Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Bagaimanakah Sebuah Ponsel Bisa Mengembangkan Strategi Tim Esports

10 August 2020Yabes Elia

Dengan tuntutan industri yang kian kompetitif, saatnya Anda serius meningkatkan produktivitas.

Buat para penonton esports ataupun gamer amatir, sebuah pertandingan esports mungkin terlihat hanya sebatas adu skill (antara reflek dengan koordinasi mata dan tangan). Namun begitu, di tingkat profesional, pertandingan esports lebih dari sekadar siapa yang lebih cepat mengeluarkan skill. Pertarungan di tingkat profesional tak hanya soal siapa yang lebih jago bermain tetapi juga soal kekuatan mental (dan daya juang) serta kematangan strategi tim.

Berbicara soal kekuatan mental, Hybrid pernah membahasnya beberapa waktu yang lalu dan mungkin kami akan membahasnya lebih jauh lagi di kemudian hari. Namun kali ini, kita akan berbicara soal bagaimana sebuah ponsel bisa kita manfaatkan untuk mengembangkan dan meningkatkan strategi permainan tim.

Tanggal 5 Agustus 2020, pukul 21:00 WIB, Samsung resmi mengumumkan seri Galaxy Note terbaru mereka yaitu Samsung Note20 dan Note20 Ultra.

Seri Galaxy Note dari Samsung memang dari awal diposisikan untuk berada di lini teratas dari semua jajaran ponsel pintar di bawah bendera produsen asal Korea Selatan itu. Sejak seri pertamanya, Galaxy Note memang sudah dikenal sebagai ponsel incaran bagi para profesional yang ingin meningkatkan produktivitasnya. Dengan perkembangan industri gaming dan esports saat ini, sudah saatnya para profesional di bidang ini juga mulai serius dalam memilih ponsel pintarnya masing-masing.

Menurut laporan dari Newzoo, jumlah pemain game akan selalu meningkat setiap tahunnya dan mencapai 3,07 miliar orang pada tahun 2023. Di sisi lainnya, nilai industri esports juga kian meningkat setiap tahunnya. Tahun 2020 ini, Newzoo juga memprediksi bahwa nilai industri esports akan mencapai US$1,1 miliar. Dari dua prediksi tadi, satu hal yang bisa disimpulkan adalah persaingan di tingkatan para profesionalnya pun akan semakin ketat setiap tahunnya.

Mengingat kebanyakan para profesional yang bekerja di industri esports juga seorang gamer, peningkatan jumlah pemain game berarti Anda harus bersaing dengan lebih banyak orang juga dalam mengisi satu posisi. Di sisi lainnya, dengan nilai industri yang semakin masif, pertaruhan dan tuntutan untuk para profesional yang ada di sini juga akan semakin besar. Karena itulah, sudah saatnya bagi Anda yang ingin bertahan di industri ini dan tak ingin tertinggal untuk memikirkan dengan serius bagaimana caranya meningkatkan kapasitas dan produktivitas kerja.

Galaxy Note20 dan Note20 Ultra memiliki segudang fitur yang akan mendongkrak produktivitas Anda dari berbagai segi, yang akan terlalu banyak jika dijabarkan semuanya di sini. Namun demikian, ada beberapa fitur menarik yang bisa Anda gunakan yang akan sangat berguna untuk pelatih, manager, ataupun pemain dari sebuah tim esports untuk mematangkan strategi permainan.

S Pen adalah salah satu fitur unggulan dari Galaxy Note20 dan Note20 Ultra. Di generasi ini, Samsung telah menjejalkan lebih banyak lagi fitur yang berkaitan dengan S Pen, yang diklaim sebagai S Pen paling canggih yang ada di dunia saat ini. Fitur pertama yang paling menarik dari S Pen di Note20 dan Note20 Ultra adalah ia bisa digunakan bahkan saat layar ponsel Anda mati. Fitur ini berarti memungkinkan Anda dengan cepat mencatat ide gameplay ataupun strategi lainnya saat itu juga — tanpa harus repot mengaktifkan layar dengan face recognition, fingerprint, ataupun sistem pengamanan lainnya.

Ide-ide baru bisa saja muncul kapan saja, saat Anda menonton pertandingan, saat berlatih bersama tim, saat berbincang dengan kawan di cafe, ataupun saat sedang termenung seorang diri merenungi nasib tim Anda yang belum pernah menang sama sekali di satu turnamen… Dengan akses yang cepat, ide di kepala Anda bisa langsung dicatat untuk didiskusikan ataupun diimplementasikan di saat yang tepat.

Tulisan Anda jelek dan takut tak terbaca lagi saat Anda mencatatkan ide tadi Saya sendiri memaklumi mengingat saya juga lebih sering mengetik ketimbang menulis dengan tangan. Tulisan tangan Anda tadi bisa diubah jadi text dengan satu kali sentuhan dengan aplikasi yang digunakan di Note20 ataupun Note20 Ultra.

Ditambah lagi, Anda juga bisa langsung memberikan catatan di atas foto ataupun artikel yang Anda buka di ponsel pintar ini. Dengan demikian, jika Anda menonton pertandingan tim lawan, Anda bisa langsung memberikan catatan atau mungkin melingkari titik-titik penting yang nantinya bisa dibahas bersama tim.

Satu hal lagi yang menurut saya akan sangat berguna dari fungsi S Pen dan catatan Anda di Note20 ataupun Note20 Ultra adalah sinkronisasi ponsel dengan tablet ataupun PC yang Anda gunakan. Kerja sama antara Samsung dan Microsoft memungkinkan semua catatan Anda langsung terhubung di setiap perangkat yang Anda gunakan. Saya pribadi memang masih butuh laptop ataupun desktop di sejumlah kebutuhan dan kesempatan. Jadi, saya juga ingin beberapa catatan yang ada di ponsel saya dapat diakses saat saya bekerja dengan PC.

Misalnya, catatan tentang ide permainan baru kita yang ada di Note20 atau Note20 Ultra tadi bisa langsung kita akses dengan PC untuk dikembangkan lagi ataupun dikumpulkan jadi sebuah database.

Selain beberapa hal yang sudah saya bahas tadi, ada satu fitur lagi yang diusung dari Note20 dan Note20 Ultra yang sangat berguna untuk membangun strategi tim. Fitur tersebut adalah Samsung DeX. Samsung DeX sendiri sebenarnya sudah cukup lama diperkenalkan di beberapa generasi sebelum Note20. Namun, sebelum-sebelumnya, Samsung DeX mungkin bisa dibilang kurang praktis karena masih butuh docking atau kabel-kabel untuk menghubungkan antara satu perangkat dengan perangkat lainnya.

Di generasi ini, Samsung DeX sudah jauh lebih canggih karena Anda bisa menghubungkan berbagai perangkat secara nirkabel untuk kebutuhan multitasking. Misalnya saja seperti ini, catatan-catatan yang sudah ada simpan dan sudah Anda kembangkan di laptop tadi, tentunya harus dikomunikasikan ke tim ataupun para pemain lainnya. Namanya juga strategi tim, tidak ada gunanya juga jika hanya Anda yang tahu strategi tersebut.

Dengan Samsung DeX lah, Anda bisa mengkoordinasikan strategi baru tadi ke tim lewat layar yang lebih lebar seperti layar televisi. Samsung Dex dapat digunakan di semua TV yang mendukung fitur Mirror Cast.


Sebagai penutup, hal-hal yang saya sebutkan tadi adalah contoh bagaimana Anda bisa memanfaatkan ponsel sebagai seorang profesional di industri esports yang juga kian kompetitif dari waktu ke waktu.

Bagi Anda yang ingin lebih kompetitif di industri ini dan tertarik untuk mengantongi ponsel pintar super canggih ini, Anda bisa pre-order Note20 dan Note20 Ultra dari tanggal 6-19 Agustus 2020 untuk mendapatkan bonus istimewa.

  • Setiap pembelian Galaxy Note20 mendapatkan evoucher Galaxy Buds+ senilai Rp. 2.399.000.
  • Setiap pembelian Galaxy Note20 Ultra mendapatkan evoucher Galaxy Buds Live senilai Rp. 2.599.000.

Untuk keterangan lebih lanjut kunjungi www.galaxylaunchpack.com.

Disclosure: Artikel ini disponsori oleh Samsung Indonesia

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV