Esports Ecosystem

Tekken 7 Akan Rilis 4 Karakter Baru, Bagaimana Kesan Pertama Para Expert?

04 Dec 2018 | Yabes Elia
4 karakter tersebut adalah Marduk, Armor King, Negan, dan Julia

Bandai Namco akhirnya merilis 2 karakter baru untuk Tekken 7, Marduk dan Armor King. 2 Karakter baru ini sebenarnya sudah dirilis kemarin (3 Desember 2018) di PS4 namun baru hari ini dirilis untuk PC (Steam).

Marduk dan Armor King adalah 2 dari 6 karakter baru yang ditambahkan dalam Season Pass 2 DLC (atau Anda juga bisa membelinya secara terpisah). Selain 2 karakter tadi, ada 4 karakter lainnya. 2 Karakter, Lei Wulong dan Anna Williams, sudah dirilis sebelum ini. Sedangkan Julia dan Negan (dari The Walking Dead) masih belum mendapatkan kepastian tanggal rilis.

Saya pun berbincang-bincang bersama dua tokoh FGC (Fighting Game Community) Indonesia, yaitu Bram Arman yang merupakan pendiri Advance Guard dan Christian “R-Tech” Samuel, tentang kesan pertama mereka atas 3 karakter baru yang akan dirilis di Tekken 7, yang sudah keluar trailer resminya.

Oh iya, karena kebetulan keduanya memang belum sempat memainkan Marduk ataupun Armor King, pendapat ini hanyalah berdasarkan pada trailer resmi dari Bandai Namco yang menunjukkan combo-nya masing-masing dan pengalaman mereka menggunakan karakter tersebut di seri Tekken sebelumnya.

Marduk

“Dari cuplikan orang yang main Marduk hari ini, bisa dibilang karakternya ini bukan kontender top tier. Cuma, para fans Marduk akan senang karena tackle andalannya telah kembali di sini.” Ujar Bram.

Ia juga menambahkan bahwa damage untuk juggle combo yang counter hit juga bisa dikatakan relatif besar. Meski begitu, menurut Bram, Marduk akan punya kelemahan karena termasuk golongan karakter yang berbadan besar. “Ada beberapa juggle yang bisa dikenakan ke Marduk dengan damage yang lebih besar daripada karakter umumnya.”

Sedangkan R-Tech mengatakan, “kalau yang saya lihat dari trailer, dia ini tipenya seperti Jack yaitu badan besar dan juga high damage. Kelemahannya mungkin agak berat untuk digunakan dan benar yang Pak Bram katakan bahwa dia akan lebih memakan banyak damage/combo daripada char lain.”

R-Tech yang biasanya menggunakan Jack mengaku tertarik untuk mempelajari Marduk karena ia suka dengan karakter-karakter yang punya damage besar.

Armor King

Lalu bagaimana soal Armor King?

Sebelum kita masuk ke pendapat mereka, R-Tech pun sedikit memberikan penjelasan antara perbedaan antara King dan Armor King. King merupakan karakter yang lebih cenderung menjadi grappler karena punya banyak variasi throw. Sedangkan Armor King punya lebih banyak jurus seperti Mishima dan tidak begitu mengandalkan grappler. 

Christian juga mengaku tertarik untuk mencoba Armor King karena kebetulan ia juga menggunakan King. Ia tertarik karena karakter ini terlihat keren dan kebetulan ada throw yang menjadi ciri khas dari Armor King.

Sedangkan buat Bram, ia mengaku Armor King adalah salah satu karakter favoritnya di seri Tekken. Ia juga sempat menggunakan Armor King saat era Tekken 5 dan Tekken Tag.

“Sepertinya karakternya menyenangkan, terutama rage drive-nya cepat dan tidak bisa ditangkis, hanya bisa ditundukkan. Itu kalau rage drive-nya kena, bantingan yang umumnya cenderung mudah dilepas, ini jadi ga bisa dilepas kalo kena rage drive sebelumnya.” Kata Bram.

Negan

Negan merupakan salah satu karakter yang muncul pertama kali di serial TV berjudul The Walking Dead (TWD).

Baik Bram dan R-Tech setuju bahwa, dari trailer-nya, Negan terlihat mirip seperti Miguel. Hanya saja ia menggunakan tongkat pemukul berduri seperti di filmnya.

“Untuk Negan, ia sangat mirip Miguel. Hanya saja tambahan tongkat membuatnya semakin badass…” Kata R-Tech.

Bram pun menambahkan bahwa, trailer Negan benar-benar terlihat seperti fans service untuk para penggemar TWD karena benar-benar dibuat mirip sekali dengan yang ada di TV. “Yang saya agak kurang sreg dari trailer-nya, agak kaku Negan-nya. Mungkin faktor budget development team-nya… Hahaha.” Ujar Bram seraya bercanda.

Berbicara soal crossover, Bram menganggap keputusan itu adalah sebuah langkah yang brilian. Negan bukanlah karakter pertama yang muncul dari ‘dunia’ di luar Tekken. Akuma bahkan muncul di Tekken dari frachise Street Fighter yang merupakan rival berat Tekken, di pasar game fighting.

Bram memang mengakui bahwa keputusan crossover ini memang mungkin ditentang oleh sebagian fans fanatik Tekken. Namun, menurut Bram, hal tersebut harus diapresiasi karena Tekken 7 adalah seri Tekken tersukses yang pernah ada dan Tekken World Tour (TWT) semakin baik ke depannya. Namco bahkan berencana untuk melanjutkan TWT Season ketiga.

Julia

Sumber: Shoryuken
Sumber: Shoryuken

Satu karakter terakhir yang prediksinya akan dirilis berbarengan dengan Negan tadi adalah Julia. Sayangnya, sampai artikel ini ditulis, belum ada trailer yang dirilis resmi untuk Julia.

“Saat ini belum terbayang sih, karena dia (Julia) benar-benar digunakan produser Tekken buat nyenengin fans. Tapi rasanya sih udah pasti mirip dengan yang dulu ya. Perkara nanti jadinya gabungan antara Julia dan Michelle (seperti Hwoarang dan Baek Doo San), ini sih belum tahu. Tapi yang pasti Armor King dan Julia itu memang sudah masuk wish list banyak fans Tekken dari dulu banget.” Tutup Bram.

Itu tadi kesan pertama kedua tokoh FGC Indonesia. Kira-kira bagaimana ya pendapat mereka setelah mempelajari Marduk dan Armor King?

Disclosure: Hybrid adalah media partner dari Advance Guard