11 April 2023

by Galih

Film Super Mario Bros. Sukses Pecahkan Rekor Box Office

Ada beberapa rekor yang berhasil dilibas oleh sang tukang ledeng

Perilisan film adaptasi Super Mario ternyata mendapat sambutan yang sangat tinggi. Bahkan hanya dalam waktu singkat, film buatan Universal dan Illumination ini berhasil memecahkan rekor box-office.

Hanya dalam waktu beberapa hari setelah dirilis, The Super Mario Bros. Movie berhasil menjadi pembukaan film animasi terbesar sepanjang masa. Mengalahkan film animasi Frozen 2 yang dirilis 2019 silam.

Dengan rekor baru tersebut, film animasi ini berhasil mengumpulkan pendapatan global hingga lebih dari $377 juta atau sekitar Rp 5,6 triliun. Padahal film ini baru dirilis pada 5 April silam.

"(Rekor) ini adalah angka yang fenomenal secara keseluruhan. Film ini didasarkan pada IP yang luar biasa, yang disukai oleh lintas generasi, tua maupun muda. Ini adalah kabar baik untuk industri film dan game." ungkap Veronika Kwan Vandenberg,  President of Distribution at Universal Pictures.

&pp=ygUUdGhlIHN1cGVyIG1hcmlvIGJyb3M%3D

Selain pembukaan film animasi terbesar, The Super Mario Bros. Movie juga memecahkan dua rekor lainnya. Yaitu "Debut global terbesar untuk film animasi" dan juga "Opening terbesar untuk film adaptasi video game sepanjang masa".

The Super Mario Bros. Movie masih memiliki waktu yang cukup panjang ke depannya untuk memecahkan berbagai rekor box office lainnya. Apalagi popularitasnya kian naik berkat review yang diberikan oleh para penontonnya.

Film ini sendiri menjadi kontroversi tersendiri di dunia maya karena ketimpangannya di berbagai situs agregat review. Seperti di Rotten Tomatoes, The Super Mario Bros. Movie hanya mendapat skor Tomatometer 56%, namun skor audiensnya mencapai 96%.

Image credit: Rotten Tomatoes

Banyak reviewer yang menilai film ini biasa saja karena tampil terlalu sederhana. Sehingga The Super Mario Bros. Movie dianggap terlalu bergantung pada para fans lama yang mengetahui berbagai referensi yang muncul di filmnya.

Namun di sisi lain, banyak penonton yang menikmati film ini karena source material yang akurat dengan game-nya. Plot klise dan sederhana yang diusung juga membuat film ini dapat dinikmati oleh anak-anak.

The Super Mario Bros. Movie kembali menjadi skor positif bagi daftar film adaptasi video game. Dengan banyak film dan serial adaptasi video game kini mampu mendapat respon positif, masa depan adaptasi video game kelihatannya akan lebih baik ke depannya.