17 August 2022

by Galih

Squirrel with a Gun Ajak Pemain jadi Tupai yang Membawa Pistol

Siapa sangka konsep nyeleneh ini dapat dieksekusi dengan brilian.

Tak kalah antik dengan Stray, Squirrel with a Gun akan mengizinkan Anda jadi tupai tapi membawa pistol yang seukuran badannya.

Salah satu sisi unik yang dimiliki oleh perkembangan game indieadalah keberanian para developer untuk mengambil tema nyeleneh. Tanpa adanya target besar dari para publisher dan inventor, para developer ini dapat mengembangkan tema yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Seperti game baru yang dikembangkan oleh Dan DeEntremont yang berjudul Squirrel with a Gun. Dan seperti judulnya, game yang ia buat karena candaan tersebut akan menceritakan petualangan seekor tupai yang dapat menggunakan berbagai senjata api di dalam game-nya.

Dalam game-nya nanti, pemain akan menjadi sang tupai kecil yang harus menjelajahi kota, membantu warga kota, dan juga menggunakan berbagai senjata untuk melawan para agen yang mengejar. Sisi logis ataupun naratif kelihatannya tidak akan menjadi perhatian utama dalam game ini.

Karena sejak awal pengembangan, game ini bukanlah sesuatu yang benar-benar direncanakan. Game ini awalnya berasal dari cuitan viral yang dibuat sang developer, Dan DeEntremont saat tengah menguji coba Unreal Engine 5 pada Mei lalu.

Unreal Engine 5 yang saat itu baru saja dirilis memang memiliki banyak potensi dan hal baru yang dapat dijadikan eksperimen. Dan, DeEntremont memilih menguji grafis dan physhic dari bulu tupai dan efek recoil dari senjata.

Dengan visual yang realistis dan juga efek lucu yang muncul saat sang tupai menembakkan senjata membuat cuitan DeEntremont tersebut viral. Dan 3 bulan setelah itu, DeEntremont ternyata berhasil membuat video lucu tersebut sebagai sebuah proyek game yang serius.

Squirrel with a Gun kelihatannya akan mengikuti jejak game-game parodi seperti Goat Simulator dan Untitled Goose Game. Kedua game tersebut sama-sama menjadikan binatang sebagai protagonis utama dan membuat tingkah laku mereka sebagai sisi menarik dalam game-nya.

Namun jelas terlihat untuk masalah kegilaan konsep, Squirrel with a Gun berada di level Goat Simulator dengan kombinasi antara candaan dan kekerasan pada senjata api. Karena dalam game ini senjata tidak hanya menjadi alat melindungi diri dari para agen.

Namun juga sebagai alat untuk menyelesaikan puzzle mengingat karena recoil yang besar, sang tupai bisa terlempar dan bahkan terbang ke udara. Sayangnya, sang developer Dan DeEntremont masih belum memiliki tanggal rilis yang pasti. Namun game-nya sudah dapat di-wishlist melalui Steam.