level Statue of the Seven, dengan mempersembahkan Anemoculus dan Geoculus.

Anemoculus tersebar di seluruh Mondstadt dan Geoculus di seluruh Liyue. Jumlah Oculi ini tidaklah sedikit sehingga membutuhkan waktu dan kesabaran untuk mengambil semuanya. Anda bisa memanfaatkan peta interaktif atau Anda bisa melihat panduan di YouTube untuk mempermudah pencarian.

4. Manfaatkan Fitur Memasak

Genshin Impact memiliki fitur memasak, yang dapat menghasilkan berbagai buff maupun heal. Manfaatkan fitur ini untuk mempermudah eksplorasi maupun pertarungan. Fitur ini lebih berguna bagi para pemain baru dibandingkan pemain lama yang sudah terbiasa dengan gameplay Genshin Impact.

Buff yang diberikan cukup beragam, sehingga Anda harus menyimak, buff mana yang Anda butuhkan. Untuk mendapatkan jenis makanan tertentu, pemain perlu mendapatkan resep makanan tersebut. Resep bisa dibeli di toko, namun ada juga resep makanan yang menjadi hadiah Quest.

5. Gunakan Fitur Ekspedisi Sesering Mungkin

Ekspedisi akan memberikan pemain Resource tambahan dalam jangka waktu tertentu. Sebelum Anda memulai bermain, sebaiknya Anda pasang terlebih dahulu karakter yang akan dipakai ekspedisi. Sejumlah karakter memiliki kemampuan unik mengenai ekspedisi, sehingga Anda bisa memakai mereka, agar lebih efisien.

Walaupun dengan istilah "memasang karakter" di fitur ekspedisi, namun karakter yang sedang ditugaskan tersebut masih bisa dipakai di tim. Untuk ekspedisi mana yang diambil, sebaiknya Anda mengambil ekspedisi yang berhadiah Mora dan Crystal Chunk.

6. Habiskan Resin

Resin merupakan sebuah sistem Stamina (seperti yang terdapat di game-game gacha lain) yang digunakan untuk mengklaim berbagai material, seperti Ley Lines, Domain, Boss, hingga Weekly Boss. Resin sangat penting untuk kemajuan akun pemain, karena material yang didapatkan akan secara langsung meningkatkan kekuatan karakter.

Resin memiliki waktu regenerasi yang cukup lambat, yaitu 1 Resin/8 menit. Maksimal Resin yang bisa dimiliki pemain adalah 160 Resin. Jika menyentuh angka tersebut, maka Resin akan berhenti bertambah, sehingga pemain akan menyia-nyiakan progress setiap menitnya.

Untuk awal permainan, fokuskan Resin untuk mengumpulkan material ascend karakter dan senjata. Setelah itu, jika ada Resin yang tersisa, bisa digunakan untuk buku talenta atau Mora. Jangan gunakan Resin untuk Artifact sebelum AR45! 

7. Simpan Fragile Resin Sampai AR 45

Fragile Resin merupakan sebuah item yang berfungsi untuk memulihkan Resin. Setiap 1 Fragile Resin akan memulihkan 60 Resin. Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, simpanlah Fragile Resin sampai Adventure Rank 45, karena value yang diberikan terletak pada saat tersebut.

Cara terbaik dan paling optimal untuk menggunakan Fragile Resin adalah untuk Farming Artifact. Alasan mengapa tidak disarankan untuk farming Artifact sebelum AR 45, karena pada AR 45, pemain akan mendapatkan setidaknya satu Artifact B5 setiap kali mengklaim hadiah Domain. Domain Artifact yang paling bagus untuk pemula adalah Domain Artifact Emblem of Severed Fate dan Shimenawa Reminiscence di Inazuma.

8. Habiskan 3 Weekly Boss

Seperti namanya, Weekly Boss hanya bisa diklaim sekali setiap minggu. Sampai versi 2.7, terdapat enam Weekly Boss. Tiga di antaranya, yaitu Stormterror, Andrius, dan Childe, akan pemain temukan relatif cepat di awal game.

Tiga Boss pertama yang pemain klaim per minggunya memiliki potongan resin sebanyak 50%. Jadi, pemain hanya perlu menyisihkan 30 Resin untuk setiap Weekly Boss-nya. Material yang didapatkan dari Boss ini beragam. Untuk awal game, pemain bisa mendapatkan batuan Elemental sebagai material Ascend karakter.

Selain itu, ada juga Weapon Billet yang hanya bisa didapatkan dari Boss jenis ini. Item ini berfungsi sebagai bahan menempa sebuah senjata di blacksmith. Jenis Billet didapatkan secara acak dan sayangnya drop rate barang ini sangatlah kecil, menjadikannya salah satu barang langka di Genshin Impact.

9. Jalankan Misi Battle Pass

Sistem Battlepass juga diterapkan untuk game Genshin Impact. Battle Pass atau BP, memiliki versi gratis dan berbayar. Perbedaan antara keduanya adalah untuk versi berbayarnya, pemain bisa mendapatkan resource yang lebih banyak, serta berkesempatan untuk mendapatkan satu dari lima senjata BP.

Pemain akan mendapatkan resource setiap kali level BP ditingkatkan (maks 50). Untuk menaikkan level, pemain perlu mengerjakan misi Battle Pass, mulai dari misi harian, mingguan, hingga misi dari Event. Setiap iterasi Battle Pass, pemain bisa mendapatkan bonus hadiah `1 Acquaint Fate atau 1 Fragile Resin setiap level kelipatan 5.

Fitur Battle Pass akan terbuka pada AR 20.

10. Manfaatkan Co-Op

Tak ada yang lebih seru dari bermain game bersama teman. Genshin Impact memiliki fitur Co-Op yang bisa digunakan hingga 4 orang. Jika Anda membutuhkan bantuan, Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk meminta bantuan ke teman Anda.

Untuk penjelasan lebih lanjut, Anda bisa cek di sini.

11. Jangan tahan World Level

Tingkat kesulitan di Genshin Impact ditentukan dari World Level dari masing-masing pemain. World Level akan meningkat beriringan dengan AR pemain. Jika AR pemain menyentuh kelipatan 5 (dimulai dari AR 20) maka World Level pemain akan naik. Kenaikkan World Level ini ada yang memerlukan misi kenaikkan, namun ada juga yang dinaikkan otomatis dari sistem.

Banyak pemain, khususnya pemain baru, yang menunda kenaikkan World Level, dengan berbagai alasan. Memang benar bahwa damage dari musuh dan jumlah HP-nya akan meningkat, namun begitu pula dengan hadiah dan material dari musuh.

Walaupun World Level mempengaruhi stat musuh, namun hal ini tidak merubah pola serangan musuh. Seumpama Anda merasa kesulitan saat World Level Anda naik, Anda bisa menurunkan sementara World Level Anda selama sehari.

12. Tingkatkan Reputation

Saat pemain menyentuh AR 25, pemain akan membuka sistem Reputasi. Sistem ini akan memberikan hadiah, setiap pemain berhasil melakukan hal yang diminta. Setiap Region memiliki Reputation-nya masing-masing, dengan hadiah yang terpisah.

Cara meningkatkan level Reputation adalah dengan menyelesaikan World Quest, mendapatkan progress di region tersebut, Bounty, dan Request. Usahakan untuk mengambil Bounty dan Request setiap minggunya, untuk mendapatkan sejumlah Gadget penting yang terkunci di balik sistem Reputation. Berikut ini daftar Gadget penting yang sebaiknya dimiliki pemain di awal permainan:

  1. Level 3 Reputation Liyue: Condensed Resin.
  2. Level 5 Reputation Mondstadt: NRE (Menu 30).
  3. Anemo, Geo, dan Electro Treasure Compass di masing-masing Region.

13. Pelajari mekanik "Dodge"

Dodge atau I-Frame (Invincibility Frames) merupakan sebuah teknik menghindari damage yang ada di Genshin Impact. Kemampuan ini dimiliki oleh semua karakter. Pemain hanya cukup melakukan "Dash" dengan tombol Sprint (di PC menggunakan klik kanan atau Shift). Anehnya, mekanik sekuat ini, tidak pernah disinggung saat Tutorial di awal game.

Walau terdengar mudah dan sederhana, namun penguasaan Dodge membutuhkan latihan. Menghafal pola serangan musuh juga bisa meningkatkan kemampuan Dodge. Perlu diingat bahwa ada serangan tertentu yang tidak bisa dihindari. Selain Sprint, pemain bisa menghindari serangan dengan mengaktifkan Elemental Burst.

14. Urus Serenitea Pot untuk Dapatkan Resource

Genshin Impact menyediakan pula housing system yang disebut dengan Serenitea Pot. Fitur ini terbuka saat pemain menyelesaikan Quest, yang didapatkan pada AR 35.

Setelah Quest tersebut, pemain bisa mendesain Teapot sesuka hati mereka, serta menempatkan karakter ke dalamnya. Tingkatkan Trust Rank setinggi mungkin, dengan membuat dan menempatkan Furnishing sebanyak-banyaknya. Ada banyak Primogem yang bisa Anda peroleh di fitur ini, yang bermanfaat untuk keperluan Gacha Anda.

Saat pemain menyentuh Trust Rank 6, maka Transient Resin akan terbuka di Supply Depot. Item ini memiliki fungsi mirip dengan Fragile Resin yang akan memulihkan 60 Resin saat digunakan. Hanya saja item ini memiliki waktu kadaluarsa, sehingga pemain tidak bisa menimbunnya. Pemain diberi jatah sekali seminggu untuk membeli benda-benda di Supply Depot.

15. Manfaatkan Pin di Map

Saat bermain, Anda akan menemui banyak teka-teki atau tempat-tempat yang aneh. Jika Anda kesulitan atau ingin mengunjungi tempat tersebut kembali di lain waktu, Anda bisa memanfaatkan fitur Pin yang ada di peta.

Anda cukup pilih lokasi tersebut di peta, dan beri nama serta simbol yang diinginkan jika perlu. Genshin Impact menyediakan 150 pin, sehingga Anda bisa pakai sesuka hati Anda.

16. Tingkatkan Level Senjata

Seiring menaikkan level karakter, biasanya level senjata dan Artifact sering diabaikan. Bahkan ada juga pemain yang sudah lama bermain Genshin Impact, namun tidak meningkatkan level senjata sampai level maksimal. Hal ini akan menurunkan potensi damage sebuah karakter, apalagi karakter tersebut merupakan karakter DPS.

Level senjata sangatlah penting, karena base attack dari senjata merupakan faktor yang penting dalam damage formula di Genshin Impact. Jika base attack karakter rendah, maka Damage Bonus maupun Multiplier yang lain tidak akan menghasilkan damage optimal.

17. Jangan upgrade semua karakter sekaligus

Di awal game, pemain akan mendapatkan banyak sekali karakter. dari karakter gratis sampai karakter hasil Gacha. Saat dihadapkan dengan sederet karakter tersebut, pemain cenderung penasaran akan kemampuan dari karakter yang mereka miliki.

Hal yang wajib diketahui pemain Genshin Impact mengenai investasi karakter adalah jangan meningkatkan banyak karakter sekaligus. Untuk di awal, Anda bisa memilih 4 karakter terlebih dahulu.

Mengapa demikian? Alasannya cukup sederhana, yaitu resource yang dibutuhkan akan terlalu banyak. Resource yang dibutuhkan di awal game memang terkesan sedikit, namun saat menyentuh AR tinggi, pemain pasti merasakan minimnya resource, apabila terlalu menghambur-hamburkannya di awal game.

Ada baiknya terlebih dahulu Anda cari tahu karakter mana yang ingin Anda mainkan, beserta komposisi timnya, karena tidak semua karakter cocok dipasangkan dengan karakter lainnya. Jika Anda bingung karakter mana saja yang bagus, Anda bisa cek daftar karakter B4 Genshin Impact terkuat versi Hybrid.

18. Penjelasan Currency yang Membagongkan

Seperti game lain, Genshin Impact memiliki Currency in-game yang bermacam-macam. Berikut ini penjelasan singkat mengenai berbagai Currency yang ada serta penggunaannya.

  1. Mora: digunakan sebagai alat tukar di dalam permainan saja.

  2. Primogem: Currency yang dapat dikonversikan menjadi banyak hal, biasanya digunakan untuk keperluan gacha.

  3. Acquaint Fate dan Intertwined Fate: Currency yang digunakan hanya untuk gacha. Acquaint Fate untuk Standard dan Novice Banner, sedangkan Intertwined Fate untuk Limited Banner.

  4. Genesis Crystal: Currency Premium yang didapatkan dari Top-up. Biasanya dikonversikan menjadi Primogem. Terdapat juga item yang membutuhkan Crystal untuk didapatkan.

  5. Masterless Stargliiter dan Masterless Stardust: Keduanya merupakan Currency yang didapatkan setelah pemain melakukan gacha. Keduanya memiliki toko yang terpisah. Umumnya, Starglitter lebih berharga dibandingkan dengan Stardust.

Tips Penting Konversi Currency:

  1. Jangan mengkonversikan Primogem menjadi Fate secara manual.  Satu Fate, baik Acquaint maupun Intertwined, memiliki harga 160 Primogem, dan untuk 10 kali Gacha membutuhkan 1600 Primogem.

Sistem di game akan mengkonversikan Primogem secara otomatis apabila Anda tidak memiliki Fate yang cukup. Hal ini mencegah kesalahan konversi jenis Fate yang dilakukan pemain. Sudah banyak pemain, bahkan pemain lama sekalipun, yang tidak sengaja mengkonversikan Primogem mereka, menjadi Fate yang tidak sesuai dengan Fate yang mereka inginkan.

  1. Jangan mengkonversikan Primogem untuk mengisi Resin. Di akhir game, Primogem tidak banyak didapatkan, apalagi tanpa mengeluarkan uang.

Jika Anda penasaran dengan harga setiap Karakter dan Senjata B5 secara uang nyata, Anda bisa cek penjabarannya di sini.

19. Dapatkan Xiangling Secara Gratis

Selain Traveler, Amber, Kaeya, Lisa, Noelle, dan Barbara, pemain juga bisa mendapatkan satu karakter lagi secara gratis. Karakter tersebut adalah Xiangling. Pemain cukup menyelesaikan Spiral Abyss di lantai 3.

Walaupun Spiral Abyss merupakan tantangan tersulit di Genshin Impact, namun lantai 3 masih memiliki tingkat kesulitan yang rendah. Meski gratis, Xiangling merupakan salah satu karakter terkuat yang ada di Genshin Impact.

20. Pahami sistem pertarungan di Genshin Impact

Ada alasan mengapa Genshin Impact memiliki 4 karakter di dalam satu tim. Cara memainkan Genshin Impact yang tepat adalah dengan memanfaatkan reaksi elemen.

Ada bermacam-macam reaksi yang dapat tercipta dengan mencampur elemen. Walaupun tidak berlaku secara absolut, namun setiap elemen biasanya memiliki ciri khasnya masing-masing. Semisal elemen Pyro yang biasanya memiliki reaksi elemen dengan damage yang tinggi, Anemo & Hydro dengan utility, Electro dengan damage instance yang banyak, dlsb.

Secara sekilas, reaksi elemen sangat mudah dipahami, namun pada prakteknya membutuhkan sedikit pendalaman. Jika Anda tidak terlalu suka dengan reaksi elemen, Anda juga masih bisa bermain dengan tim tanpa reaksi, seperti tim Geo dan Physical.

21. Jangan skip event

Setiap versinya, Genshin Impact selalu mengadakan berbagai macam event yang menarik. Bahkan terkadang event yang diadakan tidak selalu menyuruh pemain untuk bertarung. Selain aktivitasnya yang menarik dan menghibur, Genshin Impact biasanya juga memberikan satu karakter gratis atau senjata eksklusif, yang tidak bisa didapatkan kembali.

Biasanya pemain baru cenderung malas mengerjakan Event, karena memang di awal game, mereka akan diserbu oleh banyak sekali misi, eksplorasi, dan kegiatan in-game lainnya. Sebisa mungkin, kerjakan Event yang sedang berlangsung, karena Event adalah ladang Primogem dan Resource bagi pemain.

Untungnya, Event di Genshin Impact kebanyakan bersifat time-gated, atau dicicil pada periode tertentu, serta memiliki durasi yang cukup panjang, sehingga pemain bisa menentukan, apakah ingin menyelesaikannya satu per satu atau semua sekaligus di akhir periode.

22. Hindari memakai Primogem untuk Wish/Gacha di Banner Standard

Primogem merupakan Currency terpenting di Genshin Impact. Primogem bisa didapatkan melalui eksplorasi, Event, dan melalui Top-Up. Currency pemersatu komunitas Genshin Impact ini biasanya digunakan untuk keperluan gacha karakter. Secara umum, Banner memiliki tiga jenis, yaitu Banner Limited, Banner Senjata, dan Banner Standard.

Untuk pemakaian Primogem, disarankan untuk tidak menggunakannya di Banner Standard. Hal ini dikarenakan hasil gacha yang didapatkan pemain sangatlah acak. Lain halnya dengan Banner Limited, yang menjamin pemain sejumlah karakter yang ada di gambar banner.

Apalagi hampir semua karakter dan senjata yang ada di Banner Standar, bisa didapatkan di Banner Limited dan Banner Senjata, sehingga tidak ada alasan untuk menghabiskan Currency premium  ini ke banner Standard.

23. Jangan Gacha di Weapon Banner

Senjata hanya berfungsi dengan baik jika digunakan oleh karakter yang tepat. Pemain baru di awal game, tentunya memiliki jumlah karakter yang terbatas, sehingga tidak disarankan untuk meng-gacha pada banner senjata. Di Genshin Impact, senjata B5 belum tentu lebih baik dibandingkan dengan senjata B4.

Apalagi, senjata hanya menambah damage saja, sedangkan karakter akan menambah variasi gameplay dan tim. Anda bisa meng-gacha Banner senjata, jika Anda rasa karakter yang Anda miliki sudah cukup, atau ingin meningkatkan investasi dari karakter yang Anda sukai.

24. Manfaatkan Sistem Pity saat Gacha

Sistem Pity sudah biasa diimplementasikan di game gacha. Sistem ini menjamin pemain untuk mendapatkan karakter yang dijanjikan, setelah melakukan gacha ke sekian kalinya. Anda bisa cek video di atas untuk penjelasan mendetailnya.

25. Jangan asal Refine Senjata B4 dan B5

Refinement merupakan proses memperkuat efek pasif senjata, dengan memberi makan senjata yang sama atau duplikat. Perlu diingat bahwa Refinement tidak meningkatkan stat senjata, melainkan hanya efek pasifnya saja.

Walaupun tips sebelumnya tidak menyarankan untuk gacha di Banner senjata, namun bukan berarti pemain baru tidak bisa mendapatkan senjata baru. Banner karakter dan Banner Standard terkadang akan memberikan senjata B4 acak pada satu titik.

Sejumlah senjata memiliki fungsi yang sangat bagus, sehingga ada kemungkinan Anda membutuhkan senjata yang sama, dengan jumlah banyak. Salah satu contoh senjata tersebut adalah Favonius Lance.

Penutup

Pada akhirnya, Anda lah yang menentukan bagaimana menikmati game Open-World ini. Artikel ini berfungsi untuk menyajikan saran dan menunjukkan kesalahan yang umum dilakukan oleh pemain pemula. Jadi jika Anda memutuskan untuk bermain Genshin Impact dalam jangka panjang, Anda tidak akan menyesali apa yang Anda telah lakukan di awal game.