Dark
Light

Tips Optimalkan Masa Pakai dan Umur Baterai Samsung Galaxy A34 5G

2 mins read
October 23, 2023
Tips-Optimalkan-Masa-Pakai-dan-Umur-Baterai-Samsung-Galaxy-A34-5G

Inovasi teknologi pada smartphone seolah tak terbendung, hampir setiap tahun sebagian besar pengguna smartphone mungkin terbuai dengan berbagai daya tarik dan fitur-fitur canggihnya. Namun ada sekelompok pengguna yang memiliki pandangan unik, mereka melihat smartphone sebagai investasi jangka panjang yang akan setia menemani selama bertahun-tahun.

Bagi mereka, spesifikasi tinggi bukanlah prioritas utama. Performa yang lancar, baterai awet, layar cemerlang, dan hasil kamera bagus, itu sudah lebih dari cukup. Salah satu smartphone kelas menengah yang tepat dengan gambaran tersebut adalah Samsung Galaxy A34 5G yang menawarkan fitur komplet dengan harga cukup terjangkau.

Bicara pengalaman jangka panjang, maka salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan adalah kesehatan baterai smartphone. Di bawah ini beberapa tips yang akan membantu menghemat baterai dan merawat kesehatan baterai agar smartphone tetap andal dan tahan lama.

Tips Hemat Baterai dan Menjaga Kesehatan Baterai

Tips-Hemat-Baterai-dan-Menjaga-Kesehatan-Baterai

Seiring dengan peningkatan fitur dan performa, sayangnya teknologi baterai saat ini tidak benar-benar mampu mengimbangi bertambahnya waktu penggunaan smartphone. Padahal rata-rata smartphone saat ini sudah mengusung kapasitas baterai besar, seperti Galaxy A34 5G dengan 5.000 mAh.

Untuk penggunaan sedang, maka sangat mungkin untuk bertahan seharian melewati jam kerja para penggunanya. Namun untuk pemakaian yang intensif, ditambah menangani tugas atau aplikasi berat, pasti Anda perlu melakukan pengisian daya lebih dari satu kali sehari.

Solusi yang ada sekarang adalah fitur fast charging, yang dapat mempersingkat waktu pengisian daya. Galaxy A34 5G juga mendukung fitur Adaptive Fast Charging hingga 25W, tetapi adapternya dijual secara terpisah. Bukan yang tercepat, tetapi tetap sudah sangat membantu.

Mari masuk ke tipsnya, mulai dari mengurangi kecerahan layar. Ini adalah salah satu cara paling efektif untuk menghemat baterai. Saat bekerja di rumah atau di kantor dan di dalam ruangan, kita dapat mengatur kecerahan layar secara manual lebih rendah.

Jika smartphone sudah memakai panel Super AMOLED seperti Galaxy A34 5G, mengaktifkan mode gelap dan wallpaper berwarna hitam juga dapat membantu menghemat konsumsi daya. Itu adalah keunggulan layar AMOLED, yang menggunakan pencahayaan piksel individu.

Selanjutnya kelola aplikasi yang terpasang di smartphone, dengan cara menonaktifkan atau menghapusnya. Buka pengaturan perawatan perangkat dan baterai, kita bisa mengecek konsumsi daya pada aplikasi yang digunakan. Sebetulnya, One UI 5.1 berbasis Android 13 di Galaxy A34 5G dapat mengoptimalkan masa pakai baterai di latar belakang.

Tentunya kita juga bisa menyalakan mode hemat daya untuk memperpanjang umur baterai. Aplikasi di latar belakang akan dibatasi dan beberapa fitur seperti Always-on Display akan dinonaktifkan.

Tips hemat baterai lainnya, seperti pilih jaringan seluler atau WiFi yang memiliki sinyal yang stabil karena pencarian sinyal yang konstan dapat menguras daya baterai. Jangan lupa, matikan fitur-fitur seperti Bluetooth, NFC, GPS, dan WiFi saat tidak digunakan.

Terakhir yang tak kalah penting, batasi penggunaan smartphone. Saya juga memakai smartphone untuk menunjang pekerjaan, tetapi tampaknya saya kecanduan gadget. Banyak kesempatan yang seharusnya saya bisa menyingkirkan smartphone, tetapi yang terjadi saya mengakses hal-hal lain.

Saat mengisi daya misalnya, biarkan smartphone beristirahat. Perangkat mungkin bisa overheat jika memainkan smartphone sambil mengisi daya atau tanpa menutup aplikasi tertentu. Jika bodi smartphone terasa hangat, maka cabut kabel charger dan lanjutkan pengisian daya setelah perangkat dingin.

Tips-Hemat-Baterai-dan-Menjaga-Kesehatan-Baterai-2

Galaxy A34 5G sendiri memiliki banyak komponen yang efisien. Termasuk penggunaan panel AMOLED, chipset irit daya 6 nm, hingga sistem operasi terbaru One UI 5.1 berbasis Android 13. Baru-baru ini, varian warna baru Awesome Lime telah hadir dengan penyimpanan 256GB dan dijual Rp5.399.000, kunjungi Samsung.com/id untuk cari tahu lebih banyak.

Nah tunggu apa lagi segera beli Galaxy A34 5G sekarang juga! Pembelian Galaxy A34 5G di toko online Samsung.com dan Samsung Experience Store terdekat dengan harga Rp5.399.000, berkesempatan mendapat bonus paket gaming yang awesome senilai hingga Rp 1.000.000 berisikan free MLBB skin, sticker, gaming joystick, travel charger 25W, dan Galaxy A34 5G clear case, selama persediaan masih ada.

Previous Story

Vivo Siap Rilis V29e 5G untuk Pasar Indonesia

Beawiharta, salah satu 'the masterminds' dibalik Xiaomi 13T yang juga dikenal sebagai visual storyteller
Next Story

Tips Kreasi Foto Cerita dengan Warna Estetik Khas Leica Pakai Xiaomi 13T

Latest from Blog

Don't Miss

Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6, Bikin Tenang Pakai Smartphone untuk Jangka Panjang

Kehadiran smartphone saat ini sudah mencapai titik di mana ia
Harga Galaxy A06

Samsung Resmi Umumkan Kehadiran Galaxy A06 dengan Harga Sejutaan

Samsung Electronics Indonesia semakin melengkapi lineup smartpone-nya untuk setiap kelasnya.