Guide
for SEO
Guide

Build Childe Genshin Impact terbaik: Artefak, Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

16 October 2021Daniel Hamiaz

Walaupun karakter ini sudah cukup lama, pemain Childe sering salah paham soal cara bermain dan rotasinya. Sebagus apakah karakter ini?

Tartaglia atau Childe, merupakan karakter Hydro yang pertama kali dirilis pada versi 1.1. Karakter ini mendapatkan rerun pada versi 1.4 dan juga 2.2. Ia merupakan anggota kesebelas dari Fatui Harbingers.

Karakter unik dengan mekanik dual-stance ini merupakan salah satu karakter yang paling banyak disalahpahami, baik secara role maupun gameplay. Lalu bagaimanakah cara memaksimalkan potensinya?

Overview

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada kesalahpahaman yang terjadi mengenai cara memakai Childe. Cara memakai yang keliru dan rotasi yang tidak efektif mengakibatkan hasil yang tidak maksimal. Hal-hal yang sering disalahpahami melingkupi role, rotasi, dan cara bermainnya.

sumber: Genshin Impact

Role

Childe memiliki role enabler di tim. Role tersebut sedikit berbeda dengan main DPS atau Carry di Genshin Impact. Jika main DPS berperan sebagai pemberi damage terbesar di Tim, maka enabler bisa dikatakan memfasilitasi karakter lain untuk memberikan damage, khususnya dalam mengaplikasikan elemen tertentu.

Contoh karakter enabler selain Childe di Genshin Impact adalah Xingqiu, Sucrose, Kazuha, dan Xiangiling (dalam beberapa komposisi tim). Jadi sebagai enabler, raw damage yang ia hasilkan tentu tidak sebesar Main DPS di Genshin Impact.

sumber: Genshin Impact

Rotasi

Ada mekanik khusus di Childe yang menjadi kunci utama untuk menguasai permainan Childe, yaitu semakin lama Elemental Skill-nya dipakai, maka semakin lama pula durasi cooldown-nya. Banyak yang mengira bahwa hal tersebut merupakan kelemahan terbesar Childe, sehingga ia membutuhkan konstelasi tinggi, padahal hal tersebut keliru.

Dengan memahami rotasi dan penggunaan skill satu tim dengan tepat, Anda dapat memastikan Elemental Skill Childe selalu tersedia saat dibutuhkan. Elemental Skill-nya hanya perlu diaktifkan saat skill dari karakter lain sudah terlebih dahulu diaktifkan, dan mematikan Elemental Skill-nya saat durasi dari skill karakter lain habis.

sumber: Genshin Impact

Cara Bermain

Cara bermain Childe yang paling tepat adalah Quickswap, yakni sebuah cara bermain yang mengeluarkan semua skill anggota tim, tanpa harus memakai sebuah karakter yang stay lama di arena.

Sebagai contoh, saat memasangkan Childe dengan Xiangling, Childe hanya perlu memakai Elemental Skill-nya saat durasi Pyronado sedang aktif, lalu menggantinya ke karakter lain. Sambil menunggu Pyronado bisa diaktifkan kembali, Elemental Skill Childe biasanya sudah dapat diaktifkan lagi.

Elemental Burst Childe saat melee stance memang memiliki damage yang lebih besar dibandingkan dengan saat ranged stance-nya. Namun kami sarankan untuk memakai Burst saat ranged stance. Hal tersebut dikarenakan Burst saat ranged stance memiliki animasi yang cepat serta dapat mengembalikan energi Childe.

Pemakaian Burst saat melee stance akan memakan durasi Elemental Skill, sehingga terkadang mengganggu rotasi tim, karena menambah durasi cooldown-nya. Jadi Burst saat melee stance lebih baik dipakai saat ingin mendapatkan damage lebih besar atau keperluan speedrun.

Prioritas talenta: Elemental Skill > Elemental Burst > Normal Attack.

Artefak

Gameplay-nya yang bertumpu pada Elemental Skill, membuat 4 Heart of Depth menjadi artefak terbaik Childe. Artefak ini memberikan tambahan damage kepada Elemental Skill-nya.

Lalu, bagaimanakah dengan 4 Shimenawa’s Reminiscence di Childe? Artefak tersebut memang memiliki efek serupa dengan 4 Heart of Depth, bahkan memberikan angka lebih banyak, namun artefak tersebut tidak disarankan.

Selain membutuhkan minimal 15 energi setiap kali memakai Elemental Skill, artefak tersebut menyulitkan Anda untuk memakai Burst. Ditambah lagi, Elemental Burst Childe merupakan salah satu Elemental Burst dengan presentase damage terbesar di Genshin Impact.

Jadi, 4 Shimenawa’s Reminiscence tidak hanya mengakibatkan damage-nya tidak konsisten, namun juga bisa mengurangi jumlah damage yang dihasilkan dari ketidakmampuan Childe menggunakan Elemental Burst.

Untuk artefak alternatifnya, Anda bisa memakai antara 2 Heart of Depth, 2 Gladiator’s Finale/Shimenawa’s Reminiscence, 2 Wanderer’s Troupe, 2 Noblesse Oblige.

Main Stat yang dicari: ATK% ; Hydro Damage Bonus% ; Crit Rate/DMG.

Sub-stat yang dicari: Crit Rate/DMG > ATK% > EM > ER%.

Senjata

Untuk bagian senjata, saya akan membaginya jadi dua kategori, yaitu senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Untuk senjata terbaik, dipegang oleh Polar Star, Thundering Pulse, dan Skyward Harp. Senjata-senjata ini memberikan Crit rate atau DMG, sehingga pilihan senjata yang cocok, bergantung pada keseimbangan stat Childe Anda.

Untuk senjata alternatifnya, Anda bisa memakai Amos Bow, atau senjata dari Battlepass: The Viridiscent Hunt.

Amos Bow dapat memberikan Attack yang tinggi, namun efek pasifnya tidak terlalu berguna untuk Childe. Sedangkan The Viridiscent Hunt dapat menimbulkan mini vacuum yang dapat membantu Childe mengumpulkan musuh.

Untuk senjata F2P terbaik, Anda bisa memakai Rust. Senjata ini akan menaikkan damage dari setiap serangan Childe dan akan menguat dengan refinement.

Untuk senjata F2P alternatif, Anda bisa memakai antara Blackcliff Warbow, Prototype Crescent, Hamayumi, Windblume Ode, atau Stringless. Senjata-senjata ini memiliki efek pasif yang lumayan tricky untuk dimanfaatkan Childe, jika dibandingkan dengan Rust.

Komposisi Tim

Tim yang biasa diisi oleh Childe adalah tim Vaporize. Tim ini memanfaatkan aplikasi Hydro Childe yang sangat cepat dan menggabungkannya dengan damage Pyro milik Xiangling yang besar.

Tim ini sangat kuat, karena dapat Childe dapat mengimbangi aplikasi Pyro milik Xiangling, sehingga menghasilkan damage yang besar setiap hit-nya.

Tim ini sering disebut dengan tim international, karena masing-masing anggotanya yang berasal dari negara yang berbeda. Tim ini biasanya terdiri dari Childe, Xiangling, Kazuha, dan Bennet.

Sebagai alternatif, Anda bisa mengganti Kazuha dengan Sucrose.

Firework merupakan istilah untuk komposisi tim yang memanfaatkan reaksi Electro-Charged. Tim ini juga disebut dengan istilah Taser. Tim ini bagus dalam melawan musuh dalam jumlah yang banyak.

Tim ini terdiri dari Childe, Beidou, Fischl, dan satu karakter fleksibel, bisa diisi dengan Bennet, Sucrose, atau Kazuha.

Raiden Shogun dapat menggantikan Beidou dan Fischl, namun Anda perlu menyesuaikan rotasi baru, karena Raiden Shogun memerlukan waktu di arena untuk memberikan damage. Raiden Shogun juga tidak cocok apabila dipasangkan dengan Beidou, karena Elemental Burst mereka yang tidak sinergis.

sumber: Genshin Impact

Tips

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

1. Karena bertugas sebagai enabler, maka Childe sangat bergantung kepada investasi merata di satu tim, terlebih lagi saat dipasangkan dengan Xiangling. Untuk menghasilkan damage yang besar, investasi resource terhadap Xiangling (atau sub DPS lain) harus setara dengan Childe, atau bahkan lebih.

2. Jika Anda memiliki Kazuha, Anda dapat melakukan trik double Swirl Hydro dan Pyro dalam sekali jalan. Dengan trik ini, Anda dapat memanfaatkan efek 4 Viridiscent Venerer untuk mengurangi Elemental Resistance, serta menaikkan Pyro & Hydro Damage sekaligus. Anda dapat melihatnya di video di bawah ini:

Penutup

Sebagai karakter, mungkin Childe bukanlah karakter yang mudah dimengerti dibandingkan karakter-karakter lain. Namun, jika Anda dapat memahami cara bermainnya, Childe menawarkan pengalaman bermain yang unik, seru, dan menyenangkan.

Childe sebagai karakter Hydro juga memiliki value yang lebih dibandingkan dengan karakter lain, mengingat hanya sedikit karakter Hydro di Genshin Impact.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV