Gaming News
for SEO
Gaming News

Sony Buka Kantor Baru di Singapura, CD Projekt Dituntut Karena Cyberpunk 2077

4 January 2021Ellavie Ichlasa Amalia

Dota 2 menjadi game esports dengan tingkat engagement tertinggi pada Q3 2020

Dalam satu minggu terakhir, muncul beberapa berita menarik di dunia gaming. Kabar baik datang dari Sony Interactive Entertainment, yang dikabarkan berhasil menjual 3,4 juta unit PlayStation 5 pada 2020. Sementara itu, berita buruk menimpa CD Projekt, yang dituntut karena dianggap telah berbohong pada para investor terkait kualitas game Cyberpunk 2077 untuk PlayStation 4 dan Xbox One.

Q3 2020, Dota 2 dan CS:GO Jadi Game Esports dengan Audience Engagement Tertinggi

Esports Charts baru saja merilis laporan tentang viewership dari game esports dan game non-kompetitif di Twitch untuk Q3 2020. Dota 2 menjadi game esports dengan audience engagement paling tinggi, diikuti oleh Counter-Strike: Global Offensive, menurut laporan VP Esports.

Namun, dari segi unique viewers atau total hours watched, Dota 2 masih kalah dari game esports lain. Jumlah unique viewers dari Dota 2 hanya mencapai 1,7 juta orang. Sebagai perbandingan, jumlah unique viewers dari CS:GO mencapai 6,8 juta orang dan League of Legends 7 juta orang. Dari segi hours watched, total jam konten Dota 2 ditonton hanya mencapai 38,7 juta jam, sementara total hours watched CS:GO mencapai 62,7 juta jam, dan League of Legends 201,6 juta jam.

Data viewership Dota 2 pada Q3 2020. | Sumber: Esports Charts
Data viewership Dota 2 pada Q3 2020. | Sumber: Esports Charts

Menariknya, secara keseluruhan, Just Chatting menjadi kategori paling populer di Twitch. Sepanjang Q3 2020, total hours watched dari Just Chatting mencapai 500 juta jam, 130% lebih tinggi dari League of Legends, yang menjadi game esports terpopuler. Total hours watched dari game MOBA itu mencapai 394 juta jam.

Sony Buat Kantor Baru di Singapura

Sony Interactive Entertainment belum lama ini membuka kantor cabang baru di Singapura. Kantor tersebut akan bertanggung jawab atas fans PlayStation di Asia Tenggara, khususnya dari Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Filipina. Sebelum ini, kawasan Asia Tenggara menjadi tanggung jawab dari kantor cabang Sony di Hong Kong, lapor Geek Culture.

Kantor cabang di Singapura dibentuk tak lama setelah Sony melakukan perombakan organisasi pada Juli 2020. Kantor tersebut dipimpin oleh Katsuhiko Murase sebagai Head of Asia Business Operation. Tujuan Sony membuka kantor di Singapura adalah untuk mendekatkan diri dengan para fans PlayStation di Asia Tenggara. Selain itu, mereka berharap, mereka akan bisa memenuhi permintaan konsumen di Asia Tenggara dengan lebih cepat.

Eiyuden Chronicle Jadi Game Kickstarter Paling Sukses Pada 2020

Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes menjadi game paling sukses di Kickstarter pada 2020, menurut Polygon. Game yang dianggap sebagai penerus seri Suikoden itu berhasil mengumpulkan 481 juta yen (sekitar Rp65,7 miliar) dari lebih dari 46 ribu pendukung. Dengan ini, Eiyuden Chronicle mencetak rekor sebagai kampanye yang dapat mengumpulkan dana terbanyak di Jepang. Sementara itu, jika dibandingkan dengan proyek-proyek pengembangan game lain di Kickstarter, Eiyuden Chronicle menjadi game yang dapat mengumpulkan dana terbanyak ketiga, lapor GamesIndustry.

Eiyuden Chronicle jadi game paling sukses di Kickstarter pada 2020. | Sumber: Kickstarter
Eiyuden Chronicle jadi game paling sukses di Kickstarter pada 2020. | Sumber: Kickstarter

Sony Jual 3,4 Juta Unit PlayStation 5 Pada 2020

Sony berhasil menjual 3,4 juta unit PlayStation 5 dalam waktu 4 minggu setelah peluncuran, menurut laporan Digitimes. Memang, sejak PS5 diluncurkan pada November 2020, banyak orang yang tertarik untuk membeli konsol terbaru dari Sony itu. Dan seperti yang disebutkan oleh Gizmochina, di beberapa negara, seperti Tiongkok dan Hong Kong, harga PS5 bahkan sempat melonjak naik karena stok yang terbatas sementara permintaan konsumen sangat tinggi.

Kabar baiknya, Sony dikabarkan berencana untuk meningkatkan jumlah produksi PS5 pada 2021 demi memenuhi permintaan konsumen akan konsol baru mereka. Diperkirakan, perusahaan Jepang itu berencana untuk meluncurkan sekitar 16,8 -18 juta unit PS5 pada tahun ini.

CD Projekt Dituntut karena Cyberpunk 2077

CD Projekt dituntut oleh Rosen Law Firm di Amerika Serikat terkait game terbaru mereka, Cyberpunk 2077. Developer Polandia itu dituduh telah berbohong pada para investor dengan tidak memberitahu mereka bahwa versi PlayStation 4 dan Xbox One dari Cyberpunk 2077 dipenuhi begitu banyak bug sehingga game itu tidak bisa dimainkan, lapor GamesIndustry.

Memang, Cyberpunk 2077 versi PS4 dan Xbox One memiliki begitu banyak masalah, memaksa Sony untuk menarik game tersebut dari PlayStation Store dan Microsoft untuk menawarkan refund bagi gamer yang sudah membeli game tersebut. Namun, saat ini, belum ada investor CD Projekt yang terlibat dalam tuntutan oleh Rosen Law Firm, walau mereka telah menyediakan formulir online bagi investor yang ingin menggugat CD Projekt.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV