Esports Ecosystem

Shroud Kembali ke Twitch

12 Aug 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia
Saat ini, Shroud telah memiliki 7,2 juta pengikut di Twitch

Setelah absen selama 10 bulan, Michael “Shroud” Grzesiek akan kembali ke Twitch. Dia baru saja mengumumkan bahwa dia telah menandatangani kontrak eksklusif dengan platform streaming game milik Amazon tersebut. Hal itu berarti, dia hanya dapat melakukan streaming di Twitch. Tak lama setelah dia mengumumkan keputusannya untuk kembali ke Twitch, para fans-nya segera mengikutinya di platform tersebut. Saat ini, dia telah mendapatkan 7,2 juta pengikut di Twitch.

Sebagai mantan pemain profesional Counter-Strike: Global Offensive, Grzesiek dikenal dengan tembakannya yang akurat. Pada tahun lalu, dia memutuskan untuk pindah ke Mixer. Dikabarkan, kontrak eksklusifnya dengan Mixer bernilai US$10 juta.

Tidak heran jika nilai kontrak eksklusif Grzesiek dengan Mixer begitu besar. Sebelum kepindahannya ke Mixer, dia dikenal sebagai salah satu streamer paling populer di Twitch. Setelah Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan menutup Mixer, banyak orang yang mempertanyakan kemana Grzesiek dan Tyler “Ninja” Blevins akan pergi.

Pada Juli 2020, Blevins buat streaming di YouTube. Dikabarkan, dia juga sempat berdiskusi dengan platform streaming game lain, termasuk Facebook Gaming dan Twitch. Menurut rumor yang beredar, Facebook Gaming menawarkan Grzesiek dan Blevins kontrak senilai dua kali lipat dari kontrak eksklusif mereka dengan Mixer. Namun, menurut pengacara esportsRod Breslau, keduanya menolak.

Beberapa hari belakangan, sempat beredar rumor bahwa Grzesiek akan kembali menjadi pemain profesional. Rumor itu diperkuat oleh beberapa gambar teaser yang muncul di akun media sosial Grzesiek. Namun, sekarang, rumor tersebut telah terbukti tidak benar berkat pengumuman kontrak eksklusif Grzesiek dengan Twitch. Ternyata, alasan Grzesiek mengunggah gambar teaser di akun media sosialnya adalah karena dia henda merombak personal brand-nya.

Beberapa bulan terakhir, pandemi COVID-19 melanda, menyebabkan masalah untuk banyak industri. Namun, industri streaming game justru berkembang pesat. Menurut data dari StreamElements dan Arsenal.gg, viewership Twitch pada Q2 2020 naik 56 persen dari Q1 2020. Dan Twitch bukan satu-satunya platfrom yang tumbuh. Total hours watched Facebook Gaming pada Q2 2020 juga naik 75 persen jika dibandingkan dengan Q1 2020.

Sumber: The Esports Observer, Engadget