Dark
Light

ASUS ROG Ally Bakal Diluncurkan di Indonesia, Tidak Semahal Pesaingnya

1 min read
June 23, 2023

Masih ingat dengan usaha prank yang dilakukan ASUS pada tanggal 1 April 2023 yang lalu? Yap, ASUS akhirnya masuk ke pasar portable gaming lewat ROG Ally yang mereka luncurkan pada bulan Mei 2023 yang lalu secara global. Tentu saja hal tersebut menimbulkan pertanyaan baru bagi mereka yang menginginkannya. Kapan ASUS ROG Ally diluncurkan di Indonesia.

Pertanyaan tersebut ternyata segera dijawab oleh ASUS pada tanggal 22 Juni 2023 yang lalu. ASUS mengundang para jurnalis yang bisa mencapai 90 orang dalam satu sesi pada hotel Alila SCBD. Ternyata, ASUS memperkenalkan konsol gaming dengan sistem operasi Windows 11 tersebut. Dan sudah pasti perangkat ini akan hadir di Indonesia.

ROG Ally ditenagai oleh sistem operasi Windows 11 dan bisa digunakan untuk memainkan semua game dari berbagai platform ternama seperti Xbox, Steam, Epic Games, EA Play, GoG Galaxy, serta Ubisoft Connect.  ROG Ally juga dibekali dengan Armoury Crate Special Edition (SE). Versi khusus Armoury Crate tersebut tidak hanya sekadar tampil sebagai pusat kontrol dari semua sistem di ROG Ally. Melalui Armoury Crate SE, gamers dapat langsung mengakses semua game sekaligus mengatur profil untuk setiap game. 

Perangkat ini juga yang menjadi pertama yang menggunakan prosesor terbaru dari AMD, yaitu Ryzen Z1 series. Ryzen Z1 sendiri memakai arsitektur Zen 4 dengan grafis terintegrasi AMD RDNA 3. Prosesornya sendiri ada 2, yaitu Z1 Extreme dengan 8 core 16 thread dan Z1 biasa dengan 6 core 12 thread. Komputasinya sendiri bisa mencapai 8.6 teraflop untuk Z1 Extreme dan 2.8 teraflop untuk Z1.

RAM yang terpasang pada perangkat ini adalah LPDDR5 6400 MHz dengan kapasitas 16 GB. Penyimpanan internalnya adalah NVMe PCIe Gen 4×4 2230 berkapasitas 512 GB ditambah slot kartu microSD UHS-II. Untuk konektivitasnya terdapat WiFi 6E, USB-C, serta mendukung ROG XG Mobile.

Desain yang kecil juga membuat ASUS memberikan kipas ganda pada bagian dalamnya. Tentu saja kipas ini tidak bising sehingga tidak akan mengganggu suara saat bermain. ROG Ally juga dibekali dengan fluid dynamic bearing di yang memungkinkan kipas dapat beroperasi secara optimal di berbagai skenario.

Bobot perangkat yang satu ini hanya 608 gram saja yang tidak akan membuat tangan menjadi pegal saat dimainkan. Perangkat dengan layar sentuh FHD 120 Hz ini juga memiliki baterai yang bisa bertahan selama 2 jam untuk bermain. Dan tentunya, perangkat ini bisa dihubungkan dengan monitor eksternal serta ditambahkan keyboard serta mouse untuk menjadi sebuah PC.

ASUS ROG Ally akan dijual dengan cara pre-order mulai pada tanggal 27 Juni 2023 secara online. ASUS menjual ROG Ally dengan varian AMD Ryzen Z1 Extreme dengan harga Rp. 11.299.000. Sedangkan varian dengan Ryzen Z1 akan dijual dengan harga Rp. 10.099.000.

Dimas Galih W.

Tempat bertanya segala macam spesifikasi teknis, suka banget GCam, review gadget dan PC adalah koentji. Hampir 95% foto yang saya terbitkan menggunakan GCam.

Previous Story

Prosesor Mobile AMD Seri 7000 Zen 4 Resmi Diperkenalkan di Indonesia

Next Story

Tips Food Photography Redmi Note 12 Pro: Gugah Selera melalui Jepretan Kamera

Latest from Blog

Don't Miss

ASUS Rilis Tiga Laptop AI di Indonesia

ASUS mengumumkan kehadiran tiga laptop terbaru mereka, yang mereka perkenalkan
Harga Zenfone 11 Ultra

ASUS Resmi Luncurkan Zenfone 11 Ultra ke Tanah Air

Zenfone 11 Ultra RAM 12GB dan storage 256GB dibanderol Rp