16 December 2022

by Ellavie Ichlasa Amalia

Skema Huawei Untuk Kembangkan Talenta Digital Indonesia

Huawei menyediakan tiga institusi untuk mengembangkan talenta digital di Indonesia

Dalam Huawei ICT Outlook 2023, perusahaan asal Tiongkok itu tidak hanya menjelaskan pentingnya kerja sama antara pemerintah dan sektor swasta dalam mendorong transformasi digital di Indonesia.

Mereka juga membahas akan perlunya talenta digital yang memadai demi mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, yang diperkirakan akan bernilai lebih dari Rp1.000 triliun di 2022. Untuk mempersiapkan talenta digital yang memiliki kemampuan sesuai dengan kebutuhan industri, Huawei menggelar Huawei ASEAN Academy di Indonesia.

Wang Bin, Vice President, Management Transformation, Huawei Indonesia mengungkapkan pencapaian dan target Huawei dalam beberapa tahun terakhir. Dia menyebutkan, selama 2 tahun terakhir, Huawei telah menyiapkan lebih dari 71 ribu talenta digital. Sementara itu, dalam 5 tahun, target Huawei adalah untuk melatih 100 ribu talenta digital. Demi merealisasikan target tersebut, Huawei membuat Business Institute, Engineering Institute, dan Technical Institute.

Huawei ASEAN Academy di Indonesia. | Sumber: Republika

Setiap institut milik Huawei memiliki fokus masing-masing. Sebagai contoh, Technical Institute dan Engineering Institute akan fokus melatih para siswanya dalam kemampuan teknis terkait ICT atau engineering. Baik Technical maupun Engineering Institute juga menawarkan sertifikasi bagi para muridnya. Sementara itu, Business Institute akan lebih fokus untuk mengajarkan tren di bidang teknologi ICT. Siswa di institut ini juga akan diajarkan tentang filosofi manajemen dari Huawei.

"Huawei juga akan mengimplementasikan rencana pengembangan akuisisi bakat secara menyeluruh, meliputi tiga tahap: pra-perekrutan, perekrutan, dan pasca-perekrutan," kata Wang. "Tujuannya, untuk membangun iklim pengembangan talenta digital." Dia percaya, metode ini akan menguntungkan Huawei dan pelaku industri digital lainnya. Keuntungan yang didapat Huawei adalah mereka akan mendapatkan talenta berkualitas tinggi.

Lebih lanjut, Wang mengatakan, Huawei ingin membangun reputasi positif di kalangan pekerja. Untuk itu, mereka tidak sekedar mempekerjakan karyawan, tapi juga melatih pegawai mereka.

Mereka bahkan ingin memberikan atmosfer positif bagi mahasiswa. Caranya, dengan mengadakan Huawei Tech Day dan seminar. Mereka juga memiliki program student ambassador. Melalui semua ini, Huawei berharap, para mahasiswa pun sudah akan mengerti teknologi dari Huawei.