16 March 2022

by Wiku Baskoro

[Tekno] Kehadiran NFT di Instagram Semakin Dekat, Dikabarkan Akan Hadir Dalam Beberapa Bulan

Dalam acara SXSW, bos Meta menegaskan kembali integrasi NFT di Instagram, kemungkinan akan hadir dalam beberapa bulan ke depan

Informasi tentang kehadiran atau integerasi NFT di Instagram telah muncul beberapa waktu lalu, namun berita terbaru menegaskan hal ini karena dikatakan langsung oleh bos Meta dalam sebuah acara di Austin yaitu di SXSW.

Sebelumnya, bos Instagram sendiri telah memberikan hint bahwa Instagram akan menyediakan akses untuk pengguna NFT di layanan mereka. Dikatakan bahwa tim Instagram tengah aktif melakukan eksplorasi atas integrasi NFT di Instagram.

Nah, belum lama ini, kabar akan integrasi ini kembali menguat. Adalah bos besar Meta, Mark Zuckerberg, sendri yang menjadi corong utama tentang perkembangan NFT dan Instagram.

Seperti dikutip dari DailyBeast, dalam sebuah diskusi pada acara di SXSW, Mark mengatakan bahwa integrasi NFT dan Instagram akan hadir dalam beberapa bulan ke depan. Meski demikian, belum ada hal rinci yang dikatakan Mark untuk memberikan gambaran nyata seperti apa nantinya integrasi tersebut.

Rumor yang beredar sih menyebutkan bahwa nantinya pengguna bisa menampilkan NFT sebagai gambar profil, menjual atau membeli token digital bahwa sampai bisa melakukan mint NFT.  Ada pula kabar yang menyebutkan bahwa Instagram sudah menguji secara terbatas beberapa integrasi NFT di layanan mereka.

Dalam perbincangan di acara tersebut sebenarnya Mark sedang berbincang tentang Metaverse, namun perbincangan juga menyinggung tentang integerasi NFT di Instagram. Apakah nantinya akan ada integerasi dari berbagai layanan di bawah payung Meta atau NFT akan duluan hadir di Instagram baru ke layanan lain? Tentunya itu harus kita tunggu untuk pengumuman resmi.

Instagram sendiri sebenarnya secara tidak langsung sudah menjadi bagian dari perkembangan komunitas NFT, karena berbentuk media sosial, informasi terkait NFT sudah banyak tersebar di layanan ini. Apalagi karena fokus ke gambar dan video, informasi yang diberikan bisa sangat relate.

Belum lagi, para artis atau seniman (misalnya yang memproduksi NFT art) rata-rata memiliki akun Instagram sebagai sarana memperkenalkan karya. Bahkan sebelum mereka mulai berkarya di NFT. Jadi sebenarnya integrasi NFT dan Instagram seperti tinggal menunggu waktu saja. Karena sangat lumrah. Hanya saja, sejauh mana integerasi ini, itu yang menarik untuk ditunggu.

Gambar header: Andrey Metelev on Unsplash.