Smartphone Flagship Xiaomi 12 Makin Menarik Berkat Harga Baru

Dirilis pada April tahun lalu, Xiaomi 12 masih bisa bersaing dengan smartphone lain di kelasnya

Pertama kali dirilis pada April 2022, Xiaomi 12 merupakan smartphone flagship yang identik dengan dimensi compact dan berbagai fitur premium. Terhitung hari ini, Xiaomi 12 memiliki harga baru, yaitu sebesar Rp6.999.000 yang lebih terjangkau dari sebelumnya.

Meski begitu, kemampuannya tetap sama dan masih bisa bersaing dengan para kompetitor di kelasnya. Dengan harga tersebut, Xiaomi sendiri mengeklaim bahwa Xiaomi 12 menjadi ponsel flagship yang paling terjangkau untuk saat ini.

Layar dan Speaker

Pengalaman visual ketika menggunakan Xiaomi 12 dijamin akan lebih immersive karena menggunakan layar AMOLED 6,28 inci FHD+ berkedalaman 419 pixels per inch (PPI). Ditambah dengan teknologi Dolby Vision dan HDR10+, ponsel ini bisa menghasilkan lebih dari 68 miliar warna dengan TrueColor Display.

Layarnya akan selalu terlihat cerah meski dipakai di bawah sinar matahari, karena memiliki peak brightness yang mampu mencapai angka 1.100 nit. Selain itu, dengan 120 Hz AdaptiveSync refresh rate dan touch sampling rate hingga 480 Hz, akan membuat perpindahan dari satu gambar ke gambar lain menjadi semakin halus.

Bagi yang suka bermain game, streaming video, atau mungkin membaca, layar Xiaomi 12 tidak akan membuat mata cepat lelah karena telah terakreditasi dengan low blue light certification.

Untuk segi proteksi, Xiaomi 12 menggunakan perlindungan layar terbaik dengan kaca Corning Gorilla Glass Victus, yang berguna untuk mencegah kerusakan layar akibat jatuh, benturan, maupun goresan.

Xiaomi 12 mampu menghasilkan suara stereo kelas sinematik, yang dihasilkan oleh dual speakerstereo yang bersertifikasi Harman Kardon dan didukung dengan Dolby Atmos.

Kamera

Xiaomi 12 mengusung formasi tiga kamera master grade, dengan konfigurasi 50MP wide angle camera, 13MP ultra-wide angle camera dengan sudut bukaan 123 derajat, dan 5MP tele macro camera. Pihak Xiaomi mengeklaim ketiga kamera tersebut merupakan yang terbaik di kelasnya. Xiaomi 12 juga dibekali dengan 32MP selfie camera.

Apalagi dengan sensor Sony IMX 766 berukuran 1/1,56 inci, kameranya dapat menangkap cahaya 51% lebih banyak, sehingga kualitas foto yang dihasilkan selalu detail dan tajam, bahkan ketika malam hari.

Tak hanya hardware, Xiaomi 12 juga memiliki segudang fitur penunjang seperti AI Beauty, AI Portrait Mode, HDR, Panorama Selfies, dan Cinematic Effects, yang siap memenuhi kebutuhan selfie maupun vlog.

Performa dan Dimensi

Xiaomi 12 sanggup memberikan kemampuan luar biasa berkat chipset Snapdragon 8 Gen 1, yang dibuat dengan teknologi manufaktur 4nm dan tentunya juga sudah mendukung jaringan 5G.

Desainnya yang compact dan ringan akan membuatnya nyaman digenggam dengan satu telapak tangan saja (152,7 mm x 69,9 mm x 8,16 mm, serta berat 180 gram).

Baterai

Xiaomi 12 dibekali baterai berkapasitas 4.500mAh dengan bahan high-power density battery, yang memampukannya untuk mendukung berbagai kebutuhan sepanjang hari. Salah satu inovasi dalam Xiaomi 12 adalah teknologi pintar Adaptive Charge-nya yang akan mempelajari perilaku pengguna saat mengisi daya, baik yang berada di dalam 67W wired turbo charging maupun 50W wireless turbo charging.

Ketersediaan

HP Xiaomi 12 bisa didapatkan di berbagai kanal penjualan Xiaomi, seperti Mi.com, official store di platform e-commerce, serta Xiaomi Store dan Xiaomi Shop di seluruh Indonesia.