Tak Mau Ketinggalan, Google Juga Rilis 3 Aplikasi 'Office' ke Google Play dan App Store

Di penghujung April Google resmi merilis 3 aplikasi yang merupakan bagian dari Google Drive yakni Google Docs, Google Sheets dan Google Slides. Ketiganya kini menjadi aplikasi yang berdiri sendiri namun tetapi terintegrasi dengan Drive.

Google Docs menawarkan fitur yang tak kalah lengkap dengan aplikasi Word buatan Microsoft, melalui aplikasi ini pengguna perangkat iOS dan Android bisa membuat, memodifikasi dan membaca dokumen Word secara online dan offline. Google Docs dapat menjadi alternatif paling menggiurkan khususnya apabila Anda tidak menjadi pelanggan Office 365.

 

Info Menarik: Inikah Tampilan Smartphone Pertama Buatan Amazon?

 

 

Google Sheets merupakan aplikasi alternatif Microsoft Excel, fitur dan format yang digunakan 90% sama. Hanya terdapat beberapa perbedaan kecil antara keduanya. Sementara Google Slides merupakan aplikasi alternatif Microsoft PowerPoint.

Ketiganya baik Google Docs, Sheets maupun Slides menawarkan fitur yang relatif sama dengan ketiga aplikasi milik Microsoft. Bedanya, jika Microsoft Office mengharuskan pengguna untuk berlangganan Office 365, tidak demikian halnya dengan Office-nya Google. Ketiga aplikasi Office milik Google dapat digunakan secara gratis sepenuhnya.

 

Info Menarik: 4 Ekstensi Peramban Opera Agar Berselancar di Internet Makin Aman

 

Peluncuran 3 aplikasi Office milik Google ini memang tak lama setelah Microsoft Office mendarat di App Store Maret silam. Kendati tidak menyatakan niatan untuk saling sikut, namun kehadiran Google Docs, Sheets dan Slide sudah barang tentu untuk menjadi pesaing berat bagi Microsoft Office. Terlebih ketiga aplikasi Google ini ditawarkan gratis tanpa syarat apapun (hanya harus menggunakan akun Google).

Saat ini Google Docs dan Sheets sudah bisa diunduh dari App Store dan Google Play, sementara untuk Google Slides baru akan meluncur dalam waktu dekat.

Google Play: Docs - Sheets

App Store: Docs - Sheets

Sumber berita Googleblog/blogspot.