24 May 2023

by Galih

Film Super Mario Bros. Jadi Film Animasi Terbesar Ketiga

Dua bersaudara tukang ledeng ini terus mencetak rekor

Film adaptasi video game memang tengah berada di jalan yang benar. Dengan beberapa film adaptasi game meraih kesuksesan, film adaptasi Super Mario Bros. kini menarget rekor yang lebih besar.

Sejak dirilis pada awal bulan April lalu, The Super Mario Bros. Movie memang mendapat respons yang sangat positif. Film tersebut bahkan berhasil membawa keuntungan besar bagi Nintendo dan juga studio animasi Illumination.

Hingga saat ini, The Super Mario Bros. Movie telah mendatangkan pemasukan hingga sebesar $1,25 miliar, atau lebih dari Rp 18,5 triliun hanya dalam waktu beberapa minggu. Pendapatan masif tersebut pun membawa film animasi ke tingkat baru.

Berkat pemasukannya tersebut, The Super Mario Bros. Movie kini berhasil menjadi film animasi terbesar ketiga sepanjang masa, menggeser film animasi The Incredibles 2 milik Disney dan Pixar yang bertahan sejak 2018.

Image credit: The Numbers

Lewat data yang dihimpun oleh website The Numbers, The Super Mario Bros. Movie kini mulai mengejar angka pendapatan yang dimiliki oleh dua film animasi Disney lainnya, yaitu Frozen ($1,28 miliar) dan Frozen II ($1,45 miliar).

Selain mendominasi di ranah film animasi, The Super Mario Bros. Movie bahkan mendominasi di daftar film yang dirilis selama 2023 ini, membuat film animasi ini menjadi film terbesar di tahun 2023. Kesuksesan The Super Mario Bros. Movie ini tentunya dapat menjadi pemantik bagi judul-judul video game lainnya untuk dapat sukses melalui jalur animasi, di samping kesuksesan yang mereka dapat dari beberapa film live-action.

Film live-action adaptasi video game tersukses di bawah The Super Mario Bros. Movie antara lain adalah Warcraft, Pokemon Detective Pikachu, Rampage, Sonic the Hedgehog 2, dan juga Uncharted.

Setelah daftar panjang tersebut, baru satu film animasi layar lebar adaptasi game lainnya masuk ke dalam daftar, yaitu The Angry Birds Movie. Hal ini membuat kesempatan untuk animasi layar lebar video game lainnya masih terbuka besar.

Apalagi, Nintendo secara terus terang menyatakan bahwa film The Super Mario Bros. Movie tersebut membawa dampak yang sangat positif untuk bisnis game Nintendo. Yang tentunya juga membuka kemungkinan adaptasi judul Nintendo lainnya menjadi animasi layar lebar.

Untuk saat ini, para fans Nintendo mulai berspekulasi bahwa Nintendo akan memanfaatkan momentum kesuksesan film Super Mario dengan film animasi The Legend of Zelda. Namun pihak Nintendo sendiri masih menutup mulut soal kemungkinan proyek tersebut.