Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Stadia Punya Game Eksklusif dari Konami dan Harmonix

15 July 2020Ellavie Ichlasa Amalia

Salah satu game eksklusif di Stadia adalah Outcasters dari developer Gear Tactics

Pada Maret 2020, Google mulai membuka akses ke Stadia, platform cloud gaming mereka. Sekarang, Stadia Games & Entertainment mengumumkan beberapa game yang akan tersedia secara eksklusif di platform cloud gaming tersebut.

Salah satu game eksklusif Stadia adalah Outcasters dari developer Splash Damage, yang belum lama ini membuat Gears Tactics. Selain itu, Stadia juga berhasil menjalin kerja sama dengan Konami. Melalui kerja sama ini, saat Super Bomberman R Online diluncurkan, game itu akan tersedia di Stadia.

Juru bicara Stadia menjelaskan, game eksklusif Stadia terbagi ke dalam dua kategori, yaitu Only on Stadia dan First on Stadia. Game yang masuk dalam kategori “Only on Stadia”, seperti Outcasters, hanya bisa dimainkan di platform cloud gaming Google. Sementara game yang masuk dalam kategori “First on Stadia”, seperti Super Bomberman R Online, tersedia secara eksklusif di Stadia dalam waktu terbatas. Setelah beberapa waktu, game itu juga akan diluncurkan di platform lain.

Selain Bomberman, game lain yang masuk dalam kategori First on Stadia adalah One Hand Clapping dari Bad Dream Games. Dalam game musical puzzle platformer itu, para pemain harus menyanyi untuk memecahkan puzzle dalam game. One Hand Clapping berhasil memenangkan Audience Choice Award pada IndieCade pada 2018 dan kini telah diluncurkan, meski masih dalam tahap Early Access.

Tak hanya dengan Konami dan Splash Damage, Stadia juga mengumumkan, mereka berhasil menjalin kerja sama dengan Harmonix Games, developer Rock Band, dan Supermassive Games, yang membuat Until Dawn dan Man of Medan. Game buatan dari dua developer itu akan diluncurkan secara eksklusif untuk Stadia. Sayangnya, belum diketahui game mana yang dicakup dalam perjanjian tersebut, lapor GamesIndustry.

Selain perjanjian eksklusif, Stadia juga mengungkap belasan game baru yang akan tersedia di platform mereka. Salah satunya adalah Sekiro: Shadows Die Twice dari FromSoftware. Stadia juga akan menyediakan tiga game Hitman buatan IO Interactive, termasuk Hitman 3 yang akan diluncurkan pada 2021, menurut laporan The Verge.

Tak berhenti di situ, Stadia juga akan menambahkan beberapa game olahraga ke platform mereka. PGA Tour 2K21 akan tersedia di Stadia saat ia diluncurkan pada 21 Agustus mendatang. Sementara WWE 2K Battlegrounds akan bisa dimainkan di Stadia pada 18 September 2020 dan NBA 2k21 pada musim gugur tahun ini.

Sumber header: Flickr/Marco Verch