TikTok Umumkan Effect Creator Rewards, Siap Bayar Pembuat Efek yang Viral

Untuk efek yang digunakan dalam 500.000 video unik dalam waktu 90 hari, kreator akan dibayar US$700

Efek kreatif merupakan salah satu fitur TikTok yang memungkinkan para kreator membuat konten dengan cara yang unik dan menarik. Siapa pun yang memenuhi syarat bisa membuat efek di TikTok, baik kreator, desainer, maupun pengembang dari seluruh dunia lewat platform TikTok bernama Effect House.

Menurut TikTok, Effect House telah memberikan dampak yang sangat besar karena efek inovatif mereka telah memicu tren, membentuk budaya, dan menginspirasi orang untuk membuat konten. Untuk memberikan penghargaan kepada kreator efek di TikTok, mereka mengumumkan program Effect Creator Rewards dan mengucurkan dana sebesar US$6 juta.

Effect Creator Rewards adalah inisiatif baru TikTok yang memberikan penghargaan kepada pembuat efek dengan performa tinggi atau efek yang viral di wilayah tertentu. Saat peluncuran, untuk setiap efek yang digunakan dalam 500.000 video unik dalam waktu 90 hari setelah dipublikasikan, kreator akan dibayar US$700.

Ditambah US$140 untuk setiap 100.000 video berikutnya dalam 90 hari tersebut. Artinya jika efek yang Anda bikin di TikTok digunakan sebanyak 1 juta kali dalam 90 hari, maka Anda akan memperoleh US$1.400.

Perlu diketahui, hanya satu video per orang dalam sehari yang memenuhi syarat. Jadi jika ada pengguna yang menggunakan efek Anda untuk membuat beberapa video, tetap akan terhitung sebagai satu video unik per satu hari.

Meskipun persyaratannya cukup tinggi, Effect Creator Rewards juga bisa menjadi peluang baru bagi kreator untuk memonetisasi kehadiran mereka di TikTok dengan cara membuat efek dan filter. Jika tertarik bergabung dengan komunitas Effect House Beta, Anda bisa mempelajarinya di sini.

Semua yang dibutuhkan termasuk tool pengembang, panduan, dan sumber pembelajaran juga telah disediakan. Tentu saja, para kreator individu yang ingin membuat efek baru juga akan bersaing dengan filter yang dibuat dan diterbitkan oleh TikTok sendiri.

Sebelum Effect Creator Rewards, pembuat efek bisa kesulitan melakukan memonetisasi efek mereka yang trending secara langsung. Mereka yang membuat efek AR biasanya memonetisasi pekerjaannya dengan mendapatkan kemitraan, komisi brand, atau menjual efek di luar platform.

Sumber: TheVerge, TikTok