Gaming News

Stardew Valley Akan Dirilis untuk Android dan iOS, Lebih Murah dari Versi PS4

11 Oct 2018 | Ayyub Mustofa
Versi iOS segera terbit pada tanggal 24 Oktober, sementara versi Android menyusul

Dua tahun sejak pertama kali dirilis, Stardew Valley tampaknya dapat ditemui di nyaris semua platform gaming modern. Dari PC Windows, Mac, Linux, PS4, PS Vita, Xbox One, hingga Switch, semua kebagian RPG simulasi bertani ini. Tapi saya tak menyangka ternyata Stardew Valley juga akan tersedia untuk perangkat mobile...

Pengumuman akan versi mobile tersebut disampaikan oleh ConcernedApe (Eric Barone), developer Stardew Valley, lewat situs resminya. Pengumuman ini memang terkesan agak tiba-tiba, apalagi versi iOS ternyata akan dirilis dalam waktu dekat yaitu pada tanggal 24 Oktober. Namun ConcernedApe mengatakan bahwa sebenarnya pengembangan Stardew Valley versi mobile sudah berjalan selama lebih dari setahun.

Stardew Valley iOS | Screenshot 1
Tampilan Stardew Valley versi mobile | Sumber: ConcernedApe

ConcernedApe dibantu oleh studio mobile asal London yang bernama The Secret Police dalam pengembangan Stardew Valley versi mobile. Karena pengerjaannya benar-benar dilakukan oleh tim terpisah, port versi mobile ini tidak akan mengganggu pengembangan Stardew Valley di platform lain. Terutama fitur multiplayer untuk Switch, PS4, dan Xbox One yang saat ini masih belum selesai.

Stardew Valley versi mobile ini adalah game utuh sama seperti versi console maupun PC, bukan versi disederhanakan apalagi free-to-play. Perbedaan-perbedaan kecil tentu akan ada, tapi secara garis besar fiturnya identik dengan Stardew Valley versi asli. Konten di dalamnya setara dengan Stardew Valley setelah patch versi 1.3, namun tanpa fitur multiplayer. Serunya lagi, pemain PC bisa mentransfer save data mereka ke versi mobile!

Stardew Valley iOS | Screenshot 2
Tampilan Stardew Valley versi mobile | Sumber: ConcernedApe

Anda sudah dapat melakukan pre-order untuk Stardew Valley versi iOS di Apple App Store. Game ini dijual dengan harga US$7,99 saja, lebih murah dari versi PS4 dan Steam yang dijual seharga US$14,99. Akan tetapi, untuk kita yang tinggal di Indonesia, banderol harganya adalah Rp119.000. Justru sedikit lebih mahal dari versi Steam yang hanya Rp115.999. Concerned sudah mengonfirmasi bahwa Stardew Valley mobile tidak mengandung in-app purchase.

The Secret Police saat ini juga tengah mengembangkan Stardew Valley versi Android, namun belum ada keterangan pasti kapan versi tersebut akan diluncurkan. Kita tunggu saja kabar lebih lanjut dari ConcernedApe. Apakah Anda berminat memainkan Stardew Valley di smartphone?

Sumber: ConcernedApe.