Dark
Light

Statistik Opera Mobile Bulan Januari 2010

1 min read
February 26, 2010

Opera meluncurkan laporan bulanan tentang trend penggunaan internet secara mobile berdasarkan browser Opera Mini. Laporan bulan Januari 2010 ini menyebutkan bahwa penggunaan Opera Mini sama sekali tidak mengalami penurunan, bahkan terus meningkat.

Sampai bulan Januari 2010 ini Opera Mini telah mencapai sekitar 50 million users, mengalami peningkatan sebesar 7,4% dari data user di bulan Desember 2009 kemarin dan naik sebesar 149% jika dibandingkan dengan bulan Januari tahun 2009.

Dalam laporan yang disusun berdasarkan data bulan Januari 2010 ini, Opera mencoba untuk melihat data yang berhubungan dengan data traffic yang berhubungan dengan search engine.

Saya mencoba membandingkan 3 negara yaitu India, US dan tentu saja Indonesia yang sampai bulan pertama tahun 2010 ini masih menjadi negara kedua terbesar pengguna Opera Mini dari seluruh dunia setelah Rusia.

Page views yang datang dari search portal sebesar 22,1% dan porsi penggunaan search portal di India yang digunakan user dalam mencari konten menggunakan Opera Mini untuk Google sebesar 18,5% sedangkan Yahoo! 3,5%.

Sedangkan untuk page views yang datang dari search portal lewat Opera Mini di USA sebesar 13,5% dan porsi penggunaan search portal di USA yang digunakan user dalam mencari konten menggunakan Opera Mini untuk Google sebesar 9,3% sedangkan Yahoo! 4,3% dan paling buncit Bing 0,03%.

Dan untuk Indonesia, ternyata page views yang datang dari search portal hanya 1,2% dan porsi persentase terbesar adalah Yahoo sebesar 0,9% disusul Google 0,2%. Porsi ini bagi saya cukup menarik, Yahoo! memang lebih populer di sini dibandingkan Google, dan yang menarik justru default search engine di Opera Mini adalah Google, tapi Yahoo! masih bisa mengambil pangsa pasar di Indonesia.

Kenapa saya membandingkan 3 negara ini, India bagi saya cukup menarik untuk dicermati, terutama dari perkembangan IT mereka yang cukup maju, beberapa apps keren dan populer datang dari sana, seperti contohnya Tell A Friend, aplikasi button yang mirip Share This, belum lagi bisnis outsource IT yang juga terus berkembang, dan mereka sama seperti Indonesia, adalah negara yang berada di kawasan Asia.

USA, sudah pasti akan selalu menjadi benchmark dari berbagai aplikasi serta perkembangan Internet, termasuk juga  Indonesia yang masih terus harus belajar dari berbagai aplikasi yang terus bermunculan.

Persentasi kecil dari page views menuju situs search engine mungkin disebabkan karena pengguna Opera Mini di Indonesia masih mengakses situs internet yang berhubungan dengan social network, dan berita. Tapi seiring berjalannya waktu, pola berinternet ini pasti akan terus berkembang, dan ini adalah peluang bagi para startup lokal yang bermain di positioning aplikasi berbasis mobile, bahwa aplikasi pendukung produktivitas dengan mobile device masih cukup besar pangsa pasarnya.

Semua data grafik saya kutip dari situs Opera, jika anda ingin melihat data laporan lengkap dari Opera, anda bisa melihatnya di sini.

Anda punya pendapat tentang data ini? Mari share pendapat anda pada kolom komentar.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

3 Comments

  1. kata 'googling' lebih sering didenger drpada 'yahoo-ing', tp pengguna Opera Mini msh lebih suka pake Yahoo search engine. Nggak tau alasan apa yg bikin mereka lebih suka 'yahoo-ing', selain alasan krn banyak pengguna Yahoo mail & messanger di iNdonesia.

    Maczya: FYI, Opera Desktop 10.x dan Opera Mini jadi browser terbaik pilihan pembaca about.com loh http://bit.ly/cVpu0l dan http://bit.ly/bUwcwl. Saya ngerasa nyaman bgt pake Opera Desktop, fiturnya lengkap tanpa perlu nambah ratusan add-ons, dan simple.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Beberapa Fitur Gmail Labs Yang Lulus dan Yang Pensiun

Next Story

Minggu-Minggu Sibuk Facebook

Latest from Blog

Don't Miss

Neeva AI

Neeva, Search Engine Berbasis AI Bikinan Eks Google, Tutup Layanan

Membangun search engine itu bukan perkara mudah, apalagi jika harus
Google Search AI

Upgrade Google Search yang Membawa Integrasi AI Dikabarkan Meluncur Bulan Depan

Google terus berusaha mengejar ketertinggalannya dari Microsoft dalam hal mengintegrasikan