Raiden Shogun Vs Sangonomiya Kokomi : Pilih yang mana?

Keduanya bakal hadir kembali di versi 2.5 secara bersamaan, dengan kondisi yang sudah berbeda bila dibandingkan saat pertama kali mereka dirilis.

Saat pengumuman versi 2.5 kemarin, Raiden Shogun dan Sangonomiya Kokomi akan kembali hadir di Genshin Impact. Keduanya pertama kali dirilis sebagai karakter playable di versi 2.1. Bila di versi tersebut keduanya dipisah ke dalam dua fase, maka di versi 2.5 kali ini, banner mereka akan berjalan bersamaan di fase kedua.

Raiden dan Kokomi sebenarnya tidak bisa dibandingkan secara apple-to-apple, karena memang keduanya memiliki kemampuan dan peran yang jauh berbeda. Bahkan keduanya memiliki role yang agak "nyeleneh" untuk karakter dengan kategori serupa.

Satu-satunya kesamaan yang dimiliki keduanya adalah mereka sama-sama karakter bintang 5, yang membutuhkan rata-rata 70-80 Wish untuk didapatkan (atau kurang dari 70 Wish jika Anda beruntung dan bisa mencapai 140 Wish atau lebih jika Anda kalah rate off dan kurang beruntung.)

Artikel ini dibuat untuk membantu Anda yang mungkin sedang bimbang, untuk memilih salah satu dari kedua karakter tersebut. Hal-hal yang akan dibahas mengenai kedua karakter ini akan berdasarkan dari sudut pandang skillkit, gameplay dan contoh dilema yang mungkin Anda hadapi.

Untuk visual, desain, estetika, dan watak dari setiap karakter, merupakan selera subjektif, yang tidak akan menjadi lingkup pembahasan.

Jadi, Shogun vs Kokomi. Manakah yang lebih cocok untuk Anda? Mari kita bahas satu per satu.

Sejarah & Perkembangan

&t=14s

Saat pertama kali dirilis, ekspektasi tinggi selalu disematkan kepada seorang Archon. Hal ini dikarenakan dua pendahulunya, yaitu Venti dan Zhongli, merupakan karakter yang sangat kuat.

Karena ekspektasi tersebut, banyak yang kecewa atas performa Raiden Shogun saat ia baru dirilis. Ditambah lagi bug yang akhirnya ditetapkah HoYoverse sebagai mekanik di game, yang tidak memungkinkan Burst Beidou terpicu saat menggunakan Burst Raiden. Hal tersebut sempat menuai protes dan kekecewaan dari komunitas.

Namun seiring berjalannya waktu, kekuatan Raiden mulai terasa. Setelah diketahui bagaimana cara bermain dan komposisi tim optimalnya, kini Raiden merupakan salah satu karakter yang paling banyak digunakan, khususnya saat bermain di Spiral Abyss dengan tim Raiden National-nya.

Maka dari itu, kehadirannya di versi 2.5, merupakan berita bagus bagi pemain yang belum berkesempatan memiliki Raiden Ei, atau bagi mereka yang dulu pernah gagal untuk mendapatkannya.

Hal serupa terjadi pula dengan Kokomi, namun dengan nasib yang berbeda. Ia dirilis tepat setelah Raiden Shogun, yang banner-nya sukses menjadi banner terlaris di Genshin Impact. Terlepas dari kontroversinya, Raiden Shogun mampu menghasilkan untung yang sangat besar bagi HoYoverse.

Sama seperti Raiden, banyak pemain yang heran dengan skillkit Kokomi dan akhirnya memutuskan untuk melewatkan banner-nya begitu saja. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penjualan banner Kokomi sebagai banner dengan penjualan terendah saat itu.

Namun seiring berjalannya waktu, Kokomi mendapatkan banyak perubahan di game, yang membuatnya bersinar. Pertama adalah dengan diperkenalkannya mekanik Corrosion, yang akan mengurangi HP satu tim. Selanjutnya adalah artefak Ocean-Hued Clam, yang khusus didesain untuk Kokomi dan beberapa healer lain. Lalu ada juga musuh-musuh yang dapat menembus shield atau musuh yang melayang-layang seperti Spectre, yang sulit untuk diserang oleh karakter melee.

Kehadiran kembali Kokomi kini sudah berbeda jauh dengan kondisinya yang dulu. Kini Kokomi memiliki daya tariknya tersendiri, beserta manfaat nyata yang dapat ia sediakan untuk para pemain.

Kemampuan & Role

Berikut ini ulasan singkat mengenai peran dan kemampuan Raiden Shogun dan Kokomi. Deskripsi keduanya ditinjau sebagai karakter C0.

a. Raiden Shogun (Ei)

Archon Electro ini memiliki role yang sebenarnya kurang jelas. Jika disebut dengan sub DPS, ia memiliki damage yang sangat tinggi dan membutuhkan waktu on-field yang cukup lama untuk ukuran sub DPS. Namun jika dikatakan sebagai Main DPS, ia hanya beraksi saat Elemental Burst-nya diaktifkan, yang berdurasi sekitar 5-7 detik saja.

Selain damage yang tinggi, Raiden juga dapat meningkatkan damage Elemental Burst satu tim serta mengisi energi mereka. Salah satu tim yang paling terkenal adalah Rational (Raiden National) yang terdiri atas Raiden Shogun, Xiangling, Xingqiu, dan Bennet. Tim ini memiliki damage yang sangat tinggi namun dengan cara bermain yang relatif mudah.

b. Sangonomiya Kokomi

Kokomi dikategorikan sebagai healer. Namun yang "nyentrik" dengan dirinya adalah kemampuan Elemental Burst-nya, yang akan meningkatkan damage dari Normal Attack-nya, yang biasanya dimiliki oleh karakter-karakter Main DPS.

Walaupun demikian, ia memiliki efek pasif yang mengurangi Crit rate hingga -100%, menjadikannya mustahil untuk memberikan damage Critical. Hal ini menyebabkan damage-nya yang akhirnya tergolong normal.

Elemental Skill Kokomi merupakan salah satu poin plus yang dimilikinya. Dengan ubur-uburnya, Kokomi mampu memberikan heal, serta memberikan aura Hydro kepada musuh sekitar. Kemampuan tersebut sangat berguna saat bermain di tim Freeze dengan Main DPS Ayaka atau Ganyu.

Pada akhirnya tujuan utama Kokomi adalah sebagai healer, namun di saat yang bersamaan, ia mampu memberikan sejumlah damage yang cukup, yang tidak bisa diberikan karaker healer lain, saat mereka sedang menyembuhkan karakter lain.

Konstelasi dan Senjata

Selain karakter, senjata dan konstelasi juga akan menjadi incaran pemain. Keduanya akan menjadi target, saat pemain sudah memiliki karakter Raiden Shogun atau Kokomi di akun mereka. Jika Anda bingung antara lebih baik mendapatkan senjata atau konstelasi terlebih dahulu, maka disarankan untuk mengamankan senjata terlebih dahulu, lalu disusul dengan konstelasinya.

Untuk konstelasi kunci Raiden Shogun terletak pada C2-nya. Dengan C2, damage Raiden Shogun akan meningkat secara signifikan, hingga 40-50%. Kekuatan konstelasi kedua ini sangatlah kuat, namun dengan peletakkan yang cukup awal. Berbeda dengan kebanyakan karakter lain, yang peningkatan damage-nya terkunci jauh di C6.

Untuk konstelasi Kokomi, sebenarnya tidak ada konstelasi yang benar-benar penting. Konstelasi Kokomi semuanya hanya meningkatkan potensi damage-nya, tanpa adanya peningkatan kemampuan supporting dan utility-nya, menjadikan value konstelasi Kokomi yang cenderung kurang bagus. Jangan lupa bahwa harga satu konstelasi setiap karakter limited, memiliki harga yang sama, yaitu satu kopi karakter tersebut.

Untuk senjata Signature Raiden, yaitu Engulfing Lightning, merupakan senjata yang bagus. Senjata ini mampu meningkatkan damage serta Energy Recharge-nya secara masif. Senjata ini juga dapat digunakan karakter lain seperti Xiangling dan Rosaria.

Namun untuk senjata Signature Kokomi, yaitu Everlasting Moonglow, cukup satu kata saja: "Jangan". Senjata ini memang bagus untuk Kokomi, namun hanya untuk Kokomi saja. Kehadiran catalyst seperti Prototype Amber dari crafting dan Thrilling Tales of the Dragon Slayers (TTDS), menjadikan value dari senjata ini sangatlah rendah. Karakter yang paling mendekati untuk memakai senjata ini, hanyalah Barbara DPS, sebuah karakter healer yang dipaksa untuk bermain sebagai DPS.

Spiral Abyss & Meta

Untuk konten di Spiral Abyss sendiri, Raiden dan Kokomi memiliki meta mereka masing-masing. Raiden mampu menyediakan sebuah tim solid, yang berisikan karakter-karakter bintang 4 terkuat, yang kebanyakan dari pemain telah miliki. Tim yang dimaksud adalah Raiden National (Raiden Shogun, Xingqiu, Xiangling, dan Bennet). Tim ini terbukti mampu menyelesaikan sejumlah iterasi Spiral Abyss dengan cukup mudah.

Raiden memiliki mekanik mengenai Energi Cost satu tim, yang akan dikonversikan menjadi damage pribadinya. Dengan melihat tren karakter baru Genshin Impact, yang hampir semuanya memiliki Energy Cost yang sangat tinggi, sepertinya Raiden Shogun akan tetap relevan untuk waktu yang cukup lama.

sumber: Genshin Impact

Untuk Kokomi sendiri, karakter ini sangat berguna saat melawan musuh-musuh seperti Rifthound, yang memiliki mekanik Corrosion. Debuff tersebut akan memakan HP satu tim secara perlahan, dan serangannya tidak bisa diblok menggunakan shield apapun. Ditambah lagi dengan pergerakannya yang super licin, menjadikan auto-target kokomi sebagai aset berharga saat melawan musuh jenis tersebut.

Kokomi juga menjadi jawaban bila pemain membutuhkan karakter Hydro lain selain Xingqiu, dan tidak memiliki Mona. Minimnya karakter Hydro, menjadi nilai jual tersendiri untuk Kokomi, untuk mengakses reaksi Freeze, salah satu reaksi terkuat di Genshin Impact.

Co-Op & Overworld Team

Untuk kemampuan di luar pertarungan, Raiden Shogun akan memberikan diskon Mora sebesar 50%, setiap kali Anda akan meng-ascend senjata bertipe sword atau polearm. Skill ini sangat berguna untuk menghemat Mora, yang merupakan resource penting di Genshin Impact.

Dan untuk Kokomi, saat ia memakai Elemental Burst, akan memungkinkannya untuk berjalan dan berlari di atas air, selama durasi Burst aktif. Ia juga memiliki talenta pasif yang akan mengurangi stamina saat karakter aktif berenang. Skill yang tepat untuk mempermudah eksplorasi pemain.

sumber: Genshin Impact

Untuk Co-Op, keduanya tidak memiliki masalah yang berarti. Berbeda dengan Xiao atau Itto yang membutuhkan battery saat bermain Co-Op, Raiden akan dengan mudah mengisi Burst-nya sendiri beserta satu tim, serta memberikan sedikit Electro damage melalui Elemental Skill-nya. Sedangkan Kokomi yang memang seorang healer, selalu disambut baik saat bermain Co-Op.

Jika Anda suka bermain atau tertarik dengan Co-op, Anda bisa melihat berbagai tips dan panduan Co-Op menarik yang dirangkum di sini.

Shogun vs Kokomi, Mana yang Cocok untuk Anda?

Setelah penjabaran di atas, kita sampai ke pertanyaan terakhir dan terpenting. Untuk memudahkan pertimbangan, beberapa kasus akan dijabarkan ke bentuk poin-poin:

Pilih Raiden Shogun jika Anda:

  • Membutuhkan karakter DPS yang solid.
  • Memiliki Eula dan menginginkan Raiden sebagai salah satu battery.
  • Menyukai cara bermain yang mudah, yang disertai dengan damage tinggi dalam satu serangan.
  • Menginginkan sub DPS Electro dan tidak memiliki Fischl atau Beidou.

Pilih Sangonomiya Kokomi jika Anda:

  • Kesulitan menghadapi musuh seperti Rifthound, mekanik Corrosion, atau sejenisnya, di Spiral Abyss.
  • Memiliki DPS Cryo seperti Ayaka dan Ganyu, namun tidak memiliki Mona.
  • Menginginkan sebuah karakter yang dapat memberikan performa yang oke, dengan artefak seadanya (Kokomi tidak membutuhkan stat Crit.)
  • Ingin bermain tim Taser, namun tidak memiliki Sucrose, XIngqiu, maupun Childe.
  • Ingin membentuk Tim Freeze mewah, yang terdiri atas Ayaka, Kazuha, dan Shenhe.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan bisa membantu menjawab pertimbangan untuk memilih salah satu dari kedua karakter ini.