Mobile
for SEO
Mobile

Telkomsel Luncurkan Layanan 4G LTE Komersial Pertama di Indonesia

8 December 2014DailySocial

Menjawab kebutuhan akses Internet cepat yang mendesak di tengah hiruk pikuk perkembangan mobile di Indonesia, Telkomsel secara resmi meluncurkan layanan Internet baru mereka di jaringan 4G LTE hari ini (8/12) di Jakarta. Menurut pihaknya, layanan ini merupakan layanan komersial jaringan mobile 4G LTE pertama di Indonesia dengan Jakarta dan Bali sebagai daerah pertama yang mengadopsinya.

Hadirnya teknologi selular generasi keempat ini disambut antusias oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara yang turut hadir memberikan komentarnya terkait terobosan industri telekomunikasi kali ini.

“Pada dasarnya migrasi teknologi seluler 3G ke 4G LTE kali ini tidak jauh berbeda seperti 2G ke 3G. Hanya saja dalam peluncurannya 4G kali ini menjadikan komposisi data menanjak lebih cepat. Tahun ini saja penggunaan data seluler mencapai 30%, mungkin tahun depan mencapai 40%,” ucap Rudiantara.

Layanan 4G LTE Telkomsel rencananya akan digelar di frekuensi 900MHz dengan pita sebesar 5MHz yang memiliki kecepatan data hingga 36 Mbps.

Sebagai permulaan akan ada lebih dari 200 BTS 4G di Jakarta dan Bali. BTS tersebut didirikan di 200 lokasi yang telah diidentifikasi sebagai lokasi high data traffic di seluruh Jakarta dan Bali. Di Jakarta sendiri jaringan LTE awalnya melingkupi daerah Bandara Internasional Soekarno-Hatta, daerah Sudirman, Semanggi, SCBD, Tanah Abang, Pondok Indah, Kebayoran Baru, dan Blok M.

Untuk pulau Bali, coverage LTE meliputi 90% wilayah Denpasar, termasuk di antaranya ialah daerah Teuku Umar, Imam Bonjol, dan Sanur. Juga akan dicakup 80% wilayah Kabupaten Badung, meliputi wilayah Kuta, Legian, Nusa Dua, Jimbaran, kawasan GWK, hingga ke Uluwatu.

photo 1

Guna mensosialisasikan teknologi ini ke seluruh pelanggan Telkomsel di Jakarta dan Bali, pihaknya meluncurkan microsite yang bisa dikunjungi di www.telkomsel.com/4G-LTE yang bisa dimanfaatkan untuk mencari informasi lokasi-lokasi yang telah mengadopsi jaringan 4G-LTE.

“Ke depannya secara bertahap akan kami kembangkan ke berbagai lokasi khususnya ke kota-kota besar lainnya. Hingga 2019 kami berencana meluaskan layanan 4G-LTE hingga ke 22 propinsi di seluruh Indonesia sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang dapat menikmati layanan ini,” papar Direktur Utama Telkomsel Alex J. Sinaga dalam kesempatan yang sama.

Perihal ketersediaannya di frekuensi 900 MHz, VP Corporate Communications Telkomsel Aditia Irawati mengungkapkan bahwa implementasi LTE di frekuensi 1800 MHz tengah menunggu pengelolaan dari pemerintah terlebih dahulu. Beliau juga menambahkan saat ini Telkomsel telah menyiapkan 50 ribu SIM card 4G untuk ditukarkan oleh para penggunanya di Grapari Telkomsel terdekat.

Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Michael Erlangga. 

Play video

17 May 2022

Review Xiaomi Redmi Note 11 Pro, Sajikan Pengalaman Premium Dengan Desain Lebih Kekinian

Bulan lalu, saya kedatangan Poco M4 Pro dan disusul Xiaomi Redmi Note 11 Pro. Dua smartphone ini mengusung spesifikasi ...

Others from #HybridTV