Sikat Habis Fnatic, Talon Esports Raih Gelar Juara BTS Pro Series Season 14

Pemain Indonesia, Mikoto bermain sangat baik untuk menyumbang gelar perdana Talon di BTS Pro Series

Tim Dota 2 Asia Tenggara, Talon Esports, baru saja menjadi juara BTS Pro Series Season 14: SEA setelah mengalahkan Fnatic di babak grand final.

Kemenangan ini menjadi bekal penting Talon Esports setelah bermain sangat dominan di DPC SEA Division I sebagai pemuncak klasemen. Tim ini sendiri melakukan sedikit perubahan roster yaitu kedatangan Jabz yang menggantikan pemain Indonesia, Hyde.

Sumber: Talon Esports

Di tubuh Talon Esports sendiri terdapat dua orang Indonesia yaitu Mikoto sebagai midlaner dan XLR8 atau Brando Oloan sebagai team manager.

Gelar BTS satu ini menjadi trofi pertama bagi Talon Esports sejak tim tersebut memutuskan untuk bertanding di Dota 2 SEA pada tahun 2021.

Gelar Juara Sebelum Menuju Lima Major

Kemenangan Talon sendiri menjadi lebih mengagumkan setelah Fnatic dikalahkan dengan skor 3-0 tanpa balas. Benar, menggunakan format best-of-five Mikoto dan tim mampu membawa kontribusi penting sebagai juara.

Talon Esports sendiri memang sedang dalam top performanya, sedangkan Fnatic bermain sangat buruk di musim ini, bahkan resmi degradasi ke Division II setelah menelan 6 kekalahan berturut-turut.

Pada laga pertama, Fnatic bermain cukup efektif dari segi draft dengan membawa Magnus di tangan Gabbi dan Pangolier dari Armel. Namun Mikoto yang menggunakan Puck mampu melakukan counter dari inisiasi-inisiasi hero tersebut. Sempat tertinggal di early dan mid, namun late game menjadi ajang comeback indah dari kombinasi Mikoto dengan Puck dan 23savage dengan Templar Assassin di menit ke-41.
Sumber: Talon Esports
Lanjut ke laga kedua, Talon Esports bermain menggunakan comfort pick dengan membawa Faceless Void dan Batrider, sedangkan Fnatic membawa Slark. Sesuai dengan prediksi, Faceless Void dan Batrider mampu melakukan counter-initiate, bahkan mampu menyudahi permainan dengan cukup cepat kurang lebih 20 menit. Pertandingan terakhir dan kesempatan untuk menggagalkan kemenangan Talon, namun Fnatic justru tidak berdaya di hadapan draft milik Talon Esports. Jabz sebagai sang rekrutan baru membawa permainan Nature's Prophet yang sangat memukau. Jabz merusak pola permainan Fnatic dan melakukan push-rat, membuat Magnus dari Gabbi kurang bisa memaksimalkan potensi hero miliknya. Setelah menit ke-24, akhirnya Talon Esports menyudahi perlawanan Fnatic dan resmi menjadi juara di BTS Pro Series Season 14: SEA. Berikut detail pembagian hadiahnya, yaitu: Juara 1: Talon Esports - US$16,000 Runner-up: Fnatic - US$9,000 Posisi 3: Blacklist International - US$5,000 Posisi 4: Polaris Esports - US$2,700
Sumber: Talon Esports
Gelar runner-up dari Fnatic ini juga menjadi yang terakhir setelah tim tersebut resmi melakukan disband roster sekaligus inactive untuk waktu yang belum ditentukan. Keputusan yang sangat mengejutkan mengingat Fnatic sempat menjadi wajah tim SEA terbaik selama 5 tahun terakhir bersama dengan TNC Predator. Dengan hengkangnya Fnatic, maka resmi Division I hadir tanpa kehadiran Fnatic dan TNC Predator, sekaligus membawa era baru di skena esports Dota 2 di Asia Tenggara.