Esports Ecosystem

Christian “Lichic” Dari tim Alter Ego Berbagi Tips Juara Bermain Brawl Stars

30 Oct 2019 | Akbar Priono
Menurut Lichic dari tim Alter Ego, setidaknya ada 3 tips bermain Brawl Stars yang perlu dicatat jika ingin menjadi juara di dunia kompetitif

Gelaran Supercell Gamers Day telah selesai digelar. Juara-juara dari masing-masing cabang, yaitu Clash Royale, Brawl Stars, dan Clash of Clans, telah ditentukan.

Namun dari semua gelaran kompetisi tersebut, satu yang menarik untuk disorot adalah dari kompetisi Brawl Stars. Satu alasannya adalah karena dalam kompetisi tersebut ada tim Alter Ego, yang berhasil secara berturut-turut menyabet perstasi di dua kompetisi resmi besutan dari Supercell.

Selain menjadi juara di gelaran Supercell Gamers Day, Alter Ego juga menjadi juara di Brawl Stars Open – Indonesia. Melihat prestasi yang berhasil mereka dapatkan, kita jadi penasaran, apa faktor kunci yang membuat mereka menjadi juara? Adakah tips bermain Brawl Stars tertentu yang perlu dicatat jika kita ingin jadi juara di dalam kompetisi Brawl Stars?

Sumber: Dokumentasi Chrsitian "AE.Lichic"
Anggota tim Alter Ego dari kiri ke kanan, Christian “Lichic” Lim, M. Rifqi “Kasa” Riza Abdillah, dan Isabella “Aminerva” Nikita Kaligis. Sumber: Dokumentasi Chrsitian “AE.Lichic”

Penasaran dengan hal ini, saya menghubungi Christian “Lichic” Lim, salah satu anggota tim Alter Ego. Ia lalu akhirnya setuju untuk membagikan sedikit tips bermain Brawl Stars secara umum. Menurutnya, setidaknya ada 3 hal yang perlu diperhatikan oleh pemain yang ingin menjadi juara dalam kompetisi Brawl Stars.

Kombinasi Brawler Pada Map yang Dipertandingkan

Tips bermain Brawl Stars pertama yang disebut oleh Lichic adalah soal drafting, alias pemilihan Brawler (sebutan untuk karakter-karakter Brawl Stars). Berhubung pertandingan Brawl Stars menggunakan macam-macam map, kombinasi Brawler juga akan beragam sesuai dengan map yang dimainkan.

Lichic lalu menyebut satu contoh kombinasi Brawler yang cocok dimainkan untuk map Junk Park, salah satu map yang dipertandingkan dalam kompetisi Brawl Stars Open – Indonesia. “Menurut saya, kombinasi Brawler terbaik untuk map tersebut adalah Bibi, Rosa, dan Tick.” ucap Lichic.

Sebelum melanjutkan penjelasan soal alasan pemilihan Brawler tersebut, mari saya jelaskan dahulu objektif map Junk Park secara singkat. Pada map ini Anda punya dua tugas: 1) mengumpulkan baut (Bolts) sebanyak 10 buah, 2) Mempertahankan IKE Turret (semacam tower jika kita bicara game MOBA) dari serangan musuh. Jika Anda berhasil mengumpulkan 10 Bolts terlebih dahulu, akan ada robot besar dari sisi Anda yang akan menyerang dan membantu Anda menghancurkan IKE Turret musuh.

Melanjutkan penjelasan, Lichic lalu menjabarkan kenapa masing-masing Brawler tersebut jadi cocok digunakan. Pertama soal Bibi, menurutnya Brawler ini jadi bagus karena punya kemampuan untuk knocback musuh. Kemampuan tersebut membuat Brawler ini sangat kuat dalam menjalankan tugas sebagai mid control alias menguasai wilayah tengah.

“Jangan lupa untuk memilih Home Run sebagai Star Power. Karena efek penambahan movement speed dari Star Power itu akan sangat membantu kalian untuk mencapai wilayah tengah lebih dulu daripada musuh.” lanjut Lichic.

Lalu selanjutnya Rosa. Sebagai Brawler tipikal tanky, karakter ini cocok untuk mendukung Bibi di tengah. Soalnya, Bolt tidak hanya muncul dari sisi Anda saja, bisa juga muncul dari sisi musuh. “Karena darahnya yang tebal dan damage yang lumayan, Rosa bisa dengan lebih berani melangkah ke sisi musuh tanpa harus terlalu takut mati.”

Rosa juga punya skenario kegunaan lain. Ketika Anda kalah mengumpulkan Bolt dan robot musuh mulai menyerang, Rosa bisa digunakan untuk menahan serangan robot agar tidak menyentuh IKE Turret Anda. “Super (Semacam skill ultimate kalau di dalam MOBA) milik Rosa yang sifatnya damagereduction, menjadi alasan kenapa Rosa adalah penahan serangan robot terbaik untuk sementara waktu ini.” Lichic menjelaskan soal Rosa.

Sumber: Tangkapan Layar Pribadi - Akbar Priono.
Sumber: Tangkapan Layar Pribadi – Akbar Priono.

Terakhir ada Tick. Menurutnya Brawler ini sangat cocok untuk membantu Bibi dan Rosa ketika mereka akan menyerang. Serangan Brawler ini memang sangat menganggu. Setelah melemparkan semacam rudal ke udara, rudal tersebut lalu pecah, dan melemparkan tiga proximity mine yang akan meledak jika ada musuh di dekatnya. Dengan serangan tersebut tugas Tick hanyalah bersiaga dari posisi belakang sambil melemparkan rudal-rudal tersebut, agar musuh jadi enggan untuk bergerak ke area yang sudah penuh dengan proximity mine.

Dari contoh Brawler yang disebutkan Lichic, saya simpulkan bahwa Brawler yang Anda pilih harus punya salah satu dari tiga karakteristik berikut ini:

  1. Tanky: Brawler dengan darah yang banyak dan juga punya skill yang membuatnya jadi makin sulit dibunuh.
  2. Rusher: Semacam 2nd tanker, yang bisa maju dengan cepat, punya kemampuan serangan yang cukup kuat, dan memiliki kemampuan crowd control agar musuh jadi makin sulit untuk mendekat.
  3. Damager/Area Control: Brawler yang punya kemampuan memberi damage dengan maksimal kepada musuh dari jarak jauh. Tipe Damager juga bisa diganti dengan tipe Area Control, yang juga menyerang dari jarak jauh, namun efeknya membuat suatu area jadi sulit dimasuki musuh; contohnya serangan Brawler seperti Tick atau Barley.

Maksimalkan Positioning Berdasarkan Dari Map yang Dimainkan

Hal kedua yang perlu dikuasai menurut Lichic adalah positioning. Kunci dari hal ini sebetulnya cuma dua hal, yaitu memaksimalkan fungsi tembok dan bush alias semak yang biasa digunakan untuk bersembunyi. Tetapi, soal positioning ini juga ada pengaruhnya dengan soal Brawler tadi.

“Map yang punya banyak rumput itu cocok untuk Brawler Rosa. Kenapa? Karena dia punya Star Power bernama Plant Life, yang efeknya adalah menyembuhkan 200 HP per detik ketika berada di dalam rumput.” Lichic menjelaskan.

Tapi selain itu juga, bush bisa dimanfaatkan untuk sembunyi dan menyerang tiba-tiba. Contoh pemanfaatannya adalah pada map Double Swoosh yang punya mode Gem Grab. Map ini bisa dibilang punya area mid dengan banyak rumput. Maka dari itu pada map tersebut Anda bisa lebih maksimal dalam melakukan serangan tiba-tiba. Ini akan jadi tambah efektif jika Anda menggunakan Brawler bersenjatakan shotgun seperti Bull.

Sumber: Tangkapan Layar
Sumber: Tangkapan Layar

Lichic juga menjelaskan bahwa rumput atau semak bisa digunakan untuk menggocek musuh. “Karena ketika kita masuk ke rumput, lawan tidak bisa melihat, jadi ada kemungkinan prediksi tembakan lawan bisa lepas yang membuat kita jadi berhasil menyelamatkan diri.

Selain dari itu, Lichic juga membagikan sedikit tips untuk melawan musuh-musuh yang ada di rumput. Menurut dia, salah satunya adalah dengan menggunakan Brawler Bo. “Soalnya Bo memang punya Star Powers Circling Eagle, yang memungkinkan dia melihat ke dalam semak dari luar semak.”

Sumber: Tangkapan Layar Pribadi - Akbar Priono.
Sumber: Tangkapan Layar Pribadi – Akbar Priono.

Selanjutnya adalah soal tembok. Menurutnya fungsi paling jelas dari tembok adalah untuk berlindung dari tembakan. Lalu, bagaimana melawan musuh yang ada di balik tembok. “Ini tergantung seberapa penting Brawler musuh tersebut. Kalau memang membunuh dia akan memberi dampak yang signifikan di dalam permainan, maka kalian bisa langsung keroyok saja dia.” Lichic menjelaskan.

“Alternatif lainnya, kalian bisa menggunakan Brawler thrower (seperti Tick dan Barley). Kalian tinggal lemparkan saja satu serangan ke arah Brawler musuh yang ada di belakang tembok. Kalau sudah terdesak, sang musuh tentu harus pindah posisi.” lanjut Lichic.

Investasi Brawler Secara Lebih Efektif

Banyaknya ragam mode dan map yang ada dalam game Brawl Stars, memaksa Anda menguasai banyak Brawler sekaligus. Seperti yang disebutkan Lichic sedari awal, masing-masing Brawler punya spesialisasinya tersendiri untuk masing-masing map.

Berhubung Anda harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk memaksimalkan kekuatan Brawler dengan lebih cepat, Lichic membagi penjelasannya soal investasi Brawler ini menjadi dua bagian.

Pertama, investasi Brawler untuk tipe pemain free player. Tipe pemain ini termasuk juga untuk Anda yang cuma sesekali saja mengeluarkan sejumlah uang entah untuk memperkuat Brawler atau membeli Brawler baru.

Sumber: Tangkapan Layar Pribadi - Akbar Priono.
Brawler gratisan seperti Barley juga jadi yang patut untuk dipelajari. Sumber: Tangkapan Layar Pribadi – Akbar Priono.

“Kalau menurut gue, investasi terbaik buat free player adalah kepada Brawler yang masuk meta. Rekomendasi dari gue adalah Rosa, Penny, Bull, Bibi, Rico, Barley, Tick, Piper, Brock, Gene, Bo, Spike dan El Primo.” Lichic mendaftar Brawler-Brawler yang masuk meta.

Menurutnya, daftar Brawler yang ia sebut barusan kemungkinan besar terpakai pada map kompetitif yang digunakan belakangan. Kalau Anda free player, yang Anda perlu investasikan adalah waktu, yang digunakan untuk mempelajari Brawler tersebut. Tujuannya adalah agar Anda lebih paham cara main dan celah terbaik dalam memanfaatkan sang Brawler di masing-masing map. “Kalau untuk kompetitif, semua Brawler otomatis jadi level maksimal, jadi tak perlu terlalu khawatir kalau level asli Brawler kamu bukanlah level maksimal.”

Sumber: Tangkapan Layar Pribadi - Akbar Priono.
Kalau Anda ingin jadi tipe pemain yang spending, pastikan untuk investasi sekaligus secara maksimal ya. Sumber: Tangkapan Layar Pribadi – Akbar Priono.

Lebih lanjut soal meta Brawler, menurut Lichic salah satu alasannya adalah karena pilihan map yang digunakan untuk kompetitif. “Contohnya saja map Siege: Junk Park yang gue jelaskan pada saat membahas drafting Brawler. Contoh lain untuk mode kompetisi Brawl Ball, El Primo jadi bagus karena darah yang tebal dan bisa dive sambil membawa bola. Apalagi dia juga punya Super yang bisa menghancurkan dinding dekat gawang lawan untuk mempermudah memasukkan bola.”

Kedua, investasi untuk tipe player spending atau mengeluarkan biaya. Menurut Lichic, jika Anda ingin mengeluarkan biaya baiknya jangan setengah-setengah. “Lebih baik Anda langsung spending semaksimal mungkin, lalu pelajari dengan seksama setiap dari Brawler yang ada. Saya sendiri adalah tipe player spending. Ini saya anggap sebagai investasi, saya kuasai semuanya, kejar top lokal agar mendapat perhatian dari tim-tim esports dan juga bisa lebih fasih dalam berkompetisi.” Lichic menceritakan perjuangannya menjadi pemain pro Brawl Stars secara singkat.


Itu dia sedikit tips bermain Brawl Stars dari pemain Alter Ego, Christian “Lichic” Lim. Catat tipsnya, dan bersiaplah berkompetisi di kancah esports Brawl Stars berikutnya!