Esports Ecosystem

10 Klub Bola di Liga PES eFootball, Juve Tunjuk Astralis!

10 Dec 2019 | Yabes Elia
Selain itu, KONAMI juga mengumumkan eFootball Season Program.

9 Desember 2019, KONAMI mengumumkan 10 klub bola yang akan berpartisipasi dalam liga PES eFootball musim 2019/2020 yang terbagi jadi 2 bagian, yaitu eFootball.Open dan eFootball.Pro. Di rilis yang sama, KONAMI juga mengumumkan fitur eFootball Season Program.

Sebelum kita membahas lebih detail tentang masing-masing bagian, inilah kesepuluh tim yang akan berpartisipasi di liga PES eFootball:

  1. FC Barcelona
  2. Manchester United FC
  3. FC Bayern Munich
  4. Juventus
  5. Arsenal FC
  6. Celtic FC
  7. AS Monaco
  8. FC Schalke 04
  9. Boavista FC
  10. FC Nantes

eFootball.Open

Buat para pemain PES 2020 yang ingin ikut berlaga dalam eFootball.Open, pendaftarannya telah dibuka via situs resminya. Anda bisa mengunjungi tautan ini untuk melakukan registrasi ataupun mencari tahu informasi lebih lanjut soal turnamen ini.

Sumber: KONAMI
Sumber: KONAMI

Buat yang belum tahu, eFootball.Open sebelumnya diberi nama PES League yang merupakan kompetisi 1v1 dan menggunakan fitur online Matchday mode di PES 2020.

Agar dapat mengakomodir semua pemain dari berbagai tingkat skill permainan, eFootball.Open akan dibagi jadi tiga kategori: Basic, Intermediate, dan Expert. Pertandingan eFootball.Open akan digelar setiap 2 pekan. Kategori pemain akan ditentukan dari rating masing-masing di Online Divisions.

Hanya para pemain dengan peringkat tertinggi di kategori Expert yang memiliki kesempatan untuk bertanding di tingkat Regional dan, selanjutnya, World Finals. Para pemain inilah yang berhak untuk mendapatkan uang hadiah dan perhatian dari klub-klub terbesar dunia saat mereka scouting talenta-talenta muda.

Jumlah dan distribusi hadiah. Sumber: KONAMI
Jumlah dan distribusi hadiah. Sumber: KONAMI

Oh iya, satu hal yang penting dicatat, buat para peserta yang ingin ikut turnamen ini, Anda harus bermain di console (PS4); setidaknya menurut keterangan dari Liga1PES. Sayangnya, kami tidak menemukan konfirmasi resmi soal ini selain jadwal Online Finals, Regional Finals, dan World Finals yang bertuliskan Console Only — apakah Xbox One juga termasuk ataupun para pemain di PC (Steam).

eFootball.Pro

Program inilah yang membedakan esports PES musim ini dengan musim-musim sebelumnya. Pasalnya, turnamen ini hanya bisa diikuti para pemain yang telah ditunjuk sebagai perwakilan dari 10 klub bola di daftar di atas.

Sampai artikel ini ditulis, baru ada beberapa nama klub bola yang sudah mengumumkan perwakilan mereka. Juventus menunjuk Astralis sebagai perwakilan mereka. Buat yang belum tahu, Astralis adalah organisasi esports asal Denmark yang bisa dibilang tim CS:GO paling berprestasi akhir-akhir ini. Astralis juga merupakan klub esports pertama yang menggelar IPO.

Sumber: Astralis
Sumber: Astralis

Bayern Munchen menunjuk Matthias Luttenberger dari Austria sebagai coach and tiga pemain asal Spanyol; Miguel Mestre Oltra, Alejandro Alguacil Segura, dan Jose Carlos Sánchez Guillén.

Terakhir, Barcelona juga telah mengumumkan perwakilan mereka yaitu dari tim ELigaSul.

Sayangnya, belum ada kejelasan apakah ada pemain Indonesia yang akan ditunjuk mewakili klub bola di eFootball.Pro kali ini. Menurut pengakuan Valentinus Sanusi (Founder Liga1PES yang juga sering disebut-sebut sebagai ketua komunitas PES di Indonesia), “tadinya sebenarnya ada pemain Indonesia yang akan masuk Celtic tapi visa-nya ditolak.”

eFootball Esports Program

Program terakhir yang diusung musim ini adalah eFootball Esports Program. Program ini sebenarnya adalah program bagi-bagi hadiah dari KONAMI. Pasalnya, setiap pemain yang turut serta dalam eFootball punya kesempatan untuk mendapatkan berbagai hadiah, mulai dari in-game items ataupun official merchandise. 

Program ini tersedia untuk semua pemain di semua platform, PC, console, ataupun mobile. Anda bisa mengunjungi website resminya untuk cari tahu lebih jauh tentang program ini.

Sumber: KONAMI
Sumber: KONAMI

Sumber Featured Image: KONAMI