29 March 2022

by Lukman Azis

Tecno Mobile Umumkan Spark 8C, Unggulkan Teknologi Memory Fusion Dengan Total RAM 7 GB

Tecno Spark 8C dilengkapi RAM 4 GB yang bisa ditambah secara virtual 3 GB berkat teknologi Memory Fusion

Tecno Mobile telah meluncurkan smartphone entry-level terbaru mereka di Indonesia yaitu Tecno Spark 8C. Dibanderol dengan harga terjangkau mulai dari Rp1.549.000, Tecno Spark 8C membawa sejumlah fitur menarik yang salah satunya adalah RAM mencapai 7 GB.

Kapasitas RAM 7 GB yang besar tersebut diwujudkan berkat adanya dukungan teknologi Memory Fusion yang dapat mengekspansi RAM 4 GB menjadi 7 GB. Sebesar 3 GB ditambahkan secara virtual dengan memanfaatkan ruang penyimpanan internal yang berkapasitas 64 GB.

Tecno Mobile tidak mengungkap tipe chipset yang digunakan, tetapi berdasarkan informasi yang dicantumkan di situs e-commerce, Tecno Spark 8C ditenagai chipset Unisoc T606 dengan CPU octa-core 1,6 GHz. Serta, menjalankan sistem operasi HiOS berbasis Android 11 (Edisi Go).

Tecno Mobile turut membekalinya dengan fitur Super Boost. Fitur ini mampu meningkatkan switching operation mencapai 40%, sehingga memberikan kenyamanan saat beralih dari bermain game ke tampilan ketika membalas pesan.

Fitur menarik berikutnya ialah refresh rate layarnya yang sudah mendukung 90 Hz. Tecno Spark 8C menggunakan desain layar Dot-Notch berukuran 6,56 inci dengan resolusi HD+ dan area notch mininya menampung kamera depan 8 MP yang dilengkapi flash.

Kamera belakangnya ada dua unit, tetapi hanya kamera utamanya saja yang bisa diandalkan dengan resolusi 13 MP dan aperture f/1.8. Penempatan sensor sidik jarinya cukup cermat, karena berada di satu bingkai bersama modul kamera belakang.

Mengenai baterai, Tecno Spark 8C membawa baterai 5.000 mAh dan bodinya tidak terlalu tebal yaitu 8,95 mm. Perangkat ini tersedia dalam dua opsi warna, yaitu Magnet Black dan Turquoise Cyan.

Pada peluncuran ini, Tecno Mobile memberikan penawaran menarik eksklusif untuk pembelian melalui Shopee. Tecno Spark 8C diberandol dengan harga spesial Rp1.549.000 (dari harga normal Rp1.679.000) dan dilengkapi Smartfren bundling berupa bonus paket data 360 GB untuk 24 bulan secara gratis yang berlaku mulai 29 Maret hingga 17 April 2022.