Dark
Light

Beberapa Fitur Gmail Labs Yang Lulus dan Yang Pensiun

1 min read
February 26, 2010

Google mengumumkan perkembangan baru dari Gmail Labs, yang merupakan temap bereksperimen bagi para engineers dari Google. Gmail Labs telah berumur satu setengah tahun dan telah terdapat setidaknya 60 fitur dari awalnya hanya 13 fitur.

Di blog resmi mereka Google menjelaskan secara panjang lebar bahwa di berbagai fitur yang ada di Google Labs, memang memiliki kemungkinan yang besar untuk dihilangkan, sama persis dengan berbagai fitur yang memiliki kemungkinan untuk digunakan menjadi fitur reguler di Gmail.

Beberapa fitur yang sebelumnya telah lulus menjadi fitur reguler adalah fitur Task serta yang paling baru Offline Gmail.

Dan fitur-fitur yang sekarang baru saja diluluskan dari dapur Gmail Labs diataranya adalah:

Search Autocomplete dan Go To Label
Fitur ini baru tersedia dalam bahasa English, merupakan fitur yang memudahkan user dalam mencari konten di dalam Gmail. Ketika mengetikkan kata kuncu untuk mencari teks dalam email maka Gmail akan secara otomatis memberikan saran tentang konten yang mungkin anda cari, fitur ini mirip dengan fitur yang ada di Google Search.

Sedangkan Go To Label merupakan fitur yang digabungkan pada fitur autocomplete, jika anda mengaktifkan fitur keyboard shortcuts maka anda hanya perlu mengetikkan ‘g’ kemudian ‘l’ untuk menggantikan fitur lama ‘go to label’ untuk masuk ke search box dengan kata “label:” untuk memulai pencarian label, ketika anda mengetikkan kata kunci untuk label yang akan anda cari, maka fitur autocomplete akan membantu anda, maka autocomplete akan membantu anda dalam melengkapi kata kunci yang sedang anda cari, mirip seperti fungsi di search box.

Forgotten Attachment Detector
Fitur ini membantu anda untuk mengingatkan jika anda kelupaan untuk melampirkan file attachment, yang sering kali terjadi. Jadi Gmail nantinya akan mengingatkan user dengan semacam alert jika ada kata-kata yang terdeteksi berkaitan dengan attachmnet file tapi anda tidak melampirkan file.

YouTube Previews
Fitur yang memudahkan user jika mendapat email berupa link dari YouTube, kini anda tinggal mengklik ikon play untuk melihat video yang dikirim oleh relasi anda tanpa perlu membuka window baru.

Custom Label Colours

Fitur yang membantu pengorganisasian label dengan sekitar 4000 lebih kombinasi warna yang bisa digunakan oleh user Gmail.

Vacation Dates

Bagi anda yang telah hidup bersama dengan email dan selalu terhubung dengan Gmail serta mempunyai jadwal teratur termasuk untuk liburan, fitur ini akan membantu anda dalam memberikan notifikasi liburan dan memberi tahu relasi anda bahwa anda tidak bisa dikontak karena sedang berlibur. Anda cukup jalankan fitur vacation responder ketika anda sedang berlibur, susun jadwal liburan anda dan Gmail akan melakukan pekerjaan sisanya.

Sedangkan fitur-fitur yang pensiun dari Gmail Labs antara lain Muzzle, Fixed Width Font, Email Addict, Location in Signature dan Random Signature.

Keistimewaan sistem Labs seperti Gmail ini adalah data tentang fitur mana yang populer atau disukai dan fitur apa yang tidak disukai user, jadi ketika fitur-fitur yang ada di Labs diluncurkan resiko untuk tidak terpakai akan lebih kecil.

Dan Gmail akan tetap mengembangkan berbagai fitur yang akan menjadi fitur eksperimen di Gmail Labs, jadi dalam waktu kedepan tentu bakal ada lagi fitur-fitur yang lulus dari labs dan fitur yang pensiun.

Screenshoot dari blog Google.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Twitter Siap Luncurkan Platform Iklan

Next Story

Statistik Opera Mobile Bulan Januari 2010

Latest from Blog

Don't Miss

Google integrasikan AI ke Docs, Gmail, Workspace

Google Integrasikan AI ke Gmail, Docs, dan Layanan Produktivitas Lainnya

Maraknya tren generative AI memicu ketertarikan banyak perusahaan untuk mengintegrasikan

Sedih, Google Photos Bakal Tidak Gratis Lagi Tahun 2021

Siapa yang tidak mengambil gambar setiap hari melalui smartphone-nya? Mungkin hanya