Esports Ecosystem

Tim Esports Arsenal Bakal Berlaga di PES eFootball Pro League

18 Dec 2019 | Ellavie Ichlasa Amalia
Tim esports Arsenal menjadi tanggung jawab dari Esports Gaming League

Arsenal, klub sepak bola asal London, baru saja mengumumkan daftar pemain dari tim esports mereka. Tim tersebut terdiri dari Christopher Maduro Morais dari Portugal, Emiliano Spinelli dari Jerman, dan Alexis Garaud dari Prancis. Dengan Morais sebagai kapten, tiga pemain ini akan ikut serta dalam season 2 dari Pro Evolution Soccer eFootball Pro League yang diadakan oleh Konami. Turnamen ini akan dimulai pada Desember 2019 dan akan terus berlanjut sampai Juli 2020. Selain itu, mereka juga akan ikut serta dalam turnamen 2020 FIFA dan EA Esports ePremier League.

“Sebuah kebanggaan untuk bisa menjadi pemain Arsenal,” kata Morais, dikutip dari Daily Esports. “Sebagai fans berat, ini adalah sesuatu yang telah saya mimpikan sejak saya masih kecil dan saya senang semua kerja keras dan pengorbanan saya selama bertahun-tahun akhirnya terbayar. Bersama rekan satu tim saya, saya bangga bisa mewakili Arsenal dalam langkah pertamanya untuk ikut serta dalam eFootball.”

Tim esports Arsenal ini ditangani oleh Esports Gaming League, platform turnamen esports. Tugas Esports Gaming League adalah membuat roster untuk tim esports Arsenal, mulai dari mencari pemain esports yang berbakat, melakukan wawancara pada para pemain, sampai proses penandatanganan kontrak.

Arsenal jadi rekan resmi Konami dalam PES. | Sumber: Twitter
Arsenal jadi rekan resmi Konami dalam PES. | Sumber: Twitter

“Kami senang bisa bekerja sama dengan Arsenal FC, yang mencoba untuk masuk ke ranah esports bersama EGL dan mendukung ekosistem esports,” kata Managing Director, EGL, Glen Elliott. “Kami tidak sabar untuk melihat apa yang akan dapat dilakukan oleh tim esports Arsenal dengan bantuan dari EGL.”

Sebelum ini, Arsenal telah menjalin kerja sama dengan Konami, developer dari PES. Tahun ini, perjanjian itu diperpanjang sampai tiga tahun ke depan. Baik pemain maupun stadion Arsenal ditonjolkan dalam eFootball PES 2020. Tak hanya itu, game tersebut juga memiliki edisi eksklusif Arsenal. Sementara itu, Konami akan mendapatkan akses ke tim dan pemain legendaris klub sepak bola tersebut.

Arsenal bukan klub sepak bola pertama yang mencoba masuk ke ranah esports. Sebelum ini, klub sepak bola Italia, Juventus mengumumkan bahwa mereka akan memercayakan tim esports FIFA mereka pada Astralis. Organisasi esports asal Denmark itu juga memiliki tim esports FIFA sendiri, yaitu Future FC. Beberapa klub sepak bola yang ikut aktif dalam PES eFootball Pro League antara lain Barcelona, Schalke 04, AS Monaco, Manchester United, dan lain sebagainya.

Sumber header: Esports Insider