Hari ini (8/11) DailySocial kembali meluncurkan hasil survei yang kali ini bertajuk “Android User Behavior”. Kami mencoba untuk mengungkap bagaimana perilaku pengguna Android, khususnya di Indonesia, pada tahun 2016. Survei ini merupakan hasil kolaborasi DailySocial dengan JakPat untuk memberikan gambaran umum perilaku pengguna Android, mulai dari apa saja yang menjadi pertimbangan utama ketika ingin membeli perangkat baru, aktivitas yang paling sering dilakukan, hingga dana yang dimiliki untuk berbelanja Apps ataupun device baru.
Beberapa poin menarik yang bisa ditemui dalam survei yang melibatkan 1019 responden ini di antaranya adalah:
- Dukungan jaringan 4G pada perangkat menjadi pertimbangan utama responden saat ini ketika akan membeli perangkat baru dengan persentase mencapai 37,19%.
- Namun, brands juga harus mempertimbangkan faktor lain seperti Processor, RAM, Harga, dan Baterai yang berhasil masuk dalam daftar 5 besar pertimbangan utama responden untuk membeli smartphone baru.
- Saat ini, Samsung masih merajai pasar dengan persentase yang mencapai 47,11%, jauh lebih tinggi dibandingkan brand yang lain
- Di sisi distribusi platform Android, kami menemukan bahwa mayoritas responden dalam survei telah menggunakan Android versi terbaru dengan Android versi Lolipop yang memiliki persentasi paling tinggi yang mencapai 31,51%.
- Dengan penetrasi perangkat Android yang terus meningkat, aktivitas belanja juga mengalami pertumbuhan dan dalam survei ini 50,34 responden menyatakan pernah berbelanja aplikasi atau melakukan in-app purchase di Google Play
- Di sisi metode pembayaran, Carrier Billing, atau yang lebih akrab disebut potong pulsa, menjadi metode pembayaran paling populer di Google Play dengan persentase mencapai 54,23%.
Bila ingin mengetahui lebih jauh hasil survei “Android User Behavior” yang terdiri dari 28 halaman, Anda dapat mengaksesnya secara gratis setelah menjadi member DailySocial melalui tautan berikut ini.
Di samping survei ini, sebelumnya kami juga telah meluncurkan hasil survei yang menyoroti perilaku pengguna terhadap layanan digital, tingkat kepuasan konsumen terhadap layanan e-commerce, penetrasi layanan kesehatan digital, pola mendengarkan musik di Indonesia pada tahun 2016, konsumsi mobile game, dan alat pembayaran non-tunai populer di Indonesia.