12 January 2023

by Galih

Setelah 2 Tahun, Stardew Valley Mobile Dapatkan Update Besar

Update besar ini sayangnya tidak berjalan mulus sesuai harapan

Merilis game di banyak platform memang memberikan tantangan tersendiri bagi pengembangnya. Apalagi bila game tersebut mendapatkan update di kemudian hari.

Hal itulah yang terjadi pada versi mobile dari Stardew Valley. Game simulasi berternak dan bertani ini baru saja mendapatkan update versi 1.5 untuk versi mobile-nya, padahal versi PC telah mendapatkannya sejak akhir 2020.

Selisih 2 tahun lebih ini tentu menjadi waktu yang lama bagi para pemain game-nya di platform mobile. Apalagi update 1.5 lalu adalah update besar yang memberikan banyak tambahan konten untuk Stardew Valley.

Namun mengingat game ini hingga sekarang hanya dikerjakan oleh satu orang, yaitu ConcernedApe alias Eric Barone, maka para pemain kelihatannya harus memaklumi waktu lama yang dibutuhkan untuk mempersiapkan update buat versi mobile-nya.

Setelah menunggu lama, perilisan update 1.5 untuk versi mobile Stardew Valley ini sayangnya juga tidak berjalan mulus. Ada beragam masalah yang dihadapi para pemain sesaat setelah melakukan update.

Para pemain yang menghadapi masalah tersebut pun membanjiri Twitter milik Eric, yang secara menakjubkan melaporkan berbagai masalahnya dengan nada yang bersahabat.

Eric pun membalas hampir semua keluhan para pemainnya di Twitter, sekaligus untuk menanyakan detail lebih jauh dari masalah tersebut, seperti perangkat yang digunakan hingga sekadar meminta para pemain untuk melakukan update.

Banyaknya masalah yang dihadapi oleh para pemain Stardew Valley versi mobile ini membuat Eric selama beberapa hari ke belakang merilis update perbaikan untuk game-nya secara berkala.

Image Credit: ConcernedApe

Eric juga menjelaskan kepada para pemainnya bahwa dirinya akan memprioritakan masalah yang membuat game-nya crash terlebih dahulu. Sementara masalah-masalah kecil seperti UI yang tidak muncul akan diperbaiki di kemudian hari.

Di salah satu cuitannya pada tanggal 7 Januari lalu, Eric juga akhirnya mengungkap bahwa berbagai masalah yang dihadapi para pemain setelah update adalah akibat pembaruan kode pada aplikasi mobile-nya.

Pembaruan ini disebut penting karena akan mempermudah Eric dalam melakukan update selanjutnya di masa depan. Namun tentunya perubahan tersebut juga memicu munculnya beberapa masalah baru.

Selain terus memberikan perhatian terhadap Stardew Valley, ConcernedApe kini juga disibukkan dengan proyek barunya yang berjudul Haunted Chocolatier.