1 November 2022

by Galih

TikTok akan Segera Miliki Tab Khusus untuk Gaming

TikTok bahkan akan mengadakan acara khusus untuk platform gaming-nya

Memasukkan fitur video game kelihatannya menjadi tren baru bagi banyak platform layanan digital. Sebelumnya, layanan streaming film Netflix juga telah menunjukkan keseriusannya di industri game dengan membuka studio game internalnya.

Kini, giliran platform video pendek TikTok yang juga menunjukkan keseriusannya dalam menggarap fitur gaming. Karena untuk sekarang saja para pengguna TikTok sudah dapat memainkan game langsung di aplikasinya.

Dan ke depannya, aplikasi buatan ByteDance ini ingin mendorong lebih jauh fitur gaming mereka tersebut. Karena tidak lama lagi TikTok akan memiliki tab khusus yang akan langsung mengantarkan penggunanya ke game-game yang tersedia di aplikasinya.

Tidak hanya itu, TikTok juga dikabarkan akan membuat sebuah event khusus untuk meluncurkan fitur tabgaming-nya tersebut. Melalui pengumumannya, Tiktok akan menggelar acara "Made Me Play It" yang akan menjadi event gaming pertama mereka.

Acara live-stream tersebut akan berisi showcase dari game-game baru yang akan tersedia dalam platform TikTok nantinya. Dalam deskripsinya, TikTok bahkan mengklaim bahwa "Masa depan gaming ada di sini — dan itu terjadi di TikTok."

Lebih lanjut, TikTok menyebut bahwa akan ada banyak publisher besar yang meluncurkan game di platform mereka agar dapat relevan secara tren hiburan. TikTok yakin dapat membawa audiens hiburan yang lebih luas untuk menemukan dan memainkan game mereka.

Ketika TikTok menyebut kata "publisher besar", ternyata hal tersebut tidak dilebih-lebihkan. Karena untuk acara nanti mereka akan menghadirkan para pembicara dari publisher ternama seperti Electronic Arts (EA), 2K Games, NetEase Games, dan bahkan HoYoverse.

Image Credit: TikTok

Ketika telah diluncurkan nanti, maka para pengguna TikTok akan dapat memainkan game-game mobile dengan cepat. Namun berbeda dengan Netflix yang membuat semua game-nya gratis, game-game yang ada di TikTok nantinya akan tetap menampilkan iklan.

Tidak hanya itu, game-game di TikTok ini juga dapat melengkapi permainannya dengan microtransaction. Sehingga para penggunanya nanti dapat membayar dengan uang asli untuk memperoleh konten tambahan dari game-nya.

Pada akhirnya, langkah besar TikTok ini akan menarik untuk dipantau. Terutama karena ada nama-nama publisher besar yang bergabung dengan mereka. Sama seperti Netflix yang menggandeng Ubisoft, TikTok dengan EA, 2K, hingga HoYoverse akan berpotensi menghadirkan game-game mobile yang menarik.