11 April 2023

by Galih

Tekken 8 akan Dukung Crossplay Untuk Pertama Kalinya

Pertarungan crossplay di Tekken 8 akan berjalan lebih mulus nantinya

Seri game pertarungan terbaru milik Bandai Namco, Tekken 8 kini terus membangun hype-nya. Dengan berbagai trailer karakter baru serta grafis yang memukau, antusiasme para penggemar pun kini terus meningkat.

Dalam beberapa minggu terakhir, para fans langsung dibanjiri dengan berbagai video gameplay dan juga karakter-karakter lama yang akhirnya masuk kembali seperti Leroy Smith dan Asuka Kazama.

Tidak berhenti di situ, kini Tekken 8 kembali menaikkan hype para fansnya dengan pengumuman dadakan. Pengumuman tersebut tidak datang dari akun resmi Tekken 8, tapi dari sang game director dan produser Katsuhiro Harada.

Melalui akun Twitter-nya

">@Harada_TEKKEN, Harada terlibat percakapan dengan para fansnya. Salah seorang fans menanyakan apakah mereka bisa mendapatkan fitur crossplay. Yang ternyata langsung dikonfirmasi oleh Harada.

Uniknya, Harada juga membeberkan kisah bahwa di konsol generasi sebelumnya (Tekken 7) dirinya sudah pernah mengajukan fitur crossplay ini kepada Sony dan Microsoft. Sayangnya, pada saat itu kedua perusahaan konsol masih belum menyetujui.

Untungnya, kini Harada dan timnya dapat secara penuh mengimplementasikan crossplayke dalam Tekken 8. Bahkan para pemain nantinya dapat memainkan mode multiplayer secara langsung meskipun menggunakan perangkat yang berbeda-beda.

Dalam cuitan lainnya, Harada juga memastikan bahwa rollback netcode akan langsung diimplementasikan ke dalam Tekken 8. Teknologi ini nantinya akan membuat pertarungan online akan berjalan lebih mulus dan mengalir.

Teknologi kode baru ini berbeda dari netcode sebelumnya yang akan selalu menunggu kedua pemain memasukkan input sebelum aksi di dalam game-nya terjadi. Sehingga pertarungan dapat berjalan lebih fair.

Lebih lanjut, Harada juga menjelaskan alasan mengapa dirinya tidak membuat pengumuman besar-besaran terhadap fitur crossplay ini. Dirinya menyebut bahwa meskipun diumumkan secara besar-besaran, para fans akan tetap memiliki alasan untuk protes.

Tekken 8 hingga saat ini memang masih belum mendapatkan tanggal rilis pasti. Namun Bandai Namco telah mengonfirmasi bahwa game ini akan dirilis di PlayStation 5, Xbox Series X|S, dan juga PC via Steam.

Kemungkinan, pengumuman besar selanjutnya dari Bandai Namco akan tiba di musim panas mendatang. Sehingga untuk mengetahuinya para fans harus menunggu setidaknya di sekitar bulan Juni hingga Juli mendatang.